Kafapet Unsoed Daerah Istimewa Jabodetabeksuci Sukses Menyelenggarakan Musyawarah Kerja


Sabtu tanggal 18 September 2021, Keluarga Alumni Fapet Unsoed Daerah Istimewa Jabodetabeksuci (Kafapet Unsoed D.I.J) sukses menyelenggarakan musyawarah kerja (Musker) via Zoom Meeting mulai jam 09.30 s/d 12.15 WIB, diikuti oleh Pengurus yaitu Yudhi Akhmadi, Bayu Aditya Nugraha, Nadam Subekti, Anna Toya, Yogi, Agung Wixnyo, Zanuar Ari, Akbar Kresnamargi, Rio Adhitya, Puji Astuti, Bagus Tri Rachmanto, Faris Haikal Akbar, Rohmad Susilowarno, Bayu Fajar; serta Dewan Pembina Organisasi (DPO) yaitu Tri Harsi, Bambang Suharno, Teguh Munajat, Roni Fadilah, dan Aries Teguh Wibawa. Acara Musker dipandu oleh Bayu Aditya Nugraha sekaligus sebagai Seketaris, dan dibuka langsung okeh Ketua Kafapet D.I.J Yudhi Akhmadi. Dalam pembukaan Musker, Yudhi memaparkan tentang visi selama periode kepengurusannya 2021-2026 yaitu “Menjadi Organisasi Kekeluargaan yang mampu memberikan informasi, menerapkan keilmuan serta teknologi peternakan terkini  untuk Alumni, Fakultas,  Universitas, umumnya untuk seluruh masyarakat”, dan memberikan arahan program kerja untuk setiap bidangnya, yaitu :

Yudhi Akhmadi

1. Pengurus DIJ meng-update data entry alumni terbaru dan di-update berkala. Khususnya saat ada wisuda. 

2. Pengurus DIJ mampu memberikan contoh organisasi yang bisa mandiri dalam hal pendanaan (berwirausaha) dan mampu membantu serta membimbing dalam hal berusaha. 

3. Pengurus DIJ mampu menjadi penggerak dalam hal publikasi kegiatan, melahirkan atau mempopulerkan tokoh alumni yang memberikan kontribusi pemikiran dan hasil karyanya.

4. Pengurus DIJ menjadi insan yang religius dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

5. Pengurus DIJ bisa mencetak kader yang berprestasi di berbagai sektor (pemerintahan, dan swasta) sebagai sarana Branding.

Dalam Musker ini, masing-masing Ketua Bidang memaparkan rencana kerja selama periode 2021-2026.

Bidang Kewirausahaan 

Puji Astuti

Puji Astuti memaparkan rencana kerja unggulan, yaitu :

1. Iuran Anggota Kafapet DIJ. 

2. Kartu Tanda Anggota Kafapet DIJ dalam bentuk Kartu E-Money. 

3. Penjualan Merchandise Kafapet DIJ (Uniform Kafapet). 

4. Kerjasama Usaha di berbagai bidang. Kafapet DIJ sebagai Mediator yang menghubungkan antara Investor dengan pemilik usaha, maupun sebaliknya

5. Pendidikan dan pelatihan kewirausahaan dilakukan dengan tujuan menumbuh kembangkan kegiatan kewirausahaan anggota, mahasiswa dan masyarakat luas.

Bidang Kerohanian

Nadam Subekti

Nadam Subekti, sekaligus sebagai ketua Tunas Mulia yaitu Pesantren yang membina para anak pemulung di TPA Bantargebang memaparkan rencana kerjanya yaitu :

1. Kajian rutin yang dilaksanakan setiap bulan. 

2. Santunan untuk anak yatim dan duafa yang dilaksanakan di bulan Muharram. 

3. Bantuan sosial atau Khitanan Massal yang dilaksanakan pada tgl 9 Oktober 2021. 

4. Halal bihalal setiap tahun yang akan dilaksanakan 2 minggu setelah Idul Fitri. 

Bidang Kegiatan dan Organisasi

Akbar Kresnamargi

Akbar Kresnamargi memaparkan rencana kegiatannya yaitu :

A. Kegiatan Sosial yang terdiri dari :

1. Vaksinasi Covid Massal untuk alumni dan masyarakat pada umumnya di bulan Desember 2021. 

2. Donor Darah yang bekerjasama dengan PMI. 

3. Perayaan Kegiatan hari peternakan nasional diantaranya Hari Telur dan Susu pada tanggal 15 Oktober 2021. Serta perayaan hari besar peternakan lainnya.

B. Program Kaderisasi diantaranya :

1. Seminar Kealumnian yang berkaitan dengan kaderisasi dan momentum peternakan. 

2. Melakukan pemetaan terhadap kekuatan potensi alumni. 

3. Seminar atau pelatihan dunia kerja (pemateri dari alumni yang mempunyai usaha atau alumni yang bekerja dibidang Peternakan) yang dilaksanakan sebelum yudisium sebagai pembekalan untuk lulusan.

Bidang Hubungan Masyarakat dan Media

Rio Adhitya

Rio Adhitya Cesart memaparkan  program kerjanya yaitu :

1. Mengaktifkan social media diantaranya Facebook, Instagram, Telegram, Whatapps dan website

2. Pemeliharaan Media Informasi sebagai sarana penyebaran informasi; diantaranya prestasi alumni, lowongan kerja, dan informasi kampus.

3. Membuat podcast alumni yang berprestasi. 

4. Membuat lomba jurnalistik tentang dunia peternakan yang dilaksanakan setiap bulan Agustus. 

Dewan Pembina Organisasi

Para Dewan Pembina Organisasi (DPO) aktif memberikan masukan diantaranya :

Bambang Suharno memberikan apresiasi terhadap kepengurusan Roni Fadilah yang telah sukses membina kaderisasi untuk kepengurusan sebelumnya. Masukkan selanjutnya agar Kafapet Daerah Istimewa Jabodetabeksuci (DIJ) mendapat legalitas dari Kafapet Unsoed dan berharap di kepengurusan sekarang menjadi kepengurusan yang benar-benar istimewa.

Bambang Suharno

Roni Fadilah memberikan arahan mengenai Konsistensi dalam berorganisasi. Kafapet DIJ harus mempunyai slogan “BATU AKIK” (Brave : mempunyai keberanian, Action : menjalankan kegiatan, TOP : unggulan dalam hal kegiatan, Usefull : berguna; Amanah, Komunikatif, Inovatif dan Kreatif). 

Tri Harsi memberikan masukkan untuk membuat motto kafapet DIJ yang mudah dipahami, dan mempunyai makna, contohnya “RAMAH” setiap orang yang membaca pasti sudah paham artinya. Saran selanjutnya setiap program kerja harus Action dan berjalan serta dibuatkan time-table nya. Harapan nya program kerja nya segera dilaksanakan.

Teguh Munajat memberikan apresiasi terhadap kafapet DIJ sebagai branding khusus, dan bagaimana strategi eksekusi di setiap kegiatan. Ada beberapa cara yang perlu dilakukan :

1. Metologi

2. Membuat skala Prioritas

3. Waktunya Kapan

4. Energi yang dibutuhkan mengenai (Man, Money and Material). Memberikan contoh data entry alumni juga harus dilengkapi kemampuan dan kapabilitasnya dari setiap alumni, tidak hanya biodata alumni.

Aries T.W. memberikan arahan bahwa tidak bisa dipungkiri bahwa kafapet DIJ merupakan sentral kegiatan. Oleh karena itu, kafapet DIJ harus mempunyai program-program unggulan yang menjadi contoh bagi kawan-kawan di kepengurusan daerah lain. Beliau mencontohkan kegiatan temu alumni nasional yang di inisiasi pertama kali oleh Kafapet Jabodetabeksuci.


Penulis : Yudhie & Roni

Foto : Yudhie

Editor : Fajar

Posting Komentar

1 Komentar

Jika kesulitan posting komentar via hp harap menggunakan komputer