IDI Cabang Banyumas - Purbalingga dan Perdoski Komisariat Banyumas Menggelar Diseminasi Ipteks dan Pemeriksaan Kesehatan Petani


Anggota Tim Penerapan Ipteks Dokter Tani Dr.Dyah Susanti,SP.,MP. menjelaskan bahwa selaras dengan upaya peningkatan kesehatan petani dan penguasaan teknologi budidaya sehat, Tim Pelaksana Pengabdian kepada masyarakat Program Penerapan Ipteks LPPM Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Dokter Tani bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Banyumas, IDI Cabang Purbalingga dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Perdoski) Komisariat Banyumas menggelar kegiatan Diseminasi Ipteks dan Pemeriksaan Kesehatan Petani bagi Pengurus dan Anggota Gapoktan Ngudi Makmur Desa Muntang pada hari Kamis, 18 Mei 2023 pukul 08.00 sampai dengan 11.30 WIB. Bertempat di Balai Desa Muntang Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga, rangkaian kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat serta Hari Bakti Dokter Indonesia Tahun 2023.


Dr.Dyah Susanti,SP., MP. mengatakan bahwa diseminasi Ipteks dan pemeriksaan kesehatan dalam rangka Penerapan Ipteks Dokter Tani yang diketuai oleh dr.M.Zaenuri Syamsu Hidayat,Sp.,KF.,M.Si.,Med., dan beranggotakan dr.Ismiralda Oke Putranti,Sp.KK., dan Dr.Dyah Susanti,SP.,MP. ini dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purbalingga, serta dihadiri Ketua IDI Cabang Banyumas, Ketua IDI Cabang Purbalingga dan Pengurus Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (PERDOSKI), Kepala Desa Muntang juga dihadiri Pengurus dan Anggota Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tani Makmur Desa Muntang, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga. Dari akademisi yang hadir sebagai narasumber dan tim pendukung di antaranya Prof.Ir.Totok Agung Dwi Haryanto,MP.,PhD., Dr.dr.Thianti Sylviningrum,Sp.KK,M.Pd.Ked., M.Sc., dr.Schandra Purnamawati,Sp.Dv., dr. Lily Kusumasita Burkon, M.KK., dan Ir.Alief Einstein,M.Hum.


Dr.Dyah Susanti,SP., MP. menambahkan bahwa Ketua Tim Penerapan Ipteks Dokter Tani, dr.M.Zaenuri Syamsu Hidayat,Sp.,KF..MSi.,Med. menyampaikan "petani merupakan tulang punggung ketersediaan pangan bagi masyarakat, sehingga kesehatan petani merupakan hal yang penting mendapatkan perhatian. Gerakan Dokter Tani berkomitmen mendukung segala upaya untuk mewujudkan petani sehat, tanah sehat untuk mendukung hasil pertanian yang melimpah dan berkah."


Prof.Ir.Totok Agung Dwi Haryanto,MP.,PhD., memperkenalkan varietas unggul padi protein tinggi Inpago Unsoed Protani dan Inpari Unsoed P20Tangguh pada paparannya dalam diseminasi ipteks. Pengenalan berbagai jenis penyakit kulit dan pencegahannya dengan pemakaian tabir surya dikenalkan dr.Ismiralda Oke Putranti, Sp.KK. dilanjutkan dengan pemaparan tentang budidaya pertanian secara sehat dan berkelanjutan oleh Muh.Munawar,SP.,MP., kata Dr.Dyah Susanti,SP., MP.

Moh.Arif Budiarto,SPt. selaku Kepala Desa Muntang merasa sangat terbantu dengan adanya acara Gerakan Dokter Tani di Desa Muntang, karena dalam acara tersebut juga diadakan Pengobatan Kulit Gratis kepada para petani Desa Muntang. Semoga kedepan sinergitas kegiatan ini terus berlanjut, sehingga petani Desa Muntang bisa lebih meningkat pengetahuannya, lebih sehat, dan bisa lebih sejahtera serta tercapai visi Desa Muntang yang "Berkarakter, Maju dan Berkah",ungkap alumni Fakultas Peternakan Unsoed angkatan 1998 Moh Arif Budiarto, S.Pt. kepada Humas Pengurus Pusat Keluarga Alumni Unsoed (KAUnsoed) Ir.Alief Einstein,M.Hum.


Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto           : Ir Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar