Rektor, Dekan, Dosen dan Alumni Fapet Unsoed Mendapatkan Gelar Insinyur Profesional


Yogyakarta, Kafapet-unsoed.com. Universitas Gadjah Mada (UGM) melantik 70 Insinyur Profesional, di antaranya Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir.Akhmad Sodiq,MSc.agr.,IPU., Dekan Fakultas Peternakan Unsoed Prof.Dr.Ir.Triana Setyawardani,SPt.,MP.,IPU. dan 8 Dosen Fakultas Peternakan Unsoed Prof.Ir.Dadang Mulyadi Saleh,MS., M.Agr.Sc.,PhD.,IPU., Prof.Dr.Ir.Dattadewi Purwantini,MS.,IPU., Prof.Dr.Ir.Caribu Hadi Prayitno,MP.,IPU., Ir.Mochamad Sugiarto,S.Pt.,MM., PhD.,IPU., Dr.sc.agr.Ir.Muhamad Bata,MS.,IPU., Dr.Ir.Rosidi,MP.,IPU., Dr.Ir.Efka Aris Rimbawanto,MP.,IPU., Ir.Imam Suswoyo,M.Agr.Sc., IPM., juga 4 alumni Fakultas Peternakan Unsoed Ir.A.Bagus Pekik Handayani,SPt.,IPU.,Ir. Tati Vidiana Sari,SPt.,MP.,IPM.,Ir.Peni Patriani,SPt.,MP.,IPM.,Ir. Nurtania Sudarmi,SPt.,MP.,IPM. serta 56 Insinyur Peternakan lainnya dilantik sebagai Profesi Insinyur yang diselenggarakan pada Program Studi Program Profesi Insinyur Peternakan UGM. Pelantikan dilakukan pada hari Selasa (10 Januari 2023) di Grha Saba Pramana, Kampus UGM, Bulaksumur, Yogyakarta, demikian pemaparan Humas Dies Natalis ke-56 Fapet Unsoed Ir.H.Alief Einstein,M.Hum.

Insinyur adalah seseorang yang mempunyai gelar profesi di bidang keinsinyuran, termasuk insinyur peternakan yang telah memiliki Badan Keinsinyuran Teknik Peternakan di bawah payung Persatuan Insinyur Indonesia (PII). Program Profesi Insinyur merupakan tuntutan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran dan Peraturan Pemerintah No.25 Tahun 2019.

Einstein mengungkapkan, segenap Civitas Akademika Fakultas Peternakan Unsoed menyampaikan ucapan selamat kepada Insinyur yang baru dilantik tersebut, baik sebagai Insinyur Profesional Madya *(IPM)* maupun sebagai Insinyur Profesional Utama *(IPU)*. Mereka berharap insinyur baru tersebut tambah profesionsal, maju, dan mendunia.

Seperti diketahui, Prodi Insinyur Fakultas Peternakan (Fapet) UGM telah memperoleh akreditasi dari BAN PT dan membentuk Badan Kejuruan Peternakan sehingga menjadi bagian dari keluarga besar Persatuan Insinyur Indonesia (PII). Melalui Program Insinyur Fakultas Peternakan UGM, peserta mendapatkan four in one, yaitu memperoleh gelar insinyur, sertifikat insinyur profesional, Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI), dan Kartu Kagama.

Program Profesi Insinyur Peternakan menyelenggarakan 2 jalur pendidikan, yaitu Program Rekognisi Pengalaman Lampau (RPL) dan Jalur Reguler. Program Reguler ditujukan untuk lulusan sarjana peternakan berpengalaman minimal 2 tahun dalam praktik keinsinyuran. Pada jalur reguler tidak lagi diajarkan teori-teori dasar, namun lebih pada manajemen industri peternakan. Sementara itu Jalur RPL ditujukan untuk lulusan peternakan dengan pengalaman dalam praktik keinsinyuran minimal 5 tahun. Peserta Jalur RPL ini tidak lagi mengikuti perkuliahan namun wajib membuat portofolio yang disahkan oleh UGM.



Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto           : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar