Uji Coba dan Industrialisasi Reaktor B100 Yang Dibangun BSIP Berjalan Sukses

Jajaran Direksi Barata Indonesia (Persero), CEO Minamas Plantation, Tim BSIP TRI dan BRIN saat Uji Coba Full Load Capacity Reaktor B100 di Workshop Barata Indonesia (Persero) Gresik.

Sukabumi, Kafapet-unsoed.com. BSIP (Badan Standardisasi Instrumen Pertanian) Kementan (Kementerian Pertanian) RI telah mengembangkan Reaktor untuk memproduksi Biofuel B100 dari CPO dan Kemiri Sunan, ungkap alumni Fakultas Pertanian Unsoed angkatan 1991 selesai pemaparan jarak jauh yang di dampingi Ir.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com.

Kebun Kemiri Sunan di Ngada, Flores.

Dr.Tedy (sapaan akrab Dr.Tedy Dirhamsyah,SP.,MAB) mepaparkan bahwa Reaktor Generasi 1 Kapasitas 150 liter per hari, Generasi 2 kapasitas 600 liter per hari, dan Generasi 3 kapasitas 3.000 liter per 6 jam dari CPO. 

Menurut Dr.Tedy hasil uji Biofulel B100 yang dilakukan di Lemigas, Sucofindo, dan Pusat Penelitian Sawit menghasilkan Cetane number 57,1 lebih tinggi dari SNI 51, Standar Unieropa 51, dan Standar US 47.

Dr.Tedy Dirhamsyah,SP.,MAB. di Kebun Kemiri Sunan BSIP TRI (Badan Standardisasi Instrumen Pertanian Tanaman Industri dan Penyegar), Sukabumi.

Dr.Tedy yang juga Kepala BSIP Tanaman Industri dan Penyegar mengatakan bahwa Reaktor B100 Kementan sudah kerjasama Lisensi dengan PT. Barata Indonesia (Persero) Gresik. Saat ini pada tahap finalisasi pembangunan reaktor B100 yang sudah dipesan oleh PT. Minamas Plantation, kapasitas 3.000 liter per 6 jam sebanyak 1 Unit, dan akan menyusul sebanyak 4 unit.


Sedangkan untuk Pengembangan Kemiri Sunan sebagai bahan B100, sudah dilakukan oleh PT. Bumi Agrindo Sejahtera di Flores seluas 630 Ha sejak tahun 2017. Bahkan saat ini PT. Bumi Agrindo Sejahtera sudah menandatangani MoU dengan PT. EJIE (MoU tahun 2023) untuk mengembangkan Kemiri Sunan di Kalimantan Barat sebagai bahan baku B100 dan riset Bioavtur, ujar Dr.Tedy.

Uji penggunaan Bioenergi B100 pada Traktor oleh CEO Minamas Plantation Adi Wira Abd Razak.

Selanjutnya Dr.Tedy menjelaskan bahwa pada hari Rabu, 22 November 2023 di Workshop PT. Barata Indonesia (Persero) Gresik di gelar Uji Coba Full Load Capacity 6 Reaktor B100 berjalan sukses. Saat uji coba tersebut dihadiri Tjetjep Nirwan Presdir Barata Indonesia, Hertyoso Dir. Operasional beserta jajaran. Hadir pula CEO Minamas Plantation Adi Wira Abd Razak dan jajaran. Juga hadir Inventor (penemu) Reaktor B100 Maman dan Asif beserta Tim Teknis dari BSIP Tanaman Industri dan Penyegar. Tampak Adi Wira CEO Minamas sangat puas atas hasil Pembangunan 6 Reaktor B100 kapasitas 3.000 liter per 6 jam oleh Barata Indonesia atas Lisensi dan pendampingan dari BSIP TRI Kementerian Pertanian.

Kiri-Kanan: Tjetjep Nirwan (Predir Barata Indonesia), Adi Wira Abd Razak (CEO Minamas Plantation), Tedy Dirhamsyah (Kepala BSIP TRI), Maman (Inventor/Penemu Reaktor B100) di depan Reaktor B100 berbahan baku CPO.

Dr.Tedy menambahkan bahwa Indonesia bisa dan siap mengembangkan energi terbarukan.



Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto           : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar