Ketum Kafapet Unsoed Raih Gelar Doktor Ilmu Peternakan

Program Doktor adalah program pendidikan Strata Tiga (S-3) yang ditujukan untuk memperoleh gelar akademik doktor sebagai gelar akademik tertinggi. Untuk memperoleh gelar Doktor, setiap Program Studi mensyaratkan mahasiswanya untuk menulis disertasi. 

Tugas para Doktor adalah berpikir, meneliti, dan memberikan ilmunya kepada mereka yang memerlukan baik di kalangan mahasiswa, teman sejawat, atau juga masyarakat luas. 

Dr. Ir. Bambang Rijanto Japutra, M.Pt (Ketua Umum Pengurus Pusat Keluarga Alumni Fakultas Peternakan/PP Kafapet Unsoed merupakan lulusan ke-4 Program Doktor Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Jawa Tengah. 

Dr. Ir. Bambang Rijanto Japutra, M.Pt dinyatakan lulus dengan nilai Sangat Memuaskan pada Ujian Terbuka Disertasi Doktor di Ruang Seminar 1 Lantai 3 Fapet Unsoed secara offline pada hari Selasa, 19 Juli 2022. 

Mengutip dari laman, fapetunsoed.ac.id, Bambang Rijanto Japutra atau yang biasa dipanggil BRJ ini menjelaskan bagaimana pengaruh dengan tidak adanya Antibiotic Growth Promotor (AGP) pada pakan ternak untuk menghasilkan pertumbuhan daging dengan melihat dari tiga variabel penelitian.

"Variabel tersebut yakni aspek produksi, ekonomis, dan sosial. Aspek Produksi meliputi Efisiensi Pakan dan Indeks Performa Komulatif (IPK), Aspek Ekonomi terdiri Kapasitas Usaha dan Pendapatan Peternak dan dari aspek sosial meliputi empat poin yang terdiri dari Umur Peternak, Pendidikan Peternak, Lama Beternak dan Motivasi Usaha Peternak," jelas Bambang.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui Causal Loop Diagram diketahui bahwa Antibiotic Growth Promoter (AGP) bukan merupakan satu-satunya faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan usaha peternakan ayam broiler. 

Faktor lain yang memengaruhi usaha peternakan ayam broiler antara lain manajemen pemeliharaan, kualitas kandang, dan kualitas peternak. Selain itu regulasi dan penataan tata niaga pemasaran ayam broiler oleh pemangku kebijakan berkontribusi nyata terhadap keberhasilan usaha peternakan ayam broiler.


Editor : Farid

Foto : Berbagai sumber

Posting Komentar

0 Komentar