Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci Sukses Melaksanakan Kegiatan Gerakan Berbagi Telur


    Keluarga Alumni Fapet Unsoed Daerah Istimewa Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Sukabumi, Cianjur dan sekitarnya (Kafapet Unsoed D.I.J) sukses melaksanakan gerakan berbagi telur di 7 wilayah tersebut di atas. Sejumlah 2.502 paket telur (setara 50.000 butir telur) dan karkas ayam. Gerakan Berbagi Telur Keluarga Alumni Fakultas Peternakan ini disekenggarakan  dalam rangka peringatan hari Ayam dan Telur Nasional. "Kami melakukan Gerakan Berbagi Telur sebagai wujud kepedulian kami terhadap masalah yang sedang terjadi di masyarakat karena dampak pandemi dan juga masalah yang di hadapi oleh para peternak ayam petelur. “ Ungkap Yudhi Akhmadi Ketua Kafapet DIJ. 
    Pendapat Ketua dipertegas lagi oleh Ketua Panitia Puji Astuti dan Bendahara Kafapet D.I.J, Sri Anna Suryaningsih yang sekaligus menjadi motor penggerak pengumpulan dana donasi dari para alumni "Antusiasme alumni untuk berdonasi sangat luar biasa, gerakan ini bukan hanya disambut baik oleh para alumni di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Sukabumi dan Cianjur namun juga seluruh alumni yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia”,  ungkap bendahara yang memiliki nama panggilan Anna. Dijelaskan lebih lanjut oleh Puji Astuti bahwa awalnya target pengumpulan donasi ini hanya sekitar 1.000 paket (1000 kg), namun  alumni  Fapet Unsoed  sangat antusias sehingga akhirnya terkumpul sejumlah 2.502 paket donasi telur. “Dana donasi tersebut kami manfaatkan untuk membeli telur dari para peternak ayam petelur yang juga alumni Fapet Unsoed dengan harga pasar yang wajar.”, ujar Puji. 


    Acara pembagin telur ayam dan karkas ayam broiler dilaksanakan pada tanggal 15 s.d. 22 Oktober 2021 dengan sasaran ke para siswa TK, SD, Panti Asuhan, Pesantren dan masyarakat dhuafa di  tujuh wilayah Jabodetabeksuci.  Acara Gerakqn berbagi telur ditandai dengan acara sunatan masal 50 orang anak anak di Sekolah Alam anak anak pemulung TPA Bantargebang Bekasi yang dikelola oleh Yayasan Tunas Mulia pimpinan Nadam alumni angkatan 88. Acara dibuka oleh ketua Kafapet D.I.j  Yudhie Akhmadi, “Melalui kegiatan ini, kami telah berhasil membagikan 50.000 telur kepada Siswa TK, SD, Panti Asuhan, Pesantren dan Masyarakat Dhuafa di tujuh wilayah tersebut” Ungkap Yudhi .  


    Pembagin di tujuh wilayah yang menjadi sasaran kegiatan berbagi telur dipimpin oleh seorang koordinator yaitu Akbar Kresnamargi (wilayah Jakarta), Zanuar (wilayah Bogor), Faris Haikal (wilayah Depok), Yogi SM (wilayah Tangerang), Nadam Dwi Subekti (wilayah Bekasi), Isti Riswandani (wilayah Sukabumi) dan Afif Darmawan (Wilayah Cianjur).


    Masyarakat sekitar wilayah pembagian telur sangat antusias untuk membantu gerakan ini. Di wilayah Bogor, ibu-ibu PKK dan masyarakat sekitar posko untuk wilayah Bogor bahkan Kepala Desa beserta jjarannya terlibat langsung mulai persiapan sampai hri pembagian. “Kami disambut dengan luar biasa oleh masyarakat dan perangkat desa serta pengurus yayasan pada saat pembagian telur“, kata Zanuar.


    Di Sukabumi, KH Fajar Laksana pimpinan Pondok Pesantren Al Fath juga secara khusus menyambut kehadiran para alumni untuk menyerahkan paket telur dan karkas ayam.   Pondok Pesantren Al Fath merupakan lokasi pertama gerakan berbagi telur untuk wilayah Sukabumi.  Isti Riswandani sangat bersyukur karena


    Masing-masing wilayah Sukabumi memiliki cerita gembira dari masyarakat penerima donasi dalam Gerakan Berbagi Telur ini. Dijelaskan oleh Isti,  “Ini adalah sebuah langkah luar biasa. Alumni bahu membahu berdonasi dan terjun langsung dalam pembagian telur".  Kesuksesan Kafapet DIJ membagikan 50.000 butir telur mendapat dukungan penuh dari Dewan Penasehat Organisasi (DPO), Menurut Roni Fadilah salah satu anggota DPO Kafapet DIJ menyatakan  "Gerakan berbagi telur ini merupakan gerakan kecil tetapi berdampak besar dalam mengkampanyekan gizi asal produk peternakan dan membantu peternak telur yang tengah mengalami kerugian besar karena harga telur jauh dari harga pokok produksi". Herdadi peternak layer asal Bogor  mengemukakan, "Gerakan berbagi telur yang dilakukan oleh Kafapet Unsoed sedikit membatu kami sebagai peternak kecil, Kafapet membeli telur langsung dr peternak dengan harga layak", Herdadi peternak layer sekaligus alumni angkatn 86. Gayung bersambut dr anggota DPO lainnya Wiseno Hamzah yang ikut terlibat langsung ke beberapa lokasi pembagian telur di Jakarta dn Bogor.


    Semua wilayah melaporkan kabar kesuksesan yang sama. Afif mengemukan kesannya, "Saya angkatan tua, tetapi saya bersemangat dalam gerakan berbagi telur ini".  Hal senada dicurahkan juga oleh Murofiah sebagai Kader PKK dikompleknya sekaligus Alumni angkatan 89, "Para Kader Posyandu sangat bersyukur ada Keluarga Alumni Fapet Unsoed yang terjun langsung dalam kampanye gizi sekaligus dibuktikan dengan berbagi pada anak anak TK dan Balita". 

    Akbar Kresnamargi dan Faris Haikal yang merupakan alumni Angkatan millennial yang terlibat dalam acara ini mengungkapkan bahwa para kepala sekolah menyambut gembira dan antusias atas penyelenggaraan Gerakan Berbagi Telur. “Para Kepala Sekolah berharap kegiatan ini dapat dilakukan di tahun depan dan jika memungkinkan ditambah dengan susu.” Ungkap Faris Haikal. Hal senada diungkapkan oleh Akbar Kresnamargi, TK Ruhul Ukhuwah di Jakarta dan beberapa sekolah lain yang menjadi sasaran kegiatan ini bersemangat memposting kegiatan ini di media sosialnya sebagai tanda ucapan terima kasih. “Terima kasih pada Kafapet DIJ yang telah membagi telur pada anak-anak dan guru. Dengan makan telur kami jadi sehat dan cerdas” demikian pernyataan mereka di media sosial sekolahnya. 

    Gayung bersambut, Kampus Fakultas Peternakan sangat mendukung sekaligus memberikan apresiasi yang cukup luar biasa terhadap kegiatan yang dilakukan oleh Alumni. "Kami menyambut baik kegiatan berbagi telur dan karkas yg dilakukan oleh Keluarga Alumni, ke depan pihak kampus akan selalu support setiap kegiatan positif yg dilakukan Alumni", penjelasan dari Dekan Fapet Unsoed Dr. Triana Setyawardani. Support dari kampus dibuktikan dengan diutusnya 4 Dosen Fakultas Peternakan Unsoed yaitu : 1) Nunung Noor Hidayat; 2) Agus Susanto; 3) Imbang Haryoko dan 4) Abdhuha Nurus Syamsi untuk menghadiri Kajian Rutin Kafapet D.I.J bersamaan dengan gerakan berbagi telur di Sekolah Alam Yayasan  Tunas Mulia.


    Di akhir acara, Ketua Kafapet Unsoed D.I J beserta Ketua Panitia mengucapkan banyak terimakasih ke Team Redaksi Kafapet-Unsoed.com yang selalu meliput kegiatan tersebut di atas dan semua pihak yang terlibat dalam acara Gerakan berbagi telur. Dan tak lupa Yudhie menginfokan, bahwa gerakan ini akan dilanjutkan oleh Keluarga Alumni Fapet Unsoed Wilayah Ciayumajakuning bulan November 2021.



Penulis     : Puji Astuti
Foto        : Puji Astuti
Editor      : Roni dan Fajar

Posting Komentar

0 Komentar