Temu Alumni Unsoed : Bersama Alumni Bergerak, Maju, Mendunia


Purwokerto, Kafapet-unsoed.com. Salah satu cara mempertemukan teman di masa lalu yang terpisah di antaranya dengan temu alumni yang dapat menjalin tali silaturahmi yang sudah lama tidak terdengar kabar beritanya. Kita dapat kembali merasakan masa kuliah yang penuh kebersamaan dan kebahagiaan bersama teman-teman serta merekatkan persahabatan dengan teman-teman yang sulit dilakukan kalau bukan dalam temu alumni. Selanjutnya dengan temu alumni, selain kita akan mendapatkan informasi yang banyak dari teman-teman kita, juga akan membuka peluang usaha dan mendatangkan rezeki, ungkap Koordinator Sistem Informasi Unsoed Ir.Alief Einstein,M.Hum. dari hasil bincang-bincang dengan I Wayan Budiana,S.Kom. sebagai salah satu Tim Temu Alumni Unsoed.


Apa saja acara yang mempertemukan alumni, berikut penjelasan I Wayan Budiana, S.Kom.: Temu Alumni Unsoed tahun 2023 bertempat di Hotel Grand  Mercure Sabang, Jakarta pada hari Sabtu 07 Januari 2023 yang dihadiri oleh Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir.Akhmad Sodiq, M.Sc.Agr. beserta Wakil Rektor (WR) Bidang Akademik Dr.Ir.Noor Farid,MSi., WR Bidang Umum dan Keuangan Dr.Kuat Puji Prayitno,SH.,M.Hum., WR Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr.Norman Arie Prayogo,SPi.,MSi., WR Bidang Perencanaan Kerjasama dan Humas Dr.Sos.Waluyo Handoko,SIP.,MSc., Ketua Umum Keluarga Alumni Unsoed Astera Primanto Bhakti, Ketua Alumni Fakultas, dan sejumlah Alumni Unsoed.

Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir.Akhmad Sodiq, M.Sc.Agr.

Temu Alumni dihadiri kurang lebih 40 Orang alumni dengan suasana keakraban dan penuh kegembiraan. Pada Kesempatan ini Rektor Unsoed Prof. Sodiq menyampaikan  sambutan di antaranya Unsoed per hari ini, usianya 59 tahun, dulu 3 program studi, sekarang sudah 86 program studi, 12 fakultas dan alumni sekitar 150 ribu, dengan kekuatan utama visi misi pedesaan, selaras dengan core Indonesia yang sebagian besar pedesaan. Seperti kita ketahui bahwa angka partisipasi dunia pendidikan masih kecil, sehingga menjadi tugas kita bersama untuk meningkatkan partisipasi dunia pendidikan. Kemudian adanya Academic Partnership Program, memungkinkan kerjasama dengan Unsoed. Berkat usaha bersama, Unsoed mendapatkan berbagai penghargaan dari Kementerian di akhir tahun 2022.

Kemdikbudristek mendorong transformasi perguruan tinggi melalui 8 indikator kinerja utama (IKU), yang kami butuhkan dari alumni, antara lain : mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus untuk pengembangan softskill. Praktisi alumni mengajar di kampus.

Astera Primanto BhaktI (Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI dan Ketua Umum Keluarga Alumni Unsoed/KAUnsoed).

Ketua Umum Keluarga Alumni Unsoed Astera Primanto Bhakti dalam paparannya menyampaikan, alumni yang datang mewakili beberapa konstituen penting. Adanya Visi Indonesia 2045: Berdaulat, Maju, Adil, dan Makmur, untuk itu pentingnya menyatukan Visi: Program dan Rencana Unsoed yang menyesuaikan dengan Visi Misi nya, yaitu pembangunan pedesaan.

Astera yang juga Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan mengatakan bahwa high level manajemen penting untuk menentukan arah Unsoed akan kemana, dan menjadi regulasi, jangan sampai masing-masing fakultas memiliki arah / tujuan tersendiri-sendiri. Potensi dan tantangan: pembangunan sampai 2050, sesuai dengan sumberdaya manusia.

Menurut Astera ada indikasi keterkaitan pendidikan dan kekuatan ekonomi suatu negara. Negara berpendidikan tinggi, lebih mudah melakukan adaptasi dibandingkan dengan negara berpendidikan rendah.

Anggaran pemerintah untuk pendidikan besar, termasuk salah satunya Merdeka Belajar, Kampus Merdeka, MSIB, Wirausaha Merdeka, IISMA.

Astera mengatakan strategi peningkatan kualitas lulusan dan mahasiswa Unsoed, perlu disiapkan dalam jangka waktu tertentu, jauh-jauh hari sebelum mahasiswa lulus, antara lain dukungan untuk persiapan memasuki dunia kerja, dukungan pembiayaan KUR dan UM untuk penguatan UMKM, dukungan pembiayaan studi dan riset melalui beasiswa LPDP.

Unsoed dan Alumni harus bersinergi untuk meningkatkan kualitas lulusan. Juga penyiapan untuk mahasiswa yang akan wisuda, sebaiknya disiapkan lebih dini, karena long life education lebih penting dibandingkan persiapan sesaat menjelang lulus saja, jelas Astera.

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr.Norman Arie Prayogo menyampaikan  beberapa hal yaitu :

Rencana dan strategi pengembangan kemahasiswaan dan alumni. Unsoed mendapatkan dana berbasis kontrak IKU dengan Kemdikbudristek.

Dr. Norman berharap alumni dapat membantu Unsoed dalam hal  menyerap alumni di dunia kerja setelah lulus, menyediakan tempat untuk mendapatkan pengalaman di luar kampus, memfasilitasi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi lanjut.

Acara dilanjutkan diskusi dengan alumni dan beberapa hal yang dibahas antara lain : Unsoed dengan lulusannya fokus untuk mengembangkan atau memiliki keahlian tertentu. Pusat Pengendalian untuk masing-masing unit, sehingga pencapaian dan target universitas mudah tercapai. Butuh peran praktisi untuk ikut berperan dalam penyiapan lulusan. Unsoed perlu ruang atau ruang untuk mendefinisikan dirinya, misalnya menjadi poros baru kekuatan ekonomi Jateng Selatan. Jateng bagian selatan masih banyak yang perlu digarap, baik agro, maritim maupun pariwisata. Connectivity, pariwisata jateng selatan masih kurang konektivitas, misalnya commuter line antara Yogyakarta ke Purwokerto.

Alumni mengintensifkan pendampingan fresh graduate untuk persiapan mendapatkan pekerjaan.

Unsoed memerlukan Public Relation tingkat Nasional. Perlu branding sampai tingkat nasional, sebelum mendunia.

Fokus pedesaan, maka cari desa paling miskin, kasih program sampai sukses, untuk sebagai percontohan suksesnya Unsoed.

Ada evaluasi hasil temu alumni

Jangan sampai market Banyumas dan sekitarnya malah diambil pihak lain.

Penguatan melalui media sosial alumni Unsoed untuk tujuan mendunia.

Tanggapan Rektor pada akhir diskusi di antaranya SDM dari kementerian terbatas, selanjutnya tenaga kontrak akan menjadi P3K. Transisi ke PTNBH berjalan lancar. Daya juang mahasiswa, bagaimana cara meningkatkan, mohon masukan dari alumni. Unsoed memiliki banyak lahan, semoga dapat memfasilitasi untuk program-program Unsoed-Alumni.

Dalam acara ini KAFAPET turut aktif mengirimkan delgasinya yakni, Teguh Sudaryatno, Eka Budi Sulistyo dan Farid Dimyati yang merupakan jajaran pengurus PP KAFAPET UNSOED.


Penulis      : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto            : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar