TRAINING INTERNAL KAFAPET-UNSOED.COM BAHAS TEKNIS MENULIS BERBASIS "SEO"

    
Jakarta, Kafapet-Unsoed.com. Dalam Rangka Ultah ke-4 Kafapet-Unsoed.com pengurus inti www.Kafapet-Unsoed.com mengadakan Pelatihan Internal "Pedoman Penulisan di kafapet-unsoed.com" pada Minggu (27/3). Pelatihan dilakukan melalui online via zoom meeting yang dihadiri oleh Pimpinan Redaksi sekaligus Pendiri Bambang Suharno, wakil pimpinan redaksi sekaligus pendiri Roni Fadilah, Pimpinan usaha sekaligus pendiri Yudhie Achmadi, dewan redaksi Fajar Hidayat,  Dr. Nurul Hidayat,  Nurtania Sudarmi,  Farid Dimyati dan Sutriyono, calon jurnalis Wisnu Rachman dan Achmad Sarifudin.

Kegiatan diisi oleh Bambang Suharno selaku demisioner Pimpinan Redaksi kafapet-unsoed.com. Ia menjelaskan pengertian tentang berita yaitu tulisan yang memuat informasi tentang peristiwa yang aktual, penting dan menarik untuk publik . Bambang juga menyampaikan terkait jenis-jenis berita yang muncul di web kafapet-unsoed.com.

Dalam kesempatan ini materi utama yang dibahas adalah tata cara penulisan untuk membuat berita di web. Bambang memaparkan dengan sangat lengkap dari semua komponen penulisan. Kegiatan berlangsung dengan serius namun santai dan penuh rasa kekeluargaan. 


Hal menarik dalam paparan adalah tips yang dibagikan Bambang dalam menarik orang untuk membaca berita di website. Bambang menjelaskan, menulis di media cetak dengan di media online itu berbeda tekniknya. Menulis di web, selain mengupayakan supaya enak dibaca, juga harus mempertimbangkan faktor search engine (mesin pencari), dalam hal ini Google sebagai mesin pencari yang palng banyak dipakai di dunia. 

"Terkait sistem Google penulis perlu menerapkan  "keyword" atau kata kunci yang dipilih," ujarnya. Bambang telah melakukan riset keyword dan menemukan 10 keyword yang paling relevan dengan konten web Kafapet-Unsoed.com.

Ia mencontohkan keyword "Jurusan Peternakan" dicari 1.900 pencarian/bulan, kemudian "Fakultas Peternakan" dicari sebanyak 880 /bulan kemudian kata "Fakultas Peternakan Unsoed" dicari sebanyak 260 kali/bulan. Tim redaksi kafapet-unsoed.com dalam memuat berita agar memperhatikan dan memuat "Keyword" yang sudah ditetapkan redaksi. Hal ini bertujuan saat orang mencari kata kunci (keyword) di mesin pencarian Google, berita kita bisa muncul di halaman pertama Google yang sehingga lebih banyak orang membaca berita kafapet-unsoed.com.

Teknik menulis di web seperti ini disebut sebagai teknis menulis berbasis Search Engine Optimation (SEO), sehingga penulis web juga berperan sebagai SEO Content Writer

Dalam penutup, Bambang menyampaikan bahwa pedoman ini juga menjadi acuan untuk mitra jurnalis ketika akan menayangkan karyanya di kafapet-unsoed.com. Beberapa mitra yang bisa digandeng antara lain : alumni dari cabang-cabang Kafapet Unsoed, dosen Fapet, mahasiswa Fapet Unsoed, serta bisa juga menggandeng organisasi mahasiswa di Fapet Unsoed contohnya badan eksekutif mahasiswa (BEM) Fapet Unsoed.



Penulis    : Fajar
Editor     : Bambang
Foto       : Fajar

Posting Komentar

0 Komentar