FK Unsoed Borong 3 Juara Regional Medical Olympiad


Purwokerto, Kafapet-unsoed.com. Tim Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Unsoed Borong 3 Juara Regional Medical Olympiad (RMO). RMO adalah salah satu ajang Olimpiade bertaraf nasional yang di adakan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) dan RMO merupakan bagian dari ajang Olimpiade medis yang bergengsi, ungkap Ir.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com usai pemaparan peserta RMO dari FK Unsoed Hamzah Maulana pada hari ini Senin 04 September 2023.

Hamzah yang sehari-harinya di Pondok Pesantren Cendekia, Purwokerto memaparkan bahwa untuk persiapan diri dengan baik dalam menghadapi tantangan dan juga mendapatkan pengalaman tak terlupakan di RMO tahun 2023 ini dimulai pada seleksi di awal tahun untuk bisa menjadi delegasi Fakultas Kedokteran Unsoed di tiap bidang. Setelah terpilih 6 tim peserta dari masing-masing bidang yakni Cardiorespiratory: Hamzah Maulana dan Andika Eka Nugroho. Genitourinary: Diva Azka  F dan Shafira Audy P. Musculoskeletal: Wulan Astari W dan M. Riski Fatah. Infectious Disease: Ikhda Maryama Yufi dan Rahma Nurul Aulia. Digestive: Alya Pristika dan Faiq Alaika. Serta Neuropsychiatry: Iqbal Rakha dan Nurul Robiah A, kemudian dilanjutkan dengan belajar mandiri dan dibantu dengan adanya bimbingan dari dosen-dosen FK Unsoed terkait bidang lomba masing-masing. Khusus untuk pendamping ke tempat lomba ada 2 dosen untuk 6 tim itu yakni dr.Hajid Rahmadianto Mardihusodo,M.Sc., Sp.U. dan dr.Teguh Iman Prakoso,M.Biomed,SpB.


Tahap penyisihan dilakukan pada hari Selasa 1 Agustus 2023. sedangkan semifinal dan final dilakukan pada hari Jum’at dan Sabtu tanggal 11 dan 12 Agustus 2023. RMO termasuk lomba nasional yang melibatkan 17 Fakulras Kedokteran di wilayah 3 Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia/ISMKI  (Jawa Tengah, Yogyakarta, dan sebagian Kalimantan).

Kegiatan Regional Medical Olympiad (RMO) 2023 di gelar oleh ISMKI wilayah 3 dengan pelaksana Universitas Sebelas Maret (UNS). Terdapat 6 bidang yang memperebutkan masing-masing 3 juara dan terdapat juara umum. Hadiah bagi 3 juara di tiap bidang berupa medali, uang tunai, sertifikat, dan plakat. Sedangkan untuk juara umum mendapatkan piala bergilir. Setiap tim peserta menunjukkan kemampuan terbaik dalam cabang lomba yang diminati.

Para peserta RMO berkompetisi secara berjenjang melalui 3 babak yakni babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final. Babak penyisihan terdiri atas ujian Multiple Choice Questions. Pada babak semifinal terdiri atas OSPE (Ujian Laboratorium) dan SOCA (Ujian Lisan). Babak Final terdiri dari OSCE (Ujian Prakrek) dan LCT (Lomba Cepat Tepat). Tim dengan perolehan nilai tertinggi akan keluar menjadi pemenang.

Hamzah mengungkapkan rasa syukur dan bahagia atas prestasi yang dicapai Tim Mahasiswa FK Unsoed yakni Alya Pristika dan Faiq Alaika menjadi juara 1 Tim Bidang Digestive, Diva Azka F dan Shafira Audi P menjadi juara 2 Tim Bidang Genitourinary, serta dari Tim Bidang  Cardiorespiratory yaitu Hamzah Maulana dan Andika Eka Nugroho meraih juara 3.


Terima kasih banyak kepada semua pihak yang sudah membantu dan mendukung dalam mengikuti lomba RMO ini, kata Hamzah

Hamzah berharap kedepannya semoga bisa mempersiapkan lebih lagi terkait tiap babak atau fase lomba yang ada terutama untuk babak final. Dan perlu banyak belajar serta berlatih simulasi ujian lombanya untuk menguji pengetahuan dan keterampilan mereka dalam bidang-bidang tersebut.




Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto           : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar