Shinta Nuriyah Wahid, Gelar Sahur dan Bukber Keliling


Kafapet-unsoed.com. Istri mendiang Presiden keempat, KH.Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah Wahid hari Selasa 28 Maret 2023 tiba di Purwokerto. Kemudian rombongan menuju Pascalis Hall, Purwokerto untuk buka puasa bersama dan ramah tamah dengan tokoh masyarakat, tokoh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Banyumas, Gusdurian Banyumas, anak-anak penyandang disabilitas ganda, kaum duafa, perwakilan Forkompimda Banyumas, dan lainnya, ujar Nurlaela Diryat,M.Ag. (Dosen Pendidikan Agama Islam di Unsoed di antaranya di Fakultas Peternakan, Teknik, dan Kedokteran) kepada Ir.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com yang juga hadir saat buka puasa tersebut.

Ibu Shinta Nuriyah dan Alief Einstein saat buka puasa bersama di Pascalis Hall, Purwokerto

Lela (sapaan akrab Nurlaela Diryat,M.Ag.) mendampingi Ibu Shinta Kampanye Pemberdayaan dan Perdamaian bersama Yayasan Puan Amal Hayati yakni Yayasan Ibu Shinta sejak 2002. Yayasan Puan di bidang Pemberdayaan, Perlindungan Perempuan dan Pesan-Pesan Damai.

Pukul 13.30 WIB Rabu 29 Maret 2023 Rombongan Ibu Shinta Nuriyah Wahid bertolak menuju makam Syekh Mahdum Wali Perkasa di Desa Pekiringan, Kecamatan Kerangmoncol, Purbalingga dan dilanjutkan buka puasa bersama dengan dialog kebangsaan bersama tokoh masyarakat, tokoh agama, lintas komunitas antar umat beragama di Kabupaten Purbalingga, kata Lela.

“Setelah acara tersebut, rombongan kembali ke Purwokerto, dan paginya melaksanakan sahur bersama di Masjid Nusrat JAI di Jalan Kolonel Sugiri no. 36 Kelurahan Kranji, Kecamatan Purwokerto Timur,” jelas Lela.

Selanjutnya menurut Lela pada hari Kamis 30 Maret 2023 acara buka bersama Ibu Shinta di Waduk Sempor yang sambut dengan tarian Gambyong dari sangar tari, Gending Sholawat, dan Barongsai serta Paduan Suara gabungan dari Fatayat NU dan Jamaat Gereja Katolik Gombong. Acara ditutup dengan potong tumpeng Ulang Tahun Ibu Shinta yang ke-75 . Diiringi musik tembang "Selamat Ulang Tahun".


Ira Sulistiya (Staf Ibu Shinta) mengatakan berikut keterangan selengkapnya dari Yayasan Puan Amal Hayati bahwa Program Sahur dan Buka Keliling Ibu Shinta Nuriyah Wahid adalah program rutin yang dilaksanakan setiap bulan Ramadhan dan telah terlaksana selama 23 tahun yaitu sejak Ibu Shinra masih mendampingi Presiden Gus Dur di Istana Negara. Program ini dimaksudkan selain untuk menyapa masyarakat luas tanpa sekat, juga untuk menebar kasih sayang dan semangat kerukunan dan persatuan bangsa.

Dengan jumlah rombongan Ibu Shinta sekitar 25 orang yang terdiri dari para Staf dan Paspampres. Program dimulai dari Kota Bandung Jawa Barat, kemudian menyusuri Pulau Jawa ke arah timur. Adapun seluruh rangkaian program akan dilaksanakan di 27 titik lokasi yang tersebar di Jabodetabek, Jabar, Jateng, Yogyakarta, dan Jatim. Seluruh rangkaian acara program tersebut dilaksanakan dalam 25 hari di bulan Ramadhan dan akan betakhir pada tanggal 20 April 2023 (H-3 Lebaran). Setelah acara di kota Malang dan Surabaya, rombongan akan kembali ke Jakarta dengan singgah di Jogja dan Solo untuk acara Buka Bersama, ungkap Ira Sulistiya.

Rangkaian acara Sahur dan Buka Keliling 2023 akan diakhiri dengan beberapa acara Buka Bersama di Jabodetabek, kata Ira Sulistiya.

Ira Sulistiya menambahkan bahwa Panitia Daerah dari Sahur dan Buka Keliling ini terdiri dari berbagai entitas bangsa. Lintas suku, etnis, ras, dan agama. Semua entitas dengan semangat dan suka cita ikut bergembira dan berupaya menyukseskan program mulia tersebut.




Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto           : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar