Musyawarah Mufakat, CEO BUMN Track Lanjutkan Kepemimpinan KAFAPERTA Unsoed


Purwokerto, Kafapet-unsoed.com. Gelaran Seminar dan Munas Keluarga Alumni Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman (Kafaperta Unsoed) 4 - 5 November 2023 berlangsung lancar dan hangat, menghasilkan rumusan berarti bagi internal organisasi Kafaperta, bagi almamater, serta sumbangsih bagi Ketahanan Pangan Indonesia. Pembukaan Seminar dan Musyawarah Nasional (Munas) IV Kafaperta Unsoed yang dihadiri lebih dari 150 alumni lintas angkatan dari berbagai daerah  ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unsoed, Dr.Ir.Noor Farid,MS. Dekan Fakultas Pertanian, Prof.Dr.Ir.Sakhidin,MS. menyambut baik event empat tahunan dalam rangka reorganisasi Kafaperta ini, dan berharap momentum ini dapat menyatukan potensi alumni dan almamater dalam berkolaborasi, bersinergi dan berkontribusi bagi almamater, negara dan bangsa Indonesia, ujar Humas Panitia Munas Kafaperta Unsoed 2023 Dr.Dyah Susanti,SP.,M.P. saat pemaparan yang didampingi Ir.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com.

Dr.Dyah (sapaan akrab Dr.Dyah Susanti,SP.,MP) memaparkan bahwa Kepala Badan Pangan Nasional yang sedianya hadir secara daring sebagai keynote speaker memberikan sambutan, diwakilkan kepada Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Dr.Andriko Noto Susanto,SP.,MP. mengulas tentang Kebijakan Ketahanan Pangan Nasional, dimoderatori oleh Dr.Santi Dwi Astuti,STP.,MSi.

Penyerahan naskah rekomendasi Ketahanan Pangan dari Guru Besar Fak. Pertanian Unsoed oleh Dekan Fapwrta Unsoed, Prof. Dr. Ir. Sakhidin, M.P., kepada Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Badan Pangan Nasional, Dr. Andriko Noto Susanto, S.P. ,M.P.

Salah satu agenda penting dalam rangkaian kegiatan Seminar dan Munas Kafaperta 2023 ini menurut Dr.Dyah adalah penyampaian rekomendasi 13 Guru Besar Fakultas Pertanian Unsoed terkait Ketahanan Pangan Nasional kepada Badan Pangan Nasional, yang dalam hal ini diwakili oleh Prof.Ir.Totok Agung Dwi Haryanto,MP., PhD. Beberapa butir rekomendasi penting di antaranya adalah stop impor beras dan kuatkan produksi pangan dari dalam negeri. Produksi pangan dari dalam negeri perlu disertai dengan pengembangan teknologi pascapanen dan industri  pengolahan hasil pertanian, sehingga mengurangi ekspor bahan mentah dan mengurangi impor produk jadi dari luar. Pentingnya memanfaatkan lahan kering dan lahan marginal sebagai tumpuan produksi pangan nasional, karena masifnya alih fungsi lahan. Pemanfaatan teknologi inovasi berupa varietas unggul toleran lahan marginal dan penghasil beras biofortifikasi, biopestisida, pupuk Nitrogen slow release karya guru besar Fakultas Pertanian Unsoed ter-highlight dalam diskusi terbatas tersebut, dan akan ditindaklanjuti oleh Badan Pangan Nasional melalui BUMN terkait pangan diawali penandatanganan nota kesepahaman dengan Unsoed.

Penyampaian rekomendasi Guru Besar Fak. Pertanian Unsoed kepada Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Dr. Andriko Noto Susanto, S.P. ,M.P.

Sidang pleno dalam Musyawarah Nasional yang merupakan acara inti berlangsung hangat, diawali pembahasan tata tertib sidang dipimpin oleh Muh.Munawar,SP.MP. (alumni angkatan 1996) dan Rr.Tri Handayani,SP. (alumni angkatan 1997) dilanjutkan penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Kepengurusan Kafaperta yang disampaikan oleh Ketua Umum, Ir. Syamsudin Hadi Sutarto yang juga merupakan CEO BUMN Track. Pelaporan kegiatan Kafaperta selama satu periode kepengurusan di antaranya program unggulan Beasiswa d’Best Kafaperta yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang aktif berorganisasi dan kurang mampu secara ekonomi, bakti sosial selama pandemi Covid-19 ,dan lainnya diterima secara aklamasi oleh seluruh peserta sidang, ungkap Dr.Dyah.

Penyerahan hasil2 Munas dari pimpinan sidang, Muh. Munawar, S.P., M.P. (1996) dan Tri Handayani, S.P. (1997) kepada Ketua Umum terpilih, Ir. Syamsudin Hadi Sutarto (1986) dan Mifta Reza, S.P., M.M. (1996)

Selanjutnya Dr.Dyah menjelaskan bahwa Pemilihan Ketua Umum Kafaperta berlangsung meriah oleh wacana ketua umum lama meneruskan kembali serta hadirnya kader muda, Mifta Reza,SP.,MM. yang juga merupakan anggota legislatif DPRD Provinsi Jawa Tengah mewarnai demokratisasi dan dinamika Munas Kafaperta, Berdasarkan hasil musyawarah dan mufakat, kedua bakal calon ketua umum yang diusulkan peserta sidang bersepakat untuk bersama mengawal kepengurusan Kafaperta Unsoed tahun 2023 – 2027 dengan Ir.Syamsudin Hadi Sutarto (1986) sebagai ketua umum didampingi Mifta Reza,SP.,MM. (1996). Menutup rangkaian sidang Munas Kafaperta 2023 dilaksanakan penyerahan hasil-hasil Munas dari pimpinan sidang kepada ketua umum terpilih, Ir.Syamsudin Hadi Sutarto (1986) dan Mifta Reza,SP.,MM. (1996).

Dr.Dyah menambahkan bahwa pelaksanaan seminar dan Munas Kafaperta dirangkai dengan acara malam resepsi dan jalan sehat pada pagi harinya dalam rangka Dies Natalis ke-61 Fakultas Pertanian Unsoed. Alumni yang hadir dalam Seminar dan Munas dapat mengikuti dua acara tersebut untuk menuntaskan nostalgia di kampus tercinta. Ketua dan Wakil Ketua Panitia Seminar dan Munas Kafaperta Unsoed 2023, Dr.Khavid Faozi,SP.,MP. dan Dr.Mustaufik,SP.,MP. menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan semua alumni baik yang hadir secara fisik, dukungan dalam bentuk non materiil, serta materiil berupa kerja sama sponsorship, kontribusi delegasi, donasi, karangan bunga dari berbagai pihak hingga lancar dan suksesnya pelaksanaan rangkaian kegiatan Seminar dan Munas Kafaperta 2023.



Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto          : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar