Profesor Unsoed Memberikan Kuliah di Universitas Tohoku Jepang


Purwokerto, Kafapet-unsoed.com. Salah satu profesor dari universitas besar di Jepang, Tohoku University, Profesor Shu Yin, mengundang Prof. Uyi Sulaeman dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) sebagai visiting professor, untuk memberikan kuliah tamu pada mahasiswa Universitas Tohoku (Tohoku Daigaku) di grup riset kimia material anorganik lingkungan pada hari Selasa, 3 Oktober 2023, ujar Ir.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com usai bincang-bincang jarak jauh dengan dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsoed Prof.Uyi Sulaeman,S.Si.,M.Si.,Ph.D.

Dalam kuliah tersebut Prof. Uyi Sulaeman memberikan kuliah dengan judul “modifikasi permukaan perak fosfat dan sifat fotokatalitiknya". Material tersebut juga merupakan salah satu topik riset pada Program Studi Kimia FMIPA Unsoed. Material perak fosfat telah menjadi isu hangat dalam dunia penelitian dan telah diteliti oleh banyak ilmuwan sejak tahun 2010, dan Unsoed menjadi salah satu kontributor pengembangan material tersebut yang bekerja sama dengan Universitas Tohoku, Sendai, salah satu universitas ternama di Jepang, kata alumni Program S3 Graduate School of Environmental Studies, Tohoku University, Sendai, Jepang Prof.Uyi Sulaeman,S.Si.,M.Si.,Ph.D.


Menurut Ketua Senat Fakultas MIPA Unsoed Prof.Uyi Sulaeman,S.Si.,M.Si.,Ph.D. banyak diungkapkan bahwa material ini menjadi salah satu kandidat potensial yang dapat diaplikasikan ke berbagai hal, mulai dari energi terbarukan, kesehatan, lingkungan, dan sensor. Prof. Uyi Sulaeman telah mengembangkan material ini pada bidang lingkungan, yaitu fotodegradasi polutan organik terutama zat kimia berwarna yang sulit diurai oleh mikroorganisme. Hasil aktivitas riset tersebut telah dipublikasikan pada berbagai jurnal ternama seperti Applied Surface Science, Materials Letters, Solid State Sciences, Surfaces and Interfaces dari penerbit Elsevier.

Selanjutnya Prof.Uyi Sulaeman,S.Si.,M.Si.,Ph.D. yang saat ini sedang di Jepang dari tanggal 2 Oktober 2023 sampai dengan 10 Oktober 2023 menjelaskan bahwa aktivitas visiting professor ini merupakan bagian dari program riset IRC (international research collaboration) yang dikelola oleh LPPM Unsoed. Program ini mendorong civitas akademika Unsoed untuk terus menjalin kerja sama yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak, dan sebägai aktualisasi dari semboyan Unsoed “Merdeka, Maju dan Mendunia”. Dengan kerja sama ini, salah satu mahasiswa Unsoed, Rini Larasati, dapat melanjutkan studinya di Universitas Tohoku, Jepang setelah Rini menyelesaikan studi di Program Studi Kimia FMIPA Unsoed dan meraih predikat “Cum Laude”. Rini diterima Universitas Tohoku, Jepang sebagai mahasiswa magister dengan beasiswa dari pemerintahan Jepang (Monbukagakusho/ MEXT) dan bergabung pada grup riset kimia material anorganik lingkungan.

Prof.Uyi Sulaeman,S.Si.,M.Si.,Ph.D. menambahkan bahwa rencana ke depan menjadikan Unsoed sebagai Pusat Penelitian Teknologi Nano dan Pusat Rujukan Dunia dalam mengembangkan material tersebut untuk Aplikasi Energi, Lingkungan dan Kesehatan.



Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto           : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar