REKTOR UNSOED PROF AKHMAD SODIQ, KUNJUNGAN KERJA KE LAMPUNG


Kafapet-unsoed.com. Kampus Merdeka (KM) merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar (MB) oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. Tuntutan masyarakat terkait kualitas pendidikan tinggi semakin meningkat. Oleh karena itu semakin memaksimalkan peluang MBKM untuk menjalin pertemuan dengan pelaku agroindustri di Lampung, ungkap Humas Dies Natalis ke-56 Fakultas Peternakan Unsoed Ir.Alief Einstein,M.Hum.

Berkenaan dengan tuntutan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang wajib menghubungkan kurikulum belajar contohnya pada perkembangan agroindustri terkini serta dalam rangka mewujudkan kerja sama antara Perguruan Tinggi dan Mita Strategis Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir.Akhmad Sodiq, M.Sc.Agr. dan Wakil Rektor Unsoed Kunjungan Kerja di Lampung pada hari Jum'at 02 Desember 2022, demikian pemaparan Humas Dies Natalis ke-56 Fakultas Peternakan Unsoed Unsoed Ir.Alief Einstein,M.Hum. pada hari ini Minggu 04 Desember 2022 dari hasil bincang-bincang dengan 2 (dua) alumni Unsoed yakni alumni Fakultas Peternakan Unsoed angkatan 2011 Zaid Al Khoir,SPt. dan Ir.Supriyono Loekito,MTA. (Alumni Fakultas Pertanian Unsoed angkatan 1981).


Zaid Al Khoir,SPt. (PT.Japfa Comfeed Indonesia Poultry Breeding Division Bagian Marketing DOC Wilayah Lampung) mengatakan bahwa kunjungan kerja Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir.Akhmad Sodiq, M.Sc.Agr. di Lampung, disambut alumni Unsoed dari berbagai fakultas yang ada di Lampung. Selain alumni dari Fakultas Peternakan Unsoed, di antaranya Ir.Lili Mawarti,M.Si. selaku Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, Soegiri,SPt.,MSi. (Ketua Keluarga Alumni Unsoed Lampung), dan Arsyad Isya. Juga alumni dari Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Biologi, serta FISIP Unsoed. Kedatangan Rektor Unsoed ke Lampung mengunjungi perusahaan-perusahaan yang ada di Lampung, di bidang Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan.


Selanjutnya Ir.Supriyono Loekito,MTA. (Associate Director Fresh Pine and Other Fresh Fruit, PT.Great Giant Pineapple) menjelaskan bahwa Kunjungan Kerja Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir.Akhmad Sodiq, M.Sc.Agr. ke Lampung, pertama ke PT.Great Giant Pineapple (GGP), Lampung yaitu salah satu penghasil nanas olahan terbesar di dunia. Kedua ke PT. Great Giant Livestock (GGL) yakni salah satu feedlot terbesar di Indonesia yang menggunakan kulit nanas limbah pabrik sebagai sumber serat komponen pakan sapi. Ketiga meninjau Dairy Farm PT. GGL, yang merupakan Dairy Farm di Low Land (dataran rendah 46 m di atas permukaan laut) pertama di Indonesia. Kunjungan keempat di dilanjutkan ke feedlot PT.KASA (Karunia Alam Sentosa Abadi) yang memanfaatkan sumber pakan serat dari tebon jagung (jagung di panen muda dan selanjutnya daun beserta jagungnya dicacah) hasil kemitraan dengan petani jagung sekitar. Sedangkan Follow up dari MoU kaitannya dengan kampus merdeka, magang, praktek mahasiswa, dan kerjasama penelitian dengan PT. GGP masih terus berlanjut hingga berarkhir masa berlaku MoU pada tahun 2024 dan inipun bisa diperpanjang.



Penulis    : Zaid dan Ir.Alief Einstein,M.Hum

Foto       : Zaid dan Ir.Alief Einstein,M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar