Fapet Unsoed mengadakan FGD Tingkat Kepuasan Pengguna Lulusan di Hotel Aston Purwokerto

Kafapet-Unsoed.com. Purwokerto. Selasa, 6 Desember 2022 Fapet unsoed mengadakan kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) Penelusuran Kepuasan Pengguna Lulusan bertempat di Hotel Aston, Purwokerto. 

Kualitas lulusan merupakan komponen penting dalam institusi, keberhasilan Fapet Unsoed dalam menghasilkan lulusan yang sesuai kebutuhan industri akan dapat meningkatkan kontribusi Fakultas Peternakan dalam pembangunan peternakan.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari 10 perusahaan yaitu PT Charoen Pokphand Indonesia, PT Tekad Mandiri Citra, PT Cimory, PT New Hope Indonesia, PT Cargill Indonesia, PT Multi Meditas Pratama, PT Parpon Chick Farm, PT AS Putra Perkasa Makmur, dan PT Peternakan Ayam Manggis. 

Acara FGD dibuka oleh ketua panitia Dr. Ir. Bambang Hartoyo, MP, IPU.  Bambang  mengucapkan terima kasih kepada perusahaan yang telah hadir dan sudah bersedia menjadi mitra serta menyerap banyak lulusan Fapet Unseod.

Dekan fakultas peternakan Prof. Dr. Triana Setyawardani, S.Pt. M.P. turut hadir dan memberikan sambutan sekaligus membuka acara FGD Penelusuran Kepuasan Pengguna Lulusan.

“Kepuasan pengguna lulusan perlu dilakukan secara rutin untuk mengetahui kualitas dan kesesuaian kurikulum untuk meluluskan lulusan yang hebat dan dibutuhkan oleh industry maupun masyarakat” papar Triana.

Acara dilanjutkan dengan acara inti yaitu FGD Penelusuran Kepuasan Pengguna Lulusan yang dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Mochamad Sugiarto, PhD. Dalam paparannya Sugiarto menyebutkan Fapet Unsoed berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri sehingga mampu memberikan kepuasan pengguna lulusan kepada mitra. Oleh karena itu diharapkan kepada perwakilan yang telah hadir dalam FGD ini untuk memberikan masukan-masukan dan saran terkait dengan profil lulusan yang dibutuhkan di dunia kerja.

Hasil FGD menggambarkan bahwa secara umum industry puas dengan kinerja lulusan Fapet Unseod. “Lulusan Fapet Unseod memiliki keunggulan yaitu memiliki sifat yang tangguh, tahan banting dan loyalitas yang tinggi.” Ujar Andi Magdalena Siadari, S.H. M.H. salah satu perwakilan dari Industri.

Walaupun lulusan Fapet Unsoed sudah memiliki keunggulan tersendiri namun berdasarkan penilaian perwakilan industri ada beberapa hal yang harus ditingkatkan oleh lulusan Fapet Unsoed, yaitu karakter percaya diri, inovatif, dan kepemimpinan, selain itu lulusan juga harus dibekali dengan kemampuan bahasa asing.  

Point-point yang sudah disampaikan oleh perwakilan indrustri merupakan Pekerjaan Rumah  untuk fapet unsoed yang harus diselesaikan.

Kedepannya hasil FGD akan dijadikan sebagai salah satu rujukan untuk evaluasi dan penyusunan kurikulum ke depan agar menghasilkan lulusan yang dibutuhkan sesuai dengan profil industri. Komitmen antara Fapet Unsoed dan Perusahaan/Industri sangat diapresiasi untuk terus menggunakan lulusan Unsoed dalam pengembangan perusahaan. 

Di akhir acara, dilakukan pemberian cindera mata oleh Dekan Fakultas Peternakan Unsoed kepada para pimpinan perusahaan yang hadir.


Penulis : Nola

Foto : Nola

Editor : Roni

Posting Komentar

0 Komentar