Kafapet Solo Raya dan Kampus Fapet Unsoed Menjalin Silaturahmi di Solo


Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, Keluarga Alumni Fapet Unsoed wilayah Solo Raya (Kafapet Solo Raya) mengadakan acara silaturahmi antar alumni Fapet Unsoed yang berdomisili di Yogjakarta, Solo dan sekitarnya dengan Pengurus Pusat Kafapet Unsoed, serta pihak Kampus Fapet Unsoed.

Giarso Setyawan ketua Kafapet Solo Raya menjelaskan ke Kafapet-Unsoed.com bahwa ada 3 agenda utama dalam pertemuan tersebut yaitu :

1. Menjalin tali Silaturahmi antar alumni dan dengan pihak kampus

2. Pembentukan Kepengurusan baru Kafapet Solo Raya

3. Treacer study untuk alumni.

"Saat pandemi Covid-19 nyaris pertemuan antar alumni nihil, Alhamdulillah sekarang terlaksana walau dalam skala kecil", ujar Giarso.

Dalam acara tersebut,  dikukuhkan kembali Giarso Setiawan angkatan 1986 sebagai Ketua Kafapet Solo Raya, didampingi oleh Ahmad Pramono angkatan 2002 sebagai Sekretaris, dan Fajar angkatan 1987 sebagai Bendahara.

Pengurus Inti Kafapet Unsoed Solo Raya dari Kanan ke Kiri (Ahmad Pramono, Giarso dan Fajar) 


Eka Budhi Sulistyo, sebagai perwakilan PP Kafapet Unsoed yang hadir di acara tersebut menyambut baik Giarso ditunjuk kembali menjadi ketua Kafapet Unsoed Solo Raya periode 2021-2026. "Kami menyambut baik Mas Giarso ditunjuk kembali menjadi Ketua, Semoga Solo Raya tambah maju lagi", ujar Eka.

Senada dengan Eka, Ahmad Pramono menyampaikan pendapat, "Solo Raya masih memerlukan mas Giarso sebagai ketua Kafapet Solo Raya untuk menuntun kami yang Junior" Ujar Pramono. Lebih lanjut Pramono menginfokan bahwa "pihak kampus memberikan data alumni lulusan tahun 2017 sampai 2021, data ini akan ditindaklanjuti dibuat data base alumni yang berdomisili di wilayah Solo Raya agar bisa dihubungi untuk bisa berkolaborasi dan bersinergi untuk kemanfaatan organisasi, institusi (Fapet Unsoed) dan masyarakat luas".

Giarso, dalam wawacara dengan Kafapet-Unsoed.com menjelaskan tentang Rencana Penggabungan kembali  Yogjakarta dengan Solo, "Kemungkinan Yogjakarta  akan digabung lagi dalam satu kepengurusan, nanti kami akan bicarakan dengan pengurus dan perwakilan alumni dari Yogjakarta", imbuh Giarso.

Suasana Ramah Tamah Penuh dengan Kehangatan

Dalam waktu bersamaan, Kampus Fakultas Peternakan Unsoed melaksanakan treaser study ke beberapa wilayah Kafapet Unsoed termasuk Wilayah Solo Raya untuk proses penggalian data lulusan Fapet Unsoed tahun 2019 - 2020.

Seperti yang dilaksanakan oleh Dosen dari Fapet Unsoed   Nunung Nur Hidayat,  Prof. Elly Tugiyanti, dan Prof.Ismoyowati saat  acara silaturahmi dengan Alumni Fapet Unsoed di Solo Raya pada Ahad, 31 Oktober 2021. 

Bertempat di Resto Ikan Goreng Cianjur, Jl. Slamet Riyadi, Solo. Prof. Elly menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu cara merekatkan Kampus dengan Alumninya untuk program pengembangan Civitas Academika Fapet Unsoed.  "Treaser study ini nantinya akan dapat mengumpulkan data alumni dan membantu dalam mensupport bursa kerja", kata Elly. Lebih lanjut Elly menjelaskan, Tracer Study bisa juga menjadi inkubasi bisnis lulusan Fapet Unsoed bagi yang berkeinginan berbisnis". 

Kampus Fapet Unsoed yang mengembangkan MBKM (Merdeka Belajar, Kampus Merdeka) diantara sekian banyak kampus dengan menjadikan mahasiswa mampu menyelesaikan studi dengan lebih banyak bercimpung di dunia luar melalui persamaan SKS, sehingga mahasiswa dapat lulus tanpa skripsi atau seminar. 

Treaser Alumni ini diperuntukkan kepada Alumni tahun 2019-2020. Saat ini sudah ada 251 mahasiswa yang terekam datanya. 

Diharapkan link survey ini dapat menjadi bagian untuk kebaikan kampus Fapet Unsoed. Nunung salah satu Dosen dari Fapet Unsoed lebih lanjut membimbing cara pengisian form tracer study.

Prof. Ismoyowati disela sela acara silaturahmi berkesempatan memberikan komentar, "Kampus Fapet terus melakukan silaturami ke beberapa wilayah Kafapet Unsoed, istilahnya kita sambil Reunian", ujar Ismoyowati. Dekan Fapet Unsoed Dr Triana Setyawardani dalam satu kesempatan pernah mengemukakan, "Jika masalah pengumpulan data cukup dengan menyebarkan link form isian, tetapi kami akan mendatangi Keluarga Alumni di setiap wilayah, tujuan utamanya untuk memperat ikatan tali silaturahmj antara kampus dan sekaligus menjaring data", ujar Triana.

Acara silaturahmi ditutup dengan makan bersama, ramah tamah dengan penuh keakraban.




Penulis   : Eka B S

Foto        : Eka B S

Editor     : Roni 

Posting Komentar

0 Komentar