Munas V Kafapet Unsoed : BRJ Lanjutkan Kepemimpinan Kafapet

BRJ (kiri) dan MBR

Melalui mekanisme pemungutan suara akhirnya  petahana Ketum Kafapet Unsoed Bambang Rijanto Japutra (BRJ) terpilih kembali sebagai Ketum Kafapet periode 2021-2026 pada Munas V Kafapet Unsoed yang berlangsung Sabtu 12 Juni 2021 pukul 09.00-14.00WIB di kampus Fakultas Peternakan Unsoed, Purwokerto. Pada Munas yang diselenggarakan secara hybrid (gabungan daring dan luring) ini . BRJ mendapatkan 36 suara mengungguli pesaingnya Minto Besar Raharjo (MBR) yang mendapatkan 25 suara. Munas yang dipimpin oleh Ketua Panitia Pengarah Aries Teguh Wibowo, didampingi oleh Eka Budi Sulistyo dan Nuroso akhirnya berhasil diselenggarakan sesuai agenda tanpa ada perpanjangan waktu. Sebelum acara dimulai Aries Teguh sudah mengingatkan bahwa Munas ini hanya bisa diselenggarakan sampai pukul 14.00 sesuai izin yang dikeluarkan dari Satgas Covid-19.

Munas kali ini diikuti oleh 50an orang secara luring (luar jaringan) di kampus Fapet Unsoed Purwokerto dan sekitar 70an orang mengikuti secara daring (dalam jaringan). Jumlah peserta tersebut meliputi peserta munas yang memiliki hak suara dan peninjau munas yang memiliki hak bicara tapi tidak memiliki hak suara, antara lain dewan pembina dan pengurus cabang yang khusus diundang sebagai peninjau.

Eka BS, Aries Teguh, Nuroso

Munas V Kafapet Unsoed sempat tertunda akibat situasi pandemi covid-19. Pihak panitia akhirnya memutuskan tetap berlangsung dengan menerapkan sistem hybrid demi tetap menjalankan protokol kesehatan namun jumlah peserta bisa mewakili semua cabang. Tercatat 16 cabang hadir secara daring dan luring dari wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Sebelum Munas berlangsung para pengurus cabang sudah mengusulkan bakal calon yang totalnya ada 8 bakal calon. Untuk menyongsong suksesnya Munas, Kafapet-unsoed.com menyelenggarakan Paparan dan Diskusi Para Bakal Calon Ketum Kafapet pada Kamis 10 Juni pukul 19.30-22.00 secara daring. Panitia acara paparan dan diskusi , Fajar Hidayat mengundang 8 Bakal Calon yaitu Bambang Riyanto Japutra, Minto Besar Raharjo, Teguh Munajat, Bagus Pekik, Teguh Sudaryatno, Agus Purwanto, Alip Hamzah, dan M Iqbal.

Dalam acara paparan yang dipandu oleh moderator Bambang Suharno, hanya M Iqbal yang tidak hadir. Tujuh orang menyampaikan paparan singkat visi misi dan menyatakan kesanggupannya memimpin dan memajukan Kafapet Unsoed. Dalam acara tersebut tak kurang dari 200 orang mengikuti melalui zoom dam youtube. Hadir di antaranya para petinggi kampus, antara lain Wakil Rektor Prof M Sodiq, Wakil Dekan Dr  Yusuf Subagyo, guru besar Prof. Elly Tugiyanti. Hadir juga Dr Mulyoto Pangestu dosen Monas University sebagai panelis.

Adapun dalam acara Munas, Aries menegaskan sesuai dengan tata tertib yang disepakati, pemilihan ketua umum mengedepankan azas musyawarah untuk mufakat. Para peserta mengajukan nama calon Ketum, kemudian setelah terkumpul, 5 nama dengan perolehan tertinggi dinyatakan sebagai calon ketua Umum.

Peserta Munas Luring

Tercatat yang masuk sebagai 5 calon Ketum tidak meleset dari Bakal calon yang ikut dalam visi misi, yaitu BRJ, MBR, Teguh Sudaryatno, Teguh Munajat dan Bagus Pekik. Lima nama yang ditetapkan sebagai calon ini diberikan waktu 15 menit untuk bermusyawarah untuk menentukan ketua Umum. Setelah para calon melakukan diskusi, MBR mewakili para calon menyatakan bahwa upaya musyawarah sudah dilakukan sebaik mungkin, 3 nama mengundurkan diri dan 2 nama menyatakan tetap maju sebagai calon Ketua Umum. MBR menyatakan tetap maju karena membawa mandat dari jabodetabek. Ketua Sidang Aries memberikan waktu perpanjangan 2 menit untuk musyawarah. Namun tetap muncul 2 nama , sehingga sidang menetapkan voting untuk menetapkan Ketua Umum.

Sebelum  voting berlangsung, MBR menegaskan ini bukan soal kalah menang, siapapunm yang akan jadi ketua umum akan tetap saling mendukung. "Jika BRJ yang terpilih, saya pasti akan mendukung, mohon rekan-rekan semua pahami, voting ini bukanlah soal kalah menang," tegas MBR.

Ketum Janjikan kepengurusan Muda

Usai penetapan ketua Umum, BRJ menyampaikan pidato singkat yang intinya memberikan apresiasi kepada MBR dan semua calon Ketum atas sikap yang dewasa dan saling bekerjasama. "Inilah kafapet unsoed. Apapun yang terjadi kita selesaikan dengan kekeluargaan. Sesuai janji saya, pengurus yang akan datang diisi dengan kombinasi senior yunior, dimana akan didominasi angkatan 90an 2000an. Saya ucapan terima  kasih semoga kita semua dalam lindungan Tuhan, dan semoga amanah," ujar BRJ.

Sementara itu MBR dalam kata penutup menyampaikan maaf apabila ada hal yang tidak berkenan. Apa yang terjadi hari ini, saya tidak akan mengurangi hubungan apapun dan akan mendukung BRJ,  karena semua nya demi kafapet.

Dekan Fapet Unsoed Prof Ismoyowati yang mengikuti acara Munas hingga selesai, saat penutupan Munas menyampaikan selamat dan berharap akan terus ditingkatkan kerjasama dengan pihak Fapet bersama dekan baru Dr Triana Setyawardani.***

 

Posting Komentar

0 Komentar