Pendirian Politeknik Himpuni


Jakarta, Kafapet-unsoed.com. Himpuni sebagai perhimpunan organisasi alumni perguruan tinggi negeri seluruh Indonesia terpanggil akan ikut serta terus membangun bangsa dengan kontribusi karya-karya konkrit. Kegiatan yang dilakukan Himpuni di antaranya seperti Seminar, Kompetisi Olah Raga, mengadakan kegiatan bakti sosial untuk membantu warga terdampak banjir, dan lain sebagainya. Untuk menyambut Indonesia emas 2045 Himpuni ikut serta memberikan sumbangsih berbagai hal, salah satunya mengenai pendidikan. Pada kegiatan Silaturahmi Himpuni dengan Kementerian Pertanian di Jakarta, Selasa 28 Mei 2024 malam juga di isi dengan tayangan Video terkait pendidikan yakni Politeknik Himpuni, ujar Ir.H.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com.


Deputi Pengkajian Kerjasama Strategis, Badan Eksekutif Himpuni Rudi Sutanto mengatakan bahwa untuk mewujudkan peran nyata dan konstribusi Himpuni, kepada bangsa dan negara, dan sesuai amanah Munas II Himpuni di Universitas Negeri Surakarta (UNS) , tahun 2022, dan melalui Sidang Tahunan, di Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM), pada bulan, Maret 2023 di Samarinda, maka 51 Organisasi Alumni anggota Himpuni, sepakat untuk mendirikan Politeknik Himpuni, yang merupakan pendirian kampus kolaborasi.


*1. Tantangan Sektor Pemdidikan di Indonesia*

Politeknik Himpuni menurut Rudi Sutanto (KaBid. Wirausaha & Koperasi KAUnsoed), menginisiasi untuk menyelenggarakan Program Pendidikan vokasi, dengan proritas: “Sektor agrikultur dan teknologi pangan, untuk tercapainya peningkatan produksi pangan nasional”, melalui Program Pendidikan di antaranya terdiri dari : 

• Ilmu Pengetahuan Pangan,

• Nutrisi dan Teknologi Pakan Ternak,

• Bidang Ilmu Bisnis dan Manajemen Ritel,

• Bidang Ilmu Bisnis Digital,

• Bidang Ilmu Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan.


Penyelenggaraan kuliah tidak terbatas pada metode tatap muka, Politeknik Himpuni, akan mengembangkan metode kuliah luar ruang, dengan program Digital Campus, yang didukung platform edutainment, infrastruktur berbasis cloud, berpotensi membangun kesetaraan pendidikan, penyelenggaraan program secara simplifikasi, yang berbasis riset, berkemampuan menjangkau seluruh pelosok tanah air, melalui jaringan internet nir kabel yang berbasis satelit, dengan proritas daerah Terluar, Terjauh, dan Terdepan di Indonesia, jelas Rudi Sutanto.

Komposisi luasan dan serapan program digital, memungkinkan peyelenggaraan pedidikan vokasi, menjadi efisien, untuk mencapai percepatan skala ekonomi tanpa peningkatan signifikan pada beban tetap pendidikan, memungkinkan Politeknik Himpuni, berbiaya terjangkau sesuai dengan tingkat kemampuan ekonomi daerah, ungkap Rudi Sutanto.

2. Green Campus dan Sinergitas Sumber Daya Himpuni

Selanjutnya Rudi Sutanto menjelaskan bahwa Politeknik Himpuni, dikelola oleh tenaga profesional yang berasal dari 51 alumni PTN terkemuka di Indonesia, merupakan perpaduan SDM berbasis akademisi, intelektual, dan praktisi bisnis, yang telah memiliki rekam jejak terpercaya di bidang pendidikan, dan bisnis, yang berkemampuan untuk mewujudkan ekosistim Politeknik Himpuni secara berkesinambungan.

Kampus Politeknik Himpuni mengusung “Konsep Hijau” yang menjadi bagian dari konsep berkelanjutan, memperhatikan, dan menerapkan indikator bangunan, luar ruang hijau, konservasi air, lanskap hijau, konservasi energi, ramah lingkungan, pengelolaan sampah, dan penerapan pendidikan secara berkelanjutan, ujar Rudi Sutanto.

3. Politeknik Himpuni Adalah Perwujudan Misi Himpuni

Rudi Sutanto menambahkan bahwa dalam membangun kemitraan dan bekerjasama secara strategis dengan Pemerintah, serta memberikan kontribusi positif untuk pembangunan dan pengembangan Sumber Daya Manusia di Indonesia yang berkualitas, unggul, berintegritas serta relevan, menuju Indonesia Emas tahun 2045, melalui implementasi program : Pendirian Politeknik HIMPUNI secara berkesinambungan.



Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto           : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar