Gempa Guncang Sumedang

Yogi Adi Prasetya,ST.,MSc. (Ahli Geologi Gunung Api / Volkanologi dan alumni Program S2 dari Kyushu University, Fukuoka, Jepang).

Sumedang, Kafapet-unsoed.com. Gempa mengguncang Sumedang pada malam Tahun Baru 2024. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa Sumedang 31 Desember 2023 itu terjadi sebanyak tiga kali, demikian pemaparan Dosen Teknik Geologi Fakultas Teknik Unsoed Yogi Adi Prasetya,ST.,MSc. yang di pandu Ir.Alief Einstein,M.Hum dari kafapet.

Gempa bumi ini menurut ahli Geologi Gunung Api (Volkanologi) dari Fakultas Teknik Unsoed, Yogi (sapaan akrab Yogi Adi Prasetya,ST.,MSc) juga terasa hingga ke sejumlah wilayah. Selain itu, ratusan rumah rusak akibat gempa di Sumedang yang terjadi pada tanggal 31 Desember 2023.

Dikutip dari akun Twitter BMKG @infoBMKG, gempa Sumedang 31 Desember 2023 berkekuatan M 4,8. Lokasi gempa ada di koordinat 6.85 derajat Lintang Selatan (LS) dan 107.94 derajat Bujur Timur (BT). Gempa tersebut berkedalaman 5 Km, ungkap anggota Ikatan Ahli Geologi Indonesia, Yogi.

Berdasarkan kekuatan gempa dan kedalamannya diperkirakan penyebab gempa adalah sesar mendatar di sekitar Sumedang. Namun BMKG mengungkap gempa bumi di Sumedang dipicu oleh sesar aktif yang belum teridentifikasi dan terpetakan. Gempa bumi magnitudo 4,8 telah mengguncang Sumedang, Jawa Barat, Minggu (31/12), ujar Yogi.

Yogi yang juga alumni Program S2 dari Kyushu University, Fukuoka, Jepang menjelaskan bahwa menurut data Badan Geologi, kejadian gempa bumi ini diperkirakan akibat aktivitas sesar aktif yaitu Sesar Cileunyi - Tanjungsari. Sesar Cileunyi - Tanjungsari merupakan sesar mendatar mengiri, sebarannya mulai dari selatan Desa Tanjungsari menerus ke timur laut hingga lembah Sungai Cipeles, dan nilai laju geser berkisar antara 0,19 - 0,48 mm/tahun.

Yogi menambahkan untuk masyarakat harap tetap tenang, mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat, tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, dan jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi.

Posting Komentar

0 Komentar