Regenerasi Kepemimpinan Kafapet Unsoed Daerah Istimewa Jabodetabeksuci Berjalan Mulus

Dewan Pertimbangan Organisasi Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci

Kafapet-unsoed.com. Senin, 28 Juni 2021 sebuah catatan estafet keorganisasian Kafapet Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Sukabumi, Cianjur  dan sekitarnya (Jabodetabeksuci) berjalan dengan mulus. "Kafapet yang menurut saya lebih condong sebagai organisasi yang bersifat kekeluargaan. Karena semua anggotanya terlahir dari rahim yang sama, Fapet Unsoed. Tentu sepantasnya mengedepankan azas kekeluargaan yang dominan dengan sifat saling asah dan asuh “ujar Wiseno salah satu Dewan Pertimbangan Organisasi (DPO) Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci. Hal ini menunjukkan bahwa dalam menjalankan roda keorganisasian Kafapet Unsoed khususnya wilayah Jabodetabeksuci dilandasi dengan penuh keikhlasan dan semangat mengangkat nama almamater. 

Silaturahmi menjadi salah satu penggerak utama roda kepengurusan Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci. Dimulai dari hal kecil seperti kunjungan ke rekan-rekan keluarga alumni kemudian agenda ngopi bersama serta kajian bulanan digalakan guna terus menyambung tali silaturahmi, sampai tradisi Pertemuan Tahunan Alumni Tingkat Nasional. Kebersamaan ini yang kian mengakrabkan dan dapat menumbuhkan semangat untuk bisa ikut andil dalam berjuang mengharumkan nama Almamater serta memunculkan ide-ide kreatif yang dapat memberikan manfaat kepada seluruh Kafapet Unsoed.

Merangkul seluruh angkatan, tidak hanya alumni 70an, 80an, 90an saja yang dirangkul, Generasi Milenial Kafapet Unsoed pun selalu dirangkul dengan penuh kekeluargaan. Bahkan, dalam struktur Organisasipun, Generasi Milenial mendapatkan posisi yang strategis dalam struktur keorganisasian yaitu sebagai Sekretaris, Yudhi Akhmadi angkatan 2004. Sedangkan Ketuanya Roni Fadilah. Dan lebih dikenal sebagai Ketum Defakto Kafapet Unsoed. Peranan Generasi Melenial selalu dilibatkan  dalam kepanitiaan setiap ada acara di Kafapet Unsoed. Hal ini tentu merupakan cara mengkader generasi selanjutnya dan otomatis memunculkan kader-kader untuk melanjutkan roda keorganisasian. Bahkan tidak bisa dipungkiri, banyak posisi strategis di kepengurusan Kafapet Unsoed Pusat maupun Wilayah diduduki oleh generasi milenial Kafapet Unsoed.

Dalam berorganisasi tentu merupakan hal wajar adanya pergantian pemimpin serta melakukan sebuah pengkaderan demi kemajuan organisasi. Berbagai cara dapat dilakukan, namun tentu sosok yang terpilih haruslah merupakan sosok yang tepat sehingga mampu mengemban tugas tersebut. Kafapet Jabodetabeksuci meiliki tradisi atau budaya ketua bukan dipilih tetapi ditunjuk oleh para tetua, istilahnya ditunjuk oleh "Dewan Pembina Organisasi (DPO) Kafapet Jabodetabeksuci.

Dewan  Pembina Organisasi (DPO) Kafapet Jabodetabeksuci yaitu Wiseno angkatan 83, Bambang Suharno angkatan 85 dan Minto Besar Raharjo angkatan 86. Setiap Alumni yang tergabung di  Keluarga Alumni Fapet Unsoed Jabodetabeksuci diperkenankan mengajukan calon ketua, persyaratannya adalah kandidat calon ketua aktif dalam keorganisasian Kafapet Unsoed, mempunyai kemampuan dan jiwa kepemimpinan yang bagus untuk memajukan Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci

Lebih rinci persyaratan yang perlu diperhatikan dalam kepengurusan  Kafapet Jabodetabeksuci adalah sebagai berikut : 

a Pengurus Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci tidak diperbolehkan merangkap jabatan.

b. Periode kepemimpinan maksimal 2 periode.

c. Ketua yang ditunjuk berdomisili di Jabodetabeksuci.

d. Ketua tidak terikat oleh angkatan, tetapi ditunjuk berdasarkan pertimbangan kemampuan untuk memimpin Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci

Hari Minggu 27 Juni 2021 Dewan Pertimbangan Organisasi (DPO) melakukan sidang untuk membahas Ketua Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci periode 2021-2026. DPO telah mencapai mufakat dalam musyawarahnya yaitu menunjuk saudara Yudhi Akhmadi angkatan 2004, jabatan sebelumnya sebagai Sekretaris Ketua Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci periode 2021-2026, menggantikan ketua lama yang telah menjabat 2 periode kepengurusan yaitu periode 2011-2016 dan periode 2016-2021. 

Berikut ini poin-poin mufakat Dewan Pertimbangan Organisasi  (DPO) Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci :

1. Keberadaan Dewan Pembina Organisasi (DPO) dalam struktur kepengurusan Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci harus tetap dipertahankan di kepengurusan yang akan datang,  karena pentingnya Wilayah ini baik dari segi Populasi Alumni, Kegiatan-kegiatannya yang produktif dan sebagian berskala nasional, dan Akses dengan Pusat Pemerintahan.

2. Kami mohon agar Pengurus Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci mengusulkan diri sebagai Wilayah Istimewa dengan nama Kafapet Unsoed Daerah Istimewa Jabodetabeksuci (Kafapet Unsoed DIJ), karena alasan no 1 di atas. Hal ini wajar karena beberapa Organisasi lain juga menjadikan Wilayah DKI sebagai Wilayah Istimewa bahkan ada yang mendudukannya sebagai  bagian dari Pengurus Pusat. Kita tidak akan melakukan itu, hanya menjadikan diri sebagai Wilayah Istimewa saja.

3. Atas masukan dari Sdr. Aries Teguh Wibawa (ATW) ke Kami yang meminta agar diutamakan Caketum yang lain untuk Jabodetabeksuci, maka kami (DPO) memutuskan agar Sdr. Yudhie Achmadi angkatan 2004 menjadi Ketua Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci Periode 2021-2026 menggantikan Pejabat lama Sdr. Roni Fadilah (RF). Selanjutnya mengusulkan agar Sdr. RF dan Sdr. Teguh Munajat (TM) masuk bergabung di DPO dan mengusulkan agar Sdr. ATW tetap masuk ke struktur Inti Organisasi Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci.

4. Penunjukan Sdr. Yudhie Akhmadi juga dilatar belakangi karena yang bersangkutan sudah aktif di Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci dari awal lulus  hingga hari ini (10 tahun). Juga, Sdr. Yudhie memiliki Mobilitas yg Tinggi di wilayah DKI, Jabar, Banten dan Lampung, sehingga akan memudahkan melakukan koordinasi ke wilayah yang dipimpinnya.

5. Karena masa jabatan Pengurus lama akan berakhir Tgl 31 Juli 2021, maka per Tgl 1 Agustus 2021 Pengurusan baru Kafapet Unsoed Jabodetabek sudah mulai efektif berjalan dan diharapkan mengadakan Rapat Kerja (Raker) dalam rangka menyusun program program Kerja dan  pematangan struktur Organisasinya.

6. Mengusulkan agar Pelantikan Pengurus Pusat Kafapet Unsoed dilakukan oleh Dekan Fapet Unsoed, bukan oleh Ketum Kaunsoed karena kita bagian dari Civitas Akademik Fak. Peternakan Unsoed .

Demikian hasil Sidang Dewan Pembina  Organisasi (DPO) Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci.

Terimakasih


Jakarta, 27 Juni 2021


Dewan Pembina Organisasi (DPO)

1. Wiseno Nurhamzah

2. Bambang Suharno

3. Minto Besar Raharjo

Atas jepetusan dari DPO tersebut, Roni Fadilah sebagai Ketua Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci yang akan berakhir 31 juli 2021 memberikan statemen sebagai berikut ,

Roni Fadilah
"Kami atas nama Ketua Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci Periode 2016-2021 mengucapkan banyak terimakasih kepada Dewan Pembina Organisasi (DPO) yaitu Kang Mas Wiseno, Kang Mas Bambang Suharno dan Kang Mas Minto Besar Raharjo, dan juga kami ucapkan Terimakasih banyak kepada seluruh Pengurus Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci serta seluruh Keluarga Besar Alumni Fapet Unsoed Jabodetabeksuci yang telah mendedikasikan dan  mengorbankan pikiran, waktu, dan materi  selama 2 periode Kepengurusan". Sekanjutnya Roni mengucapkan, "Kami atas nama Pribadi dan atas Nama Ketua Pengurus Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci mohon ma'af sebanyak banyak jika selama ini yaitu tutur kata, tulisan dan sikap yang kurang berkenan, serta selama menjalankan roda organisasi Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan".

"Selamat menjalankan tugas kepada Ketua baru Yudhie Akhmadi, generasi melenial yang telah aktif di Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci mulai dari baru lulus sampai sekarang. Tidak dipungkiri bahwa Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci merupakan barometer dan motor penggerak untuk Kafapet Unsoed", tambah Roni


Bravo Kafapet Unsoed DIJ



Penulis      : Fajar 

Foto         : Roni

Editor       : Roni

Posting Komentar

1 Komentar

Jika kesulitan posting komentar via hp harap menggunakan komputer