Rahasia Pengusaha Sukses : Tata Kelola Resiko dan Fondasi Strategi Bisnis yang Kokoh

Penandatangan Perjanjian Kerja Sama / PKS antara FISIP Unsoed dan Owner PT.Permata Furni Ir.Erie Sasmito yang disaksikan oleh Yani, Wawang, dan Ir.Darsono (Direktur Resto Mak Engking)

Purwokerto, Kafapet-unsoed.com. Sabtu (25/11/2023), di Auditorium Kampus Grendeng, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), berjejaring kerjasama pendidikan dan memenuhi Keputusan Kemendikbudristekdikti No : 754/P/2020 tentang Indikator Kinerja Utama (IKU), yang menyasar pada peningkatan 3 bagian besar di Perguruan Tinggi yaitu Kualitas Lulusan, Dosen, dan Kurikulum Pembelajaran, ujar Wawang (sapaan akrab/panggilan sehari-hari alumni Fakultas Pertanian Unsoed angkatan 1987 Ir.Ariyananda Susilo, MM) usai bincang -bincang dengan Ir.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com.

Menurut Wawang (Direktur Utama PT. Sinergi Tangguh Mulia) bahwa salah satu gelaran aksi Alumni Talk Seri ke-29, pada tanggal 25 November 2023 di aula Fakultas ISIP "Sukses Berbisnis ala Alumni Unsoed dan Narasi Sosialisasi Kredit Point Mahasiswa” selain menghadirkan Alumni Unsoed dan Pengusaha Furniture Ir.Erie Sasmito, juga hadir Dr.Tobirin, M.Si., Ketua CDC (Career Development Center) FISIP Unsoed sekaligus Dosen Administrasi Publik dan Ketua Jurusan Ilmu Administrasi Publik.

Penandatanganan PKS UD Permata Furni dengan FISIP Unsoed : Ir.Erie Sasmito dan Dekan FISIP Unsoed

Wawang menjelaskan bahwa ketertarikan civitas akademica dalam menimba pengetahuan tergolong tinggi, sekitar 85 peserta hadir. Tampak hadir pada kegiatan kali ini, jajaran Dekanat FISIP Unsoed, dan Ketua jurusan dilingkup FISIP yakni Dekan Fakultas Dr.Wahyuningrat,M.Si., Wakil Dekan bidang Akademik, Prof.Dr.Slamet Rosyadi,MSi., Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Dr.Mite Setiansah,SIP.,MSi., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr.Tyas Retno Wulan,SSos.,MSi., dan hadir Sekertaris Jurusan yang ada di lingkungan FISIP. Serta hadir pula pengusaha alumni FEB Unsoed Yani Afrianto,SE.

Dr. Wahyuningrat, M.Si selaku Dekan FISIP, akan menggunakan momen kali ini, untuk mendapatkan insight dalam pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan tantangan pasar kerja di masa depan. Diharapkan, kegiatan ini tidak hanya menjadi momen berharga bagi mahasiswa, tetapi juga menjadi langkah awal untuk lebih mempererat hubungan antara dunia pendidikan dan industri. Dekan Fakultas ISIP Unsoed, Dr.Wahyuningrat,MSi, mengatakan bahwa kampus ini menjadi saksi dari momen yang luar biasa ketika alumni Unsoed, yang telah meraih kesuksesan di bisnis international furniture, kuliner, berbagi sukses story di beberapa bidang lain bersedia berbagi ilmu di kampus. Kegiatan Alumni Talk ke-29, adalah program kegiatan positif untuk memberikan dorongan moral dan pandangan yang jelas kepada mahasiswa yang mungkin merasa berada di persimpangan karir. “Kuliah praktisi ini merupakan salah satu upaya Fakultas untuk terus menginspirasi mahasiswa dan memperluas wawasan mereka tentang dunia kerja dan bisnis,” ujarnya. “Kuliah praktisi seperti ini adalah upaya membangun antusiasme bersama tentang membangun bisnis yang tangguh, memetakan rencana keberhasilan, dan tata kelola resiko. Sukses Berbisnis Ala Alumni, semoga menginspirasi mahasiswa dengan pengalaman belajar yang holistik, langsung dari Ir. Eri Sasmito alumni Fakultas Peternakan Unsoed angkatan 1986 sekaligus pengusaha. Mahasiswa dapat lebih memahami tantangan dan peluang di dunia nyata.”, pungkas Dekan yang sekaligus membuka acara.

Kehadiran praktisi bisnis, Ir.Erie Sasmito dengan gemilang menyampaikan materi dengan judul : “Generasi Cerdas Membangun Strategi Bisnis yang Sukses.” Sub Tema : “Rahasia Pengusaha Sukses : Tata Kelola Resiko dan Fondasi Strategi Bisnis yang kokoh.” Menceritakan kisah sukses, perjalanan hidup dari kampus hingga puncak kesuksesan, memberikan tips praktis, dan kenyamanan strategi-strategi yang dapat diterapkan oleh mahasiswa dalam memulai karir berbisnis mereka sendiri, ujar Wawang.

Dalam paparannya Erie Sasmito menjelaskan bahwa konteks industri furniture, terdapat berbagai strategi bisnis yang dapat diterapkan untuk mencapai kesuksesan. Beberapa strategi yang dapat diterapkan antara lain:

1. Inovasi Produk : Memiliki produk inovasi yang tidak hanya memperhatikan fungsi dan kegunaannya, tetapi juga memiliki nilai seni dapat membantu bisnis furniture bertahan lama di industri furniture,

2. Kualitas dan Harga Sebanding : Menjaga kualitas produk sebanding dengan harga yang ditawarkan dapat menjadi strategi bisnis yang efektif dalam menjalankan bisnis furniture,

3. Pemasaran : Memanfaatkan saluran-saluran pemasaran yang efektif untuk mendongkrak penjualan, serta memilih lokasi bisnis yang strategis dan sesuai dengan target pasar,

4. Investasi : Investasi dianggap sebagai kunci kesuksesan pengusaha, dengan sikap mempertahankan kesenangan sebagai prinsip dasar bagi seorang pengusaha,

5. Komitmen dan Adaptasi : Komitmen untuk terus beradaptasi pada tren pasar serta menciptakan inovasi yang dapat membantu kesuksesan sebuah bisnis,

6. Strategi Harga : Menentukan strategi harga yang tepat, mengingat saat ini adalah era bisnis yang fokus pada konsumen sentris,

7. Komitmen dan Kesabaran : Penting bagi setiap mahasiswa untuk memahami toleransi risiko dan tujuan sebelum memutuskan untuk berinvestasi, dengan kesabaran dan pemilihan instrumen investasi yang tepat, setiap orang dapat membangun kekayaan yang akan memberikan kepuasan finansial di masa depan.

Strategi-strategi tersebut di atas dapat membantu dalam mencapai kesuksesan dalam dunia bisnis furniture, baik dari segi inovlasi produk, pemasaran, investasi, hingga komitmen, dan adaptasi terhadap perubahan pasar.

Penyerahan buku ke FISIP Unsoed, berjudul “The Brilliant Eksporter” dari Ir.Erie Sasmito ke FISIP diterima Dekan

Materi akan mencakup aspek-aspek kritis seperti inovasi, manajemen risiko, dan keterampilan kepemimpinan yang telah membantu beliau mencapai puncak karir, jelas Ir.Erie Sasmito.

Selanjutnya pada Sesi Tanya Jawab, kata Wawang, "Mahasiswa Terlibat Aktif dan Responsif. 

Dipandu moderator Ankarlina Pandu Primadata,SSos.,MSi., (dosen ilmu sosiologi pedesaan dan pendidikan) yang dikenal dengan Mba Prima, memandu sesi tanya jawab menjadi sebuah acara penuh semangat, antusiasme, sehingga bermunculan pertanyaan-pertanyaan mahasiswa yang penasaran. Panduan moderator, mampu menciptakan suasana yang sangat positif dan memotivasi mahasiswa untuk terlibat aktif dalam pertukaran gagasan. Ir.Erie Sasmito merespon dengan ramah, taksis, praktis, dan lugas setiap pertanyaan tanpa meninggalkan aspek-aspek penting. Bahkan memancing Prof.Dr.Slamet Rosyadi, M.Si., juga bertanya tentang langkah-langkah mencipta gerakan inovatif yang bertujuan untuk menumbuhkan minat Entrepreneur di kalangan mahasiswa dan fakultas. Langkah bukan hanya untuk merespons terhadap tuntutan pasar kerja yang dinamis, namun menjadi tekad untuk inovatif di lingkungan kampus. Jawabannya yakni ada beberapa hal teknis yang harus dikreasi oleh Fakultas ISIP antara lain :

1. Membangun Kesadaran tentang Potensi Entrepreneur : menekankan bahwa entreprenur bukan hanya pilihan karir, tetapi juga cara untuk mewujudkan ide kreatif mereka,

2. Integrasi Kurikulum dengan Employebility Skill : Mengintegrasikan unsur-unsur Employebility Skill ke dalam kurikulum. Memberikan pengalaman praktis mahasiswa dan dosen dengan proyek kolaboratif, studi kasus nyata, dan magang industri,

3. Membentuk Klub atau Komunitas Entrepreneur/Inkubator Bisnis : merancang platform untuk bertukar ide, berbagi pengalaman, dan membangun jaringan,

4. Dukungan dari Pihak Akademis dan Industri : Kerjasama dengan perusahaan, mentoring, dan pelatihan,

5. Fasilitasi Pendanaan dan Sumber Daya : bekerjasama dengan perusahaan dalam proyek kolaboratif dan akses ke modal usaha untuk pengembangan prototipe bisnis, adalah rangsangan langkah awal membangun bisnis,

6. Pengakuan dan Penghargaan : Memberikan pengakuan dan penghargaan kepada mahasiswa / dosen yang telah berhasil memulai bisnis mereka sendiri dapat menjadi motivasi tambahan bagi yang lainnya.

Kesimpulannya seseorang yang memiliki minat menjadi entrepreneur berarti memiliki rasa percaya diri, dapat mengambil resiko, kreatif dan inovatif, disiplin dan kerja keras, berorientasi ke masa depan, memiliki rasa ingin tahu, jujur dan mandiri, imbuh Ir.Erie Sasmito yang juga owner dari PT.Permata Furni.

Ankarlina Pandu Primadata, S.Sos., M.Si., selaku moderator hadir meciptakan suasana tanya jawab menjadi wadah animo peserta bertanya. Berkolaborasi dengan Narasumber menanggapi pertanyaan-pertanyaan dengan sikap taksis, praktis, dan diperkaya dengan wawasan industri yang luas.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Fakultas ISIP Unsoed dan Permata Furni, perusahaan Ir.Eri Sasmito, merupakan ujung acara. Kerjasama ini bukan hanya sebatas bentuk kolaborasi antara akademisi dan industri, tetapi juga sebagai wujud komitmen bersama untuk mengembangkan SDM, khususnya mahasiswa Fakultas ISIP Unsoed. Juga merupakan bagian pelaksanaan MBKM, guna pemenuhan delapan Indikator Kinerja Utama (IKU), ungkap Wawang.

Pada kesempatan ini, Ir.Erie Sasmito memberikan kenang-kenangan berupa buku yang berjudul “The Brilliant Eksporter” kepada Dekan FISIP.

Setelah penandatanganan PKS, acara dilanjutkan dengan seremoni penyerahan plakat dan souvenir kepada Erie Sasmito, dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr.Tyas Retno Wulan,SSos.,MSi. Dan foto bersama dengan civitas academica yang hadir, ujar Wawang.

Penyerahan Plakat dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr.Tyas Retno Wulan,SSos.,MSi, kepada Ir.Erie Sasmito (PT.Permata Furni)

Wawang menambahkan bahwa pada rangkaian penutupan acara memberikan pesan kuat tentang pentingnya kolaborasi antara akademisi dan dunia industri dalam mengembangkan sektor SDM. Acara tersebut merupakan awal dari kolaborasi yang erat antara FISIP Unsoed dan UD Permata Furni untuk menciptakan peluang baru serta mendorong semangat Bisnis di kalangan mahasiswa dan para pelaku usaha.




Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto           : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar