Kelas Inspirasi Kebangsaan : Pengabdian Internasional Unsoed di Malaysia

Bertempat di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, Senin (20/02) telah dilaksanakan pembicaraan kerjasama antara Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dengan KBRI, ujar Ir.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com berhasil mewawancarai Ketua Jurusan Hubungan Internasional FISIP Unsoed Dr. Agus Haryanto.

Tim Kerjasama Luar Negeri Unsoed yang terdiri dari Agus Haryanto (International Relation Officer Unsoed), Ahmad Sabiq (Dosen Jurusan Ilmu Politik FISIP Unsoed), Tunjung Linggarwati (Dosen Jurusan Hubungan Internasional FISIP Unsoed) dan Siti Kunarti (Ketua Bagian Hukum Administrasi Negara Fakultas Hukum Unsoed) diterima langsung oleh Duta Besar RI untuk Malaysia, Hermono yang didampingi oleh Rossy Verona (Deputy Chief of Mission) dan Muhammad Firdaus (Atase Pendidikan dan Kebudayaan), ungkap Wakil Ketua Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia Dr. Agus Haryanto.

Dr. Agus Haryanto (Dosen ahli Politik Luar Negeri Indonesia dari FISIP Unsoed) mengatakan bahwa KBRI menyambut baik program pendidikan dan pengabdian masyarakat yang dicanangkan oleh Unsoed dalam bentuk KKN Internasional yang ditujukan untuk pemberdayaan Warga Negara Indonesia yang berada di Malaysia, melalui peningkatan kualitas pendidikan putra-putri para pekerja migran. 

“Pendidikan adalah hak bagi setiap anak. Tak boleh ada satupun anak bangsa yang tertinggal.” Duta Besar Hermono menegaskan saat menyambut tim Unsoed, kata Dr.Agus Haryanto.

Dalam kesempatan tersebut, menurut Dr.Agus Haryanto selain mendetilkan teknis kerjasama yang sebelumnya telah dibahas melalui Zoom Meeting, Tim Unsoed sekaligus menyelenggarakan Kelas Inspirasi Kebangsaan. 

Selanjutnya Dr. Agus Haryanto menjelaskan bahwa program yang telah dimulai Unsoed bagi siswa Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) Sabah sebulan lalu dengan mengirimkan Ahmad Sabiq sebagai fasilitator pendidikan pemilih pemula, dilanjutkan di Semenanjung bagi siswa Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL).

Selama setengah hari siswa SIKL berpartisipasi dalam pembelajaran dengan fasilitator para pengajar dari Unsoed. Siti Kunarti dan Tunjung Linggarwati menjadi fasilitator untuk materi wawasan kebangsaan, kebhinekaan dan toleransi, Ahmad Sabiq menjadi fasilitator materi pemilu dan demokrasi dan Agus Haryanto sebagai fasilitator yang mengenalkan para siswa dengan dunia perguruan tinggi, kata Dr. Agus Haryanto.

Dr. Agus Haryanto menambahkan bahwa para siswa tampak antusias mengikuti program ini. Mereka menjadi lebih memahami peran yang bisa dilakukan sebagai warga negara dan lebih siap dalam memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi untuk meraih masa depan mereka.

Penulis : Ir. Alief Einstein, M.Hum 

Foto : Ir. Alief Einstein, M.Hum 

Posting Komentar

0 Komentar