Training Pengelolaan Litter dan Aplikasi Pemakaian Probiotik


Tangerang. Sabtu, 14 Mei 2022. PT ASR Prima Sejahtera sebagai salah satu Industri perunggasan yang konsisten untuk menghasilkan ayam herbal sehat tanpa antibiotik,  menggelar acara satu hari Pelatihan untuk pelatih (Training for Trainer) tentang cara pengelolaan litter  dan aplikasi pemberian probiotik pada  litter.  Peserta terdiri dari para Farm Manager,  wakil Farm Manager,  para analis herbal,  dan team produksi herbal. Buah kerjasama Fapet Unsoed dengan PT ASR peserta dari alumni Fapet Unsoed cukup mendominasi.

Suasana Training for Trainer

Hendra Herman sebagai Direktur PT ASR Prima Sejahtera mengatakan,  skala usaha kami belum besar tetapi kami bercita-cita menghasilkan "warna" pada produk kami yaitu ayam herbal sehat yang aman dikonsumsi oleh masyarakat.  Lebih lanjut Hendra mengatakan,  kami akan terus berinovasi untuk meningkatkan performa ayam, sehingga biaya Produksi bisa ditekan. 


Hendra Herman "Direktur PT ASR Prima Sejahtera" 

"Kami menyimpulkan, faktor kegagalan utama produksi di Farm karena kegagalan dalam mengelola litter, sehingga ayam tidak tumbuh optimal dan gampang sakit", imbuh Hendra

Ir. Roni Fadilah, S.E., IPU (alumni Fapet Unsoed 86)

Kegiatan ini isi oleh Ir Roni Fadilah, S.E., IPU (alumni Fapet Unsoed 86) dan Asep Safrudin, S. Pt. Sesi pertama Roni memaparkan materi tentang manajemen pengolahan sekam. Roni menjelaskan secara detail dari mulai tahapan pencucian dan persiapan kandang  sampai pengelolaan sekam sepanjang periode pemeliharaan ayam.

Dalam training tersebut dijabarkan juga beberapa dampak negatif dari kegagalan pengelolaan litter seperti performa produksi yang jelek sampai ayam sakit. 

"Hukum baku yang sederhana dalam pengelolaan litter adalah selama pemeliharaan ayam sekam tidak boleh basah dan gumpal "ujar Roni".

Asep Safrudin, S.Pt

Sesi kedua training for trainer dibawakan oleh Asep Safrudin tentang aplikasi pemakaian Probiotik pada litter. Asep menjelaskan tentang konsep utama penggunaan Probiotik yang bermanfaat untun kelangsungan hidup ayam. 

Gayung bersambut,  Asep merincin lebih lanjut cara penggunaan Probiotik mulai dari mengenalkan beberapa jenis bakteri yang dapat menurunkan gas amoniak (NH3) dan asam sulfur (H2S) sehingga kondisi dalam kandang sekam tetap kering, level amoniak bisa ditekan sampai dibawah 5 ppm dan terhindar darii polusi bau.

"Litter yang kering, ayam akan menjadi sehat dan terhindar dari gangguan penyakit, kususnya penyakit pernapasan dan pencernaan", ujar Asep.

Dalam satu penjelasannya,  Aep mengatakan,  inti pemberian Probiotik adalah bagaimana Probiotik tersebut bisa menekan gas beracun yang dihasilan dari litter. 

Ujar Asep,  yang terpenting dalam aplikasi Probiotik pada litter adalah bagaimana caranya untuk tetap menjaga "populasi" bakteri yang baik yang ada pada probiotik tersebut, sehingga gas amoniak dan gas beracun lainnya jauh dari ambang batas aman. 

Training for Trainer ditutup oleh Hendra yang menyampaikan bahwa ASR Farm berinvestasi kaki lima tetapi manajemen bintang lima. Pesan moral sebagai penutup, dalam bekerja kita harus bisa menjaga amanah. Hendra juga sangat berharap bahwa ayam yang dipelihara bisa menjadi berkah untuk banyak orang.



Penulis     : Fajar

Editor       : Roni

Foto           : Fajar

Posting Komentar

0 Komentar