KIPRAH IKAFU UNSOED, HANGATKAN PIJAR API LAS DI BANYUMAS


Kafapet-unsoed.com. Daerah yang dikenal dengan sebutan Republik Ngapak ini, ialah satu-satunya Kabupaten yang memiliki dua bandara, terletak di Cilacap dan Purbalingga. Pertanda sebagai daerah yang sedang tumbuh kembang dalam tempo cepat._ 

Menapaki penghujung tahun ini, pada Minggu lalu, lebih dari 50 orang penggiat UMKM Bengkel Las berkumpul merayakan setahun berdirinya Sedulur Sinar Banyumas (SSB), yang tak lain besutan Komunitas Bengkel Las Indonesia (KBLI) Korwil Jateng Banyumas.


Puluhan pemilik bengkel las dan juru las dari berbagai kota terdekat, Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap dan Kebumen hadir bersilaturahmi dalam suasana akrab di bengkel las Samudera Baja.

"Selain itu juga hadir rombongan saudara kita dari Paguyuban Bengkel Las Bogor (PBLB) dan Komunitas Bengkel Las Sragen (KLS) menambah erat silaturahmi sesama bengkel las" ujar H.Tukiman pemilik bengkel di daerah Patikraja itu. 

Dalam kesempatan istimewa ini hadir Dr. Barid Haryanto, Akademisi dan merupakan ketua PP IKAFU UNSOED sekaligus Praktisi Pengembangan UMKM Banyumas. 


Ditegaskan Barid, bahwa bisnis harus memanfaatkan teknologi sambil tetap bersandar pada kearifan budaya lokal dan pentingnya solidaritas, karena bisnis harus memiliki dampak sosial. "Kami siap membantu SSB dalam hal legalisasi perkumpulan, agar kelak bisa ikut tender proyek, lalu mendapatkan pembinaan serta bantuan langsung dari Pemda," tegasnya disambut tepuk tangan hadirin.


Acara makin meriah, dari KBLI Pusat Jakarta, Sekjen Nirwan Lesmana 
membawa beberapa mitra pendukung peralatan tehnik las, dalam mini bazaar untuk mendemokan produk terkini sekaligus membagikan souvenir dan sample produk. "Kami akan terus mensupport kegiatan UMKM Bengkel Las di seluruh Indonesia," ujarnya optimis diamini oleh para mitra pendukungnya.

Tak bisa dipungkiri, peran bengkel las dan juru las tak bisa dipandang remeh dalam pembangunan infrastruktur di tanah air.

Besi jadi bukti, api jadi saksi, bahwa Seniman Besi dan Api turut membangun NKRI.

 

Penulis    : Nirwan Lesmana (IKAFU Unsoed Jakarta)
Foto          : Barid

Posting Komentar

0 Komentar