Strategi Marketing dengan Cara Memperkuat Jejaring

 


Kafapet-Unsoed.com. Jakarta. Salah satu kekuatan seseorang yang bergerak di bidang pemasaran (marketing), membangun jejaring kerja suatu keharusan.  Makin kuat dan luas jejaring kerja, maka semakin terbuka lebar pasar (market) dihadapannya.

Dalam kontek ini,yang dimaksud jejaring kerja yaitu jejaring kerja (Network marketing) dalam upaya memasarkan suatu produk. Jadi ada target konsumen danada  nilai tambah yang bisa didapakan oleh konsumen akhir maupun reseller.

Secara garis besar, jejaring kerja dibagi menjadi 2 bagian, yaitu jejaring kerja  internal dan jejaring kerja ekternal.

A.   JEJARING KERJA INTERN

Salah satu tugas pemasaran (Marketer) yaitu membangun TEAMWORK Intern yang kompak. Sebuah teamwork yang kompak membutuhkan hubungan, interaksi, dan eksekusi kerja yang baik.

Kuntungan membangun Teamwork Intern yang kompak, yaitu ;

1.    HASIL KERJA akan menghasilkan tingkat efektifitas yang tinggi (Highly Effectivity)

2.    KOMPLIK antar pribadi bisa diminimalisir, semua anggota akan fokus pada tujuan.

3.    MOTIVASI tinggi, komitmen kepada tujuan yang telah disepakati Bersama

4.    RASA MEMILIKI (Sense of belonging) yang tinggi untuk setiap anggota Tim

Teamwork yang kompak, setiap anggota tim harus memiliki  beberapa komitmen, yaitu;

·         JIWA YANG KUAT (STRONG PERSONALITY)

·         MEMILIKI KEAHLIAN (POSSED SKILLS)

·         KOMITMEN TINGGI (HIGHLY COMMITMENT)

·         BISA BERKERJASAMA (SUPPORT AND COLLABORATE FREELY)


MEMBANGUN JEJARING EKTERN

Melakukan jejaring kerja dengan pihak lain (Mitra atau Pelanggan) hendaknya dibangun atas dasar kesamaan visi dan misi dan satu tujuan. Kesamaan dalam visi dan misi menjadi motivasi dan perekat pola kemitraan. Dua atau lebih pihak dapat bersinergi untuk mencapai tujuan yang sama.

Ada sedikitnya 4 (empat) langkah untuk  membuat jejaring dengan Mitra (Pelanggan), yaitu :

KNOW, Proses pengenalan, pertemuan langsung menjadi hal yang paling penting untuk dilakukan. Pertemuan secara online dapat merupakan awal dari perkenalan, namun tidak cukup untuk menguatkan jejaring, pastiakn mengetahu “Apa yang diperlukan oleh Mitra atau Pelanggan”

LIKE, Dalam proses ini sebaiknya diterapkan konsep “be interested before being interesting atau tertariklah terlebih dahulu sebelum menjadi menarik.

TRUST, proses ini adalah kelanjutan dari proses KNOW dan LIKE dimana meningkatnya rasa percaya satu sama lain

BUY, yaitu proses dimana terjadi hubungan yang saling menerima ide, dan saling mendukung dan memberikan sumber dayanya untuk melakukan sesuatu secara Bersama. Dilanjutkan dengan membeli barang yang kita tawarkan.

Upaya membangun jejaring di atas, tujuan akhirnya adalah membuat pangsa pasar menjadi lebih luas. Istilah lainnya, membangun  JEJARING STRATEGIS, yaitu menciptakan jejaring kerja (Networking) dengan pihak pihak yang dapat sangat membantu Anda mencapai target pemasaran yang telah ditentukan oleh Perusahaan.

 

Penulis : Agus Nur Arifin

Editor : Yudhi Akhmadi

Posting Komentar

0 Komentar