Kafaperta Unsoed Sukses Gelar Temu Alumni Nasional, Bangun Agro Edu Wisata


Kafapet-Unsoed.com. Purwokerto Terciptanya Agroedu wisata di Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman menjadi impian seluruh civitas akademika.  Acara Temu Alumni Nasional 2022 Keluarga Alumni Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman (Kafaperta Unsoed) salah satunya mengagendakan terwujudnya Agroedu Wisata.

Kegiatan sukses digelar selama dua hari yaitu hari Sabtu-Minggu (10-11/9). Ratusan alumni Faperta dari berbagai angkatan dan berbagai wilayah yang tersebar di penjuru Indonesia.

Tercatat,  angkatan yang hadir mulai dari tahun 1976 sampai dengan angkatan yang baru lulus tahun 2019. Dan ini merupakan prestasi sendiri pasca pandemi Covid-19. 

Acara Temu Alumni Faperta tingkat Nasional  dilaksanakan di area terbuka Gedung A Fakultas Pertanian Unsoed Purwokerto.

Temu Alumni Faperta Unsoed kali ini, mengangkat tema “Enam Dekade Faperta Berkontribusi kepada Negeri”. Serangkaian acara,  dimulai pada Sabtu siang dengan agenda ramah tamah, perlombaan antar angkatan serta puncak acara dimeriahkan dengan berbagai hiburan hingga menuju tengah malam.


Ketua Umum Kafaperta, S.H. Sutarto, yang akrab disapa Toto,  di puncak acara menyampaikan bahwa acara temu alumni Fakultas Pertanian Unsoed tingkat Nasional ini dibawakan secara akrab, mengedepankan kekeluargaan dan menyenangkan. 

“Kami para alumni ingin berkontribusi dan mengadakan acara secara lebih rileks, fun, santai, dan bisa saling mengakrabkan,” papar Toto penuh dengan rasa gembira.

Pada puncak acara malam tersebut,  juga dilakasanakan berbagai rangkaian acara sangat menarik, seperti sharing moment per angkatan, penyerahan cendera mata, serta hiburan lainnya. 

Dekan Faperta Unsoed Anisur Rosyad dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini diharapkan dapat terus berlanjut.

“Acara ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara kampus Faperta dengan Kafaperta terus berkembang, terus berlanjut. Juga agar nantinya para lulusan Faperta Unsoed bisa diterangi saat keluar dari almamater Unsoed,’’ kata Anisur.

Lebih lanjut Ketua Umum Kafaperta Unsoed Sutarto, kegiatan temu alumni di hari kedua dengan program :

1. Agenda utama yaitu pukul 08.00 WIB hari ini Minggu 11 September 2022 peletakan batu pertama Agro Edu Wisata pada lahan ExpFarm di belakang Kampus Fakultas Pertanian Unsoed, Karangwangkal seluas 1,9 Ha.,

2. Selesai agenda utama, kemudian dilanjutkan agenda berikutnya yaitu Penanaman Tahap 2 Bibit Pohon Alpukat pada lahan Unsoed di Kebun Kedungrandu.

Program tersebut,  merupakan bentuk kerjasama yang sinergi antara Kafaperta dengan pihak kampus, serta  mendapatkan dukungan dari BUMN yaitu Pupuk Indonesia dan Bank Indonesia yang diwadahi dalam bentuk Yayasan Alumni Fakultas Pertanian Soedirman.

Tujuan dari dua Program di atas,  untuk menciptakan generasi Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas dan berkompetensi secara skill dan teknologi dibidang Pertanian sebagai bagian dari sistem kurikulum berbasis kompetensi.

“Dari pihak BUMN akan mensupport Program Agro Edu Wisata, karena biaya yang dibutuhkan cukup besar yaitu mencapai tiga miliar rupiah, semoga apa yang kita rencanakan bisa tercapai dan terlaksana,” ujar Sutarto.

Peletakan batu perdana Agro Edu Wisata dihadiri secara langsung oleh perwakilan dari Pupuk Indonesia, Gilang Agustiono selaku Vice President Pupuk Indonesia. Gilang disela sela peletakan batu Agro Edu Wisata mengatakan sangat antusias bisa terlibat dalam kegiatan ini. "Kami dari Pupuk Indonesia mengucapkan terima kasih telah diundang untuk acara pelaksanaan peletakan batu perdana ini, tentunya sangat senang  dan ternyata perhatian dari kampus dan almamaternya sungguh luar biasa. harapan kami mudah-mudahan kedepan tetap kompak," ungkapnya.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Norman Arie Prayogo mengucapkan terima kasih atas program dan kerja sama yang dilakukan alumni Faperta selama ini. “Universitas mengucapkan terima kasih kepada Alumni, yakni Keluarga Alumni Faperta Unsoed yang masih eksis dan konsisten dalam membersamai dan berperan dalam menuntun adik-adik mahasiswa, di mana peran dan kontribusinya yang sangat strategis dan sejalan dengan visi Unosoed yang Merdeka, Maju, dan Mendunia,” terangnya.

Bravo Kafaperta Unsoed,  

Jaya selalu,  dan terus kompak. 


Penulis  : H. S.  Sutarto

Editor    : Roni

Foto       : Dokumen Kafaperta Unsoed

Posting Komentar

0 Komentar