Yudha Ardhana Juara 1 Pramuka Pandega Garuda Berprestasi se-Jawa Tengah


Di usia yang ke-56 Fakultas Peternakan Unsoed, mahasiswa Fakultas Peternakan Unsoed Yudha Ardhana menorehkan prestasi. Kali ini satu Pramuka Garuda Pandega Yudha Ardhana mampu menunjukkan kualitas dan kecakapannya meraih penghargaan di Eagle Scout Award 2022 atau Lomba Pramuka Garuda Berprestasi tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah yang digelar di bumi perkemahan Candrabirawa Karanggeneng Gunungpati kota Semarang, ungkap Humas Dies Natalis ke-56 Fakultas Peternakan Unsoed Ir.Alief Einstein,M.Hum. saat mendampingi pemaparan Pembina UKM Racana Soedirman, Gudep Banyumas 26.1954 Dyah Susanti,SP.,MP. pada hari ini Selasa 06 September 2022.

Pembinaan generasi muda dapat dilakukan melalui berbagai media, salah satunya melalui Gerakan Pramuka. Racana Soedirman sebagai wadah pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega di Perguruan Tinggi, mengemban misi mencetak generasi muda yang tangguh dan dapat diandalkan melalui penerapan pola pembinaan Tri Bina (bina diri, bina satuan, bina masyarakat) dan Tri Dharma sebagai penciri Pramuka Perguruan Tinggi. Demikian disampaikan Dyah Susanti, S.P., M.P., dalam paparannya tentang perolehan juara 1 Pramuka Pandega Garuda Berprestasi dalam ajang _Eagle Scout Award_ 2022 tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah oleh salah satu mahasiswa Unsoed, Yudha Ardhana, anggota Racana Soedirman. Penyerahan Award tanggal 01 September 2022 di Boyolali, pada peringatan Hari Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah.


Dyah menguraikan bahwa seleksi "Eagle Scout Award" yang dilaksanakan pada tanggal 26 - 28 Agustus 2022 ini diikuti oleh perwakilan Pramuka Garuda semua golongan dari kwartir-kwartir cabang di lingkup Kwartir Daerah Jawa Tengah. Komponen penilaian  meliputi portofolio, administrasi, uji kompetensi tertulis, spontanity test skill, wawancara, soft skill, dan kreasi talenta. Di antara para peserta Pramuka Pandega Garuda, Kak Yudha Ardhana yang saat ini mengemban amanah sebagai ketua dewan Racana Soedirman, mendapatkan total nilai tertinggi, sehingga berhasil menjadi juara 1 Pramuka Pandega Garuda Berprestasi se-Jawa Tengah. Kak Yudha menyebutkan bahwa tes wawancara merupakan sesi yang paling berkesan, di mana peserta diuji wawasan, ketanggapan dan cara bersikapnya dalam menghadapi para juri. Penerapan ilmu dan teknologi dalam kegiatan kepramukaan di perguruan tinggi, pengalaman membina satuan pramuka di berbagai pangkalan gugus depan (SMA, SMP, SD) serta bina masyarakat di berbagai desa yang diselenggarakan Racana Soedirman selama ini, menurut Kak Yudha yang merupakan mahasiswa Fakultas Peternakan, sangat mendukung keberhasilannya dalam menjalani seleksi. 

Menurut Dyah Racana Soedirman, sebagai wadah pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) selama 5 tahun ini konsisten melahirkan Pramuka Pandega Garuda, terhitung 17 orang sejak tahun 2018 - 2022. Jumlah terbanyak di antara racana-racana di kwartir Cabang Banyumas, dan memperkuat Kwarcab Banyumas menjadi kwarcab tergiat ke-34 kalinya tahun ini. 

Selanjutnya Dyah yang juga dosen Fakultas Pertanian Unsoed mengatakan Pelatihan kesekretariatan, protokol dan kehumasan, pelatihan dan pendampingan penulisan karya ilmiah, kegiatan di alam terbuka, kewirausahaan, jurnalistik, pramuka peduli, serta pengembangan minat-bakat seni-budaya juga menjadi kegiatan rutin Racana Soedirman selain kegiatan teknik kepramukaan. Kegiatan yang dikemas sesuai jaman, termasuk penggunaan teknologi informasi dan pengembangan kreativitas berbasis kelimuan yang ditekuni, menjadikan Pramuka Perguruan Tinggi sesuai bagi generasi masa kini. Anggota Racana Soedirman yang berasal dari fakultas dan program studi yang berbeda-beda menjadikan saling melengkapi kompetensi dan kreativitas dalam berkegiatan. Kegiatan-kegiatan ini sangat mendukung pengembangan karakter mahasiswa, menjadi pribadi yang dapat diandalkan, tangguh, dan berprestasi. 

Dyah menjelaskan setiap tahun, selalu ada anggota Racana Soedirman yang lolos seleksi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), bahkan Mahasiswa Berprestasi serta program-program lain yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, selain lomba-lomba di bidang kepramukaan. Tahun 2022 ini, selain Kak Yudha Ardhana yang menorehkan prestasi sebagai juara 1 Pramuka Pandega Garuda Berprestasi tingkat Kwarda Jawa Tengah,  Kak Septian Arifudin, juga menjadi juara 1 vokal keroncong dalam Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) yang akan mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas). 

Dyah yang telah membina Racana Soedirman sejak tahun 2006  menyampaikan bahwa sebagai organisasi kemahasiswaan, Racana Soedirman juga menunjukkan prestasi, di antaranya berhasil mendapatkan Program Hibah Bina Desa (PHBD), Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D), Racana Terinspiratif dua tahun berturut-turut, dan pernah memenangkan lomba Organisasi Kepemudaan Berprestasi (OKB) tingkat nasional. Prestasi kejuaraan ini membanggakan, tetapi bukan yang terpenting. Kesiapan generasi muda untuk berkiprah di masyarakat dan menjadi penggerak pembangunan menjadi hasil terpenting yang diharapkan dari proses pembinaan organisasi kepemudaan. Lahirnya pemuda-pemudi prestatif yang tangguh dan dapat diandalkan, menjadi kontribusi Racana Soedirman bagi negeri.



Penulis    : Alief

Foto          : dari berbagai sumber

Posting Komentar

0 Komentar