Filosofi Huruf O

                                    Foto: Desi Istiyanti

Mungkin sudah banyak orang yang tahu atau bahkan belum tahu tentang filosofi huruf O.

Baiklah kalau begitu akan saya ceritakan mengenai filosofi huruf O ini. Filosofi ini saya peroleh dari seorang sahabat sejak masih duduk di bangku SMP, hingga perguruan tinggi. Bahkan, filosofi O ini berhasil membawa saya mendapat predikat terbaik dari 103 peserta ketika prajabatan PNS pada 2011 silam.

 

Filosofi huruf O ini berkaitan dengan waktu dan memiliki arti menatap masa depan, meski kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi esok, serta untuk tidak berlama-lama meratapi masa lalu.

 

Huruf O ada pada kata OPPORTUNITY atau kesempatan. Mari kita tengok pada waktu lalu atau YESTERDAY. Adakah huruf O di situ? Tidak ada.

Artinya, tidak ada lagi kesempatan untuk masa lalu. Sudah tutup buku. Sebab, yang ada hanyalah penyesalan tentang masa lalu, bukan kesempatan.

Kemudian hari ini, TODAY. Ada satu huruf O di sini. Ya, masih ada kesempatan, OPPORTUNITY, namun hanya satu saja kesempatan di hari ini yang bisa kita raih.

Lalu, ada apa dengan hari esok?  TOMORROW. Voila....ada banyak huruf O di sini, ya ada tiga, lebih banyak dari TODAY. Apa artinya? Artinya, ada masih banyak sekali kesempatan-kesempatan pada hari esok. Kesempatan memperbaiki masa lalu, kesempatan memperbaiki penyesalan yang terjadi di hari ini, kesempatan menjadi lebih baik lebih yakin lebih mantap menuju hari esok, serta kesempatan di masa depan. Tentu dengan perencanaan-perencanaan yang matang, pembelajaran, dan pengamatan dari masa lalu, juga hari ini. Sebab, di sanalah kesempatan berada, hari esok, TOMORROW.

Jadi, jika saat ini sedang mengalami masa-masa putus asa, tolong baca pahami dan pelajari filosofi huruf O ini. Di mana hari esok ada banyak kesempatan menunggu kita.

 

Selalulah menjadi yang terbaik versi diri kita untuk kita sendiri dulu, baru menjadi baik untuk orang lain.


Penulis:  Desi Istiyanti, S.Pt, (Kontributor Kafapet wilayah Pekalongan Raya)

Posting Komentar

0 Komentar