Pembekalan Sarjana Peternakan Fapet Unsoed yang Baru Diyudisium oleh Alumni


Kafapaet-unsoed.com. Rabu, 25 Agustus 2021 Fakultas Peternakan Unsoed mengadakan pembekalan untuk para Sarjana Peternakan (S. Pt) yang baru lulus. Kegiatan berlangsung meriah dengan menghadirkan pembicara yakni : 1) Drs. Waidi MBA dan 2) Ir. Roni Fadilah, S.E., IPU Kegiatan ini diinisiasi oleh Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni yakni Dr. Yusuf Subagyo.

Dr. Yusuf Subagyo

Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah memberikan gambaran tentang dunia pasca kampus kepada lulusan Fakultas Peternakan sernya memberikan bekal untuk menjalaninya.Kegiatan berlangsung meriah, dihadiri peserta mencapai 150 orang. dimulai dari pukul 09.00 sampai 12.00 WIB via zoom meeting.

Waidi menyampaikan materi terkait Self Mastery Skills dan Roni menyampaikan materi tentang Perkembangan Industri Perunggasan di Indonesia.

Tantangan kehidupan pasca kampus saat ini cukup berat dengan cepatnya arus informasi dan perkembangan teknologi yang sangat cepat. Sebagai Sarjana Peyernakan  tidak boleh tertingal dan harus up date perkembangan tersebut.. Strategy untuk mengambil dan mencoba seluruh peluang ataupun kesempatan yang ada terutama saat akan menjadi wirausahawan. Waidi menyampaikan "kita harus menjadi orang dengan nilai yang tinggi, ketika menjadi pekerja maka teruslah tekuni dan kuasai sehingga menjadi orang yang ahli".


Sesi ke dua  dilanjutkan dengan paparan dari Roni Fadilah yaitu Alumni seorang Insinyur Profesional yang menyampaikan gambaran tentang perkembangan industri perunggasan di Indonesia terkini. Sekarang  kita sudah sampai pada era industri 4.0 yang terjadi awal abad 21 dimana eranya menggabungkan menggabungkan teknologi otomatis dengan teknologi siber. Industri perunggasan di Indonesia sendiri sudah memanfaatkan teknologi tersebut. Misalnya pada Breeding, Hatchery, Close House system kita bisa mengetahui kondisinya real time walaupun kita tidak di lokasi. Bahkan Feed Mill dalam pengoprasiannya sudah menggunakan robot serta seluruh reportnya masuk dalam sistem. Tidak ketinggalan ekspedisi perunggasan sudah menggunakan Global Positioning System (GPS). "Ujar Roni".

Paparan sangat menarik sehingga menarik audiens untuk melontarkan pertanyaan. Pertanyaan pertama muncul dari Ayung Tan Malaka yang menanyakan tentang teknologi industri perunggasan di Indonesia sudah sejauh apa? Roni menjelaskan bahwa "pemanfaatan teknologi perunggasan kita sudah sangat maju, beberapa farm sudah berjalan otomatis dan bisa dipantau dari jarak jauh secara real time". Pertanyaan berikutnya berasal dari Erza  yang tertarik dengan bagaimana caranya bertahan dalam suatu perusahaan? Dalam bekerja kita harus menikmati dan tidak pernah mengeluh. Roni memberikan contoh antara lain Deden Burhanudin, Fajar Hidayat, Akbar Satria serta Imron (semua nama tersebut merupakan alumni Fakultas Peternakan yang berkarir di PT New Hope Indonesia) yang menyukai pekerjaannya dan tidak mengeluh dalam bekerja, hasilnya orang-orang tersebut cepat mendapatkan promosi dari Menejemen Perusahaan.

Setelah sesi diskusi selesai, kegiatan ditutup oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (Dr. Yusuf Subagyo). Ia berterimakasih kepada para pembicara dan berharap alumni Fakultas Peternakan menjadi orang-orang tangguh dan selalu menjaga nama baik almamater.



Penulis    : Fajar

Foto       : Fajar

Posting Komentar

0 Komentar