PROF AKHMAD SODIQ TERPILIH JADI REKTOR UNSOED, MEDSOS KAFAPET KEBANJIRAN UCAPAN SELAMAT


Purwokerto
, Kafapet-Unsoed.com. Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, MSc, Agr  secara resmi terpilih sebagai Rektor Unsoed untuk masa jabatan 2022-2026 pada acara Pemilihan Rektor Unsoed yang digelar pada hari ini Kamis (24/3/2022). Demikian informasi yang diperoleh redaksi dari group WA pengurus Pusat Kafapet Unsoed dan beberapa sumber lainnya. jurusan peternakan

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unsoed Dr.Ir Isdy Sulistyo, DEA sebagaimana dikutip INews.com mengatakan , pemilihan rektor ditempuh dengan pemungutan suara. 

“Dalam pemungutan suara tadi bersama wakil dari Kementrian, Prof.Dr.Ir.Akhmad Sodiq, M.Sc.Agr mendapatkan 76 suara. Kemudian Dr.Ir.V. Prihananto, M.Si sebanyak 38 suara dan Prof.Ir. Totok Agung Dwi Haryanto, M.P.,Ph.D sebanyak 8 suara. Dengan demikian yang terpilih adalah Prof Sodiq,”jelas Isdy dalam konferensi pers usai pemilihan.

Sementara Prof.Dr.Ir.Akhmad Sodiq, M.Sc.Agr mengatakan akan meneruskan apa yang telah menjadi kebijakan Prof Suwarto sebagai rektor sebelumnya. 

“Saya sebagai penerusnya, program yang telah dicanangkan, akan kita lanjutkan. Kita tahu persis isu transformasi pendidikan tinggi untuk menjawab tantangan ke depan. Dan itu luar biasa,” kata Rektor terpilih dikutip INews.com.

Seperti diketahui, sesuai dengan Peraturan Senat Universitas Jenderal Soedirman Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Tata Cara Pengangkatan Rektor Universitas Jenderal Soedirman Masa Jabatan 2022-2026, maka dilakukan pemilihan rektor secara langsung melalui pengumungat suara.

Dengan aturan tersebut, suara Senat Universitas sebanyak 65%. Sedangkan 35% lainnya adalah hak suara Menteri. Persentase dihitung dari hal suara yang hadir.

Banjir Ucapan Selamat

Sejak adanya berita bahwa Prof Sodiq memenangkan suara dalam pemilihan rektor, ucapan selamat , doa dan dukungan, mengalir deras di berbagai media sosial antara lain di grup WA Kafapet Unsoed, group WA pengurus Kafapet Pusat, grup WA Jabodetabek dan medsos lainnya. Sebelumnya ketika baru muncul info perolehan suara sebagian warga Kafapet mempertanyakan apakah kemenangan tersebut sudah termasuk suara Kemendikbud. Setelah ada klarifikasi bahwa kemenangan suara sudah termasuk suara Kemendikbud, hampir semua warga Kafapet di group medsos berebut untuk menyampaikan rasa bangga dan haru atas terpilihnya Prof Sodiq sebagai Rektor Unsoed.

"Suatu kebanggaan bagi KAFAPET UNSOED yang mana salah satu alumni  terbaik yaitu pak Sodiq angkatan 87  terpilih menjadi rektor Unsoed periode 2022- 2026. Selamat dan sukses semoga menjadi rektor yang manfaat," ujar Ketua Umum PP Kafapet Unsoed Bambang Riyanto Japutra.

"Alhamdulilah ya Allah. Saya dan segenap karyawan BBPTU HPT Baturradden mengucapkan Selamat atas terpilihnya Prof. Sodiq sebagai Rektor baru Unsoed," ucap Heri Supriyadi, alumni Fapet Unsoed yang berkarir di BBPTU HPT Baturaden yang juga pengurus Kafapet Unsoed.

Kepala Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang Tri Harsi juga tak ketinggalan menyampaikan rasa bangganya. Ia mengucapkan,"Alhamdulillah, Barakallahu. Selamat dan sukses untuk Prof. Akhmad Sodiq atas amanah sebagai Rektor Unsoed periode 2022 - 2026. Semoga Allah selalu memberi yang terbaik."

"Akhirnya ada warga kafapet unsoed jadi Rektor Unsoed," ujar Wiseno Nurhamzah, alumni Fapet Unsoed angkatan 1983 yang juga penasehat di jajaran pengurus Kafapet Unsoed . 

Sementara itu Puji Hartono, aktivis Kafapet Jabodetabeksuci menegaskan, "Saatnya segenap alumni dan mahasiswa Fapet Unsoed bahu membahu mendukung program Rektor Terpilih. Sukses untuk Kita Semua".

Mantan Dekan yang Dekat Dengan Alumni

Prof Sodiq (no 2 dari kanan) di sarasehan  Peternakan
Nasional 2016, digelar Kafapet Jabodetabeksuci

Prof Akhmad Sodiq adalah alumni Fapet angkatan 1987 yang karirnya cemerlang di kampus baik sebagai pakar maupun pejabat kampus. Ia juga dikenal sangat dekat dengan mahasiswa dan  alumni.  

Bulan Agustus 2010 ia dilantik sebagai Dekan Fapet Unsoed dan menjadi dekan termuda dalam sejarah Fapet Unsoed (berusia 41 tahun saat dilantik).

 Akhmad Sodiq menjadi dekan dalam dua periode, dari 2010 hingga 2017. Jabatan pertama Akhmad Sodiq adalah jabatan antar waktu menggantikan Prof. Dr. Ir. Mas Yedi Sumaryadi, M.S yang di tengah masa jabatannya terpilih menjadi Pembantu Rektor I.

Kelahiran Batang, 28 Januari 1969 ini selain menjadi akademisi juga dikenal memiliki aktivitas sosial kemasyarakatan dan keagamaan. Pada saat menjabat sebagai Dekan Fapet Unsoed, Akhmad Sodiq juga sempat menjadi Ketua Tim Pendiri Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto. Ketika kampus tersebut mendapat ijin operasional tahun 2016, Akhmad Sodiq menjadi Rektor UNU.

Bidang keahlian Akhmad Sodiq adalah Ilmu Ternak Potong. Akhmad Sodiq mengajar dari jenjang diploma hingga program doktoral serta menjadi pembina dan pendamping Kelembagaan Kelompok Tani Ternak Ruminasia Besar dan Kecil, dan dewan pakar himpunan peternak domba dan kambing Indonesia. Selain itu Akhmad Sodiq juga menjadi konsultan BI untuk program pemberdayaan ekonomi daerah dan program pengembangan klaster sapi potong di Purwokerto.

Dalam catatan teman-teman alumni, semasa menjabat Dekan, Akhmad Sodiq dikenal dekat dengan mahasiswa dan alumni. Ia selalu hadir dalam acara temu alumni Kafapet nasional yang diselenggarakan setiap tahun, baik di Jakarta maupun kota lainnya. Pada pertemuan seperti itu Akhmad Sodiq selalu mengajak diskusi dan minta masukan dari alumni mengenai pengembangan Fapet Unsoed.

Sebagai “kader” Fakultas Peternakan Unsoed, Akhmad Sodiq melanjutkan tradisi Fapet Unsoed yang menyumbangkan kader terbaik untuk Universitas. Dalam catatan sejarah, sebelum Akhmad Sodiq yang masuk jajaran pimpinan universitas, ada Prof. Dr. Ir. Mas Yedi Sumaryadi, M.S yang pernah menjadi Pembantu Rektor I. Bahkan kemudian Mas Yedi menjadi Rektor dalam status jabatan antar waktu menggantikan rektor sebelumnya yang tersangkut kasus korupsi.

Jauh sebelum ini, pada masa awal berdirinya Unsoed, ada Prof. drh. R. Djanuar yang menjadi Rektor Unsoed. Djanuar menjadi orang dari sipil pertama yang menjabat sebagai Rektor Unsoed. Dua orang pejabat sebelumnya memiliki latar belakang militer, yaitu Brigjen TNI R.F. Soedardi, SH dan Brigjen TNI Drs. Ign. Soedaman Hadisoetjipto. Sebelum dua orang tersebut pimpinan Unsoed dipegang oleh sebuah presidium dengan Ketua R. Soemardjito.***

Penulis : Bambang Suharno




Posting Komentar

0 Komentar