KAFAPET UNSOED Siap Gelar Munas V 2021


Alumni Fakultas Peternakan Unsoed secara historis-psikologis-sosiologis adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Almamaternya. Oleh karena, ikatan emosi kesejarahan dan realitas kedudukannya sebagai putera-puteri Soedirman tetap melekat pada alumni karena fungsinya sebagai kelompok pemikir, pelaksana, dan pengabdi yang bertaqwa kepada Tuhan YME, memiliki tanggung jawab profesional terhadap nama, kemajuan, perkembangan Almamaternya, dan kelangsungan hidup serta kehidupan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Keluarga Alumni Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman yang merupakan wadah seluruh alumni Fapet Unsoed bersiap menggelar Musyawarah Nasional V Tahun 2021 yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu Tanggal 12 Juni 2021 secara Offline dan Online di kampus Fapet Unsoed Karangwangkal Purwokerto. Aries Teguh Wibawa sebagai Ketua Panitia Munas (OC dan SC) mengemukakan, "Menurut saya Munas sebaiknya tetap dilaksanakan secara Offline dan Online". Lebih lanjut Aries memberikan alasan, "Tugas peserta Munas Offline adalah mencermati agenda Munas, agar hasil hasil keputusan Munas benar-benar mempunyai bobot dan nilai, sebagai landasan dan arahan Organisasi 5 tahun kedepan".

Munas Keluarga Alumni Fapet Unsoed bertujuan untuk memilih Ketua Umum Pengurus Pusat Kafapet Unsoed, penyempurnaan AD/ART serta menghimpun potensi Alumni yang akan dimasukan dalam program kerja Kafapet Unsoed yang dilandasi rasa kekeluargaan, kebersamaan dan seperjuangan untuk meningkatkan komunikasi sesama Alumni maupun Alumni dengan Almamaternya, memberikan peran aktif dalam menyikapi dan ikut memecahkan permasalahan kemasyarakatan dan bangsa dalam bentuk sumbangan pemikiran yang objektif dan solutif sebagai input bagi kebijakan publik, institusi atau lembaga yang berwenang sebagai wujud nyata pemeranan dalam pembangunan bangsa, meningkatkan peran aktif Alumni Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman sebagai pemikir, pencipta, dan pengabdi yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan ikut bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat maju yang demokratis, adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan Konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia, mempererat, membangun, dan membina kekeluargaan antar alumni Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman, dan meningkatkan kualitas peran dan peranan alumni terhadap almamater, masyarakat, bangsa, dan negara sejalan dengan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Munas Kafapet Unsoed merupakan kegiatan rutin lima tahunan dalam memiliki kepengurusan Keluarga Alumni Fapet Unsoed ini akan memilih Ketua Umum Kafapet Unsoed Periode 2021 – 2026. Ketua Umum Kafapet, Bambang Rijanto Japutra menyampaikan apresiasi atas akan terselenggaranya Munas V Kafapet Unsoed yang dilaksanakan dalam kondisi pandemi Covid-19 sehingga dilaksanakan dalam suasana yang unik dan memerlukan peran serta serta keaktifan seluruh alumni yang tersebar diseluruh Indonesia, termasuk pengurus Kafapet Unsoed wilayah sehingga tetap terjalin silaturahmi antar alumni Fape Unsoed. Gayung bersambut, para ketua Kafapet Unsoed wilayah nemberikan aspirasi terhadap Acara Munas Kafapet. "Semoga Acara Munas berjalan lancar dan akan terpilih Ketum sesuai dengan harapan seluruh Alumni Fapet Unsoed", ujar Giarso Ketua Kafapet Wilayah Solo Raya. Senada dengan Giarso, Hartadi Ketua Kafapet Semarang Raya berkata, "Harapan Kafapet semarang raya terhadap pelaksanaan munas Kafapet Unsoed,  dalam munas dapat terpilih pengurus yang kompak, berpkir global, bisa membawa nama alumni unsoed ke arah regional dan nasional". Dari Kafapet paling Timur yaitu Papua, "Dari Papua Barat Raja Ampat belum bisa ikut Munas secara langsung tatap muka. Salam Sukses buat teman-teman Alumni Fapet Unsoed. Semoga acara Munas sukses", Kata Teguh dari Raja Ampat Papua.

Ketua Panitia Munas V : Aries Teguh

Dukungan Munas Kafapet Unsoed terus mengalir. Dari Kalimantan dengan ketua Laras Bambang Kurniyanto mengucapkan "Kalimantan akan ikut Munas secara online dan siap mensukseskan Munas Kafapet Unsoed". Kafapet Jatim diwakili oleh Ketuanya Takris Pratama, "Dari jatim Surabaya siap hadir, dan siap mensukseskan  Munas". Kafapet Pantura yang diwakili oleh Pengurusnya Agus Purwanto, "Sukses untuk Munas Kafapet". Priangan Timur diwakili Nuroso, "Terimakasih kepada panitia wabilkhusus ketua panitia mas Aries Teguh atas dedikasi waktu tenaga dan pikirannya untuk kesuksesan acara Munas Kafapet". Beberapa alumni yang masuk dalam Dewan Pembina Organisasi dan Kepengurusan Kafapet memberikan sambutan yang hangat, "Harapan kita. Saat Munas nanti, masing-masing wilayah mengajukan minimal 1 kandidat, Semoga Munas berjalan lancar". Ketua Kafapet Pantura yakni Waeyanto menyatakan "Saya mewakili kafapet Pantura setuju dengan 5 kandidat bakal calon ketua yang dicalonkan dari Kafapet Jabodetabek dan semoga Munas Berjalan lancar". Wiseno memberikan tanggapan, "Diharapkan Munas berjalan lancar, ketua terpilih merupakan alumni terbaik. Alumni di luar daerah tetap bisa ikut Munas via online". Eka BS salah satu aktifis Kafapet Unsoed, "Semoga Munas Kafapet Unsoed berjalan lancar". Hardiyan Sa'ad alumni senior dari Toli Toli, "Mantap Fapet Unsoed,  insya alloh saat munas bisa gabung". Bandung Raya yang diwakili oleh ketuanya via telepon ke redaksi memberikan ucapan, "Bandung Raya siap untuk mensukseskan acara Munas, Semoga Ketua terpilih bisa amanah dan membawa Kafapet tambah maju". Dari Sumatera Selatan Asri alumni paling senior, "Alumni Fapet bisa bersaing dalam prestasi kerja, Kafapet Unsoed harus bisa bersaing dan harus percaya diri". dan banyak lagi komentar dan tanggapan dari para alumni dengan nada yang sama untuk mendukung suksesnya Munas Kafapet Unsoed.

Minto Besar Raharjo, sebagai Dewan Pembina Organisasi, Secara khusus memberikan tanggapan, "Kalo boleh menyarankan & Saya usul sebagai salah satu Anggota Dewan Penasehat :

1. Ketua Panitia dan strukturnya kan sudah ada, diharapkan Munas Kafapet Unsoed yang akan dilaksanakan di Minggu kedua Juni berjalan lancar.

2. Munas berjalan harus tetap mengacu kepada Kesepakatan yang telah disetujui bersama oleh  Pengurus Kafapet Pusat dan Pengurus Kafapet Wilayah.

3. Bahwa Munas itu harus serius,  tetapi Munas khususnya dalam pemilihan Ketum bukan suatu persaingan yang harus diperjuangkan, namun hanya ajang silalurrahmi untuk memperoleh pejuang-pejuang yang akan memajukan Kafapet Unsoed di pentas Kaunsoed dan pentas yang lebih besar, agar mampu membawa nama Fapet dan Kafapet menjadi lebih dan lebih bersinar serta harum..

4. Masing masing Wilayah diharapkan segera memberikan Nama Calon Ketum, dan bahkan jika trend-nya ke menguat ke salah satu Nama Calon, segera membuat kesepakatan supaya Munas nanti bisa berjalan lancar dan pengurus baru yang terpilih segera dibentuk.

5. Panitia bisa ambil keputusan segera dengan kesepakatan yang sudah diambil, termasuk Tatib dll hal yang terkait. Jika respon dari Pengurus wilayah dianggap lambat, demi kelancaran Munas, dianggap saja itu sebagai tanda setuju..

Sukses selalu buat Panitia dan semua Alumni Fapet.

Ketua Panitia sekaligs Ketua Steering Committee, Aries Teguh Wibowo juga mengharapkan dukungan bagi kegiatan Munas V Kafapet Unsoed sehingga melahirkan kebersamaan dan tetap menjunjung tujuan Kafapet Unsoed. 

Munas V Kafapet Unsoed, direncanakan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Juni 2021 mulai pukul 09.00 WIB secara offline di Kampus Fapet Unsoed Karangwangkal, Purwokerto, Jawa Tengah dan juga melalui online sehingga mampu mengakomodir alumni yang lokasinya berada di luar kota Purwokerto. Kepanitiaan telah menyiapkan perangkat Munas V dan tentunya didukung oleh pihak Kampus Fapet yang menjadi lokasi pelaksanaan sehingga pelaksanaan berjalan sesuai dengan rencana dan mampu memilih Ketua Kafapet Unsoed periode 2021 – 2026.



Penulis: Aries dan Roni

Foto    : Aries 

Posting Komentar

0 Komentar