Meningkatkan Asupan Gizi Solusi Penanganan Kasus Stunting Pada Anak


Kafapet-unsoed.com. Stunting masih menjadi permasalahan serius bagi masyarakat. Berdasarkan survei studi status gizi indonesia (SSGI) pada 2021, pravelensi stunting di Lampung mencapai 18,5 persen. 

Meski mengalami penurunan yang cukup signifikan dibanding 2019 yang hingga 26,26 persen, persoalan tersebut masih harus menjadi perhatian khusus terutama dalam mencegah dan menanganinya. 


Ketua Insinyur dan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) Lampung, Aris Susanto, S.Pt., dan Kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan provinsi Lampung, Ir. Lili mawarti, M.Si Alumni Unsoed 1986 menjelaskan stunting merupakan persoalan seluruh pihak yang penanganannya harus dikerjakan dengan berbagai pihak & juga menggunakan konsumsi protein hewani asal ternak seperti telur, daging, & susu.

"Penanganannya harus melibatkan seluruh unsur masyarakat bukan hanya pemerintahan saja dengan cara kita bersosialisasi dengan ibu-ibu PKK dan pengurus dari posyandu," kata Zaid Al Khoir S.Pt alumni Unsoed 2011, saat seminar dan kampanye gizi di Gedung Serba Guna Politeknik Negeri Lampung, Sabtu, 17 Desember 2022.


Ibu Ir. Tri Melasari, S.Pt M.SI IPM Direktur penggolahan dan pemasaran hasil peternakan dirjen PKH KEMENTAN RI. Mengatakan Lampung masih mengejar target pravelensi stunting hingga di bawah 14 persen. Untuk mencapainya, ISPI turut menekan dengan mengkampanyekan pentingnya pemenuhan gizi pada anak. 

Bapak Ir. Agus Wahyudi ketuan PINTAR Lampung mengatakan dengan mengkonsumsi daging telur dan susu dapat meningkatkan pertumbuhan badan anak agar tidak terkena stunting dengan kandungan protein yang cukup tinggi dibandingkan dengan ikan. 


Hal itu terus diedukasikan kepada masyarakat agar bisa menghasilkan gizi secara mandiri. "Masyarakat harus memahami bahayanya stunting," ujarnya.

Ketua TP PKK Lampung, Riana Sari, mengatakan stunting menjadi masalah yang mendapatkan perhatian serius dari pemerintah karena dialami anak-anak.

"Kondisi stunting itu mengganggu tumbuh kembang anak. Sehingga untuk mengatasinya dibutuhkan kerja sama semua pihak," 




Penulis   : Zaid Al Khoir S.Pt Alumni Unsoed 2011

Foto        : Zaid

Editor    : Fajar

Posting Komentar

0 Komentar