Silaturahmi dan 8 Tahun HIMPUNI (Bersama Kementerian Pertanian)


Jakarta, Kafapet-unsoed.com. Bertempat, di Auditorium Kementerian Pertanian Jalan Harsono Rm Dalam No.3, Jakarta Selatan, di gelar acara Silaturahmi 8 Tahun HIMPUNI, ujar alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed angkatan 1980 Rudi Sutanto,SE.,MM. saat bincang-bincang dengan Ir.H.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com.

Deklarasi 18 Organisasi Alumni (OA) Perguruan Tinggi Negeri , yang diprakarsai oleh : IKA UNDIP, KAGAMA, IA ITB, HA IPB, IKA ITS, ILUNI UI, IKA UB, IKA UNRAM, IKA UNPAD, IKA UA, IKA UNS, KAUnsoed, IKA UNSYIAH, IKA USU, IKA UNAND, IKA UNSRAT, ILUNI UNP, dan IKA UNIMED, bertempat di Auditorium BPPT, Jakarta pada tanggal 20 MEI 2016 (bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional), sepakat untuk mendirikan Perhimpunan Organisasi Alumni PTN/Perguruan Tinggi Negeri (disingkat HIMPUNI), kemudian ditetapkan menjadi hari lahir HIMPUNI. Saat ini di tahun 2024, HIMPUNI memasuki tahun ke-8, terdapat 51 Organisasi Alumni PTN yang tergabung di dalam HIMPUNI, tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dengan jejaring alumni yang ditahun 2024 mencapai 7.407.685 alumni, ungkap Rudi Sutanto.

Keluarga Alumni Unsoed (KAUnsoed).

Rudi Sutanto menjelaskan bahwa pada tanggal 28 Mei 2024, HIMPUNI bersama Kementerian Pertanian, menyelenggarakan silaturahmi (sekaligus merayakan 8 tahun HIMPUNI) dengan mengusung tema: Peningkatan Produksi Pangan Nasional, yang dihadiri oleh 687 alumni PTN anggota HIMPUNI. Di dalam sambutannya Menteri Pertanian, Dr.Ir.Andi Amran Sulaiman,MP. (Ketua Umum IKA Universitas Hasanuddin) menyampaikan langkah starategis Kementan, untuk meningkatkan produksi pertanian nasional, dan menyampaikan peluang bersama HIMPUNI, untuk dapat mengambil peran nyata yaitu peningkatan produksi pangan.

Selanjutnya Rudi Sutanto yang juga Deputi Pengkajian Kerjasama Strategis, Badan Eksekutif HIMPUNI mengatakan bahwa disisi lain Unsoed sejak tahun 2010, telah mengembangkan padi Inpago Unsoed Protani, hasil Laboratorium Pemuliaan Tanaman dan Bioteknologi, Fakultas Pertanian, Unsoed, oleh tim : Prof.Ir.Totok Agung,DH.,MP.,PhD., Dr.Agus Riyanto,SP.,MSi., dan Dr.Dyah Susanti,SP.,MP., “Perakitan padi gogo protein tinggi ini, telah diuji lebih dari 16 lokasi di berbagai wilayah Indonesia, dan telah dilepas sebagai varietas unggul nasional.

Menteri Pertanian Dr.Ir.H. Andi Amran Sulaeman,MP./Ketua Umum IKA UNHAS.

Melanjutkan dari hasil Silaturahmi ini, Kementerian Pertanian bersama HIMPUNI, sedang merancang agenda pertemuan, yang akan dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2024, untuk dapat mengimplementasikan kerjasama secara nyata, dan diharapkan Unsoed dapat pula berperan, dengan membawa varietas Protani Unsoed, ungkap Rudi Sutanto (Ka.Bid. Wirausaha & Koperasi KA Unsoed).

Rudi Sutanto menambahkan bahwa dalam acara Silaturhami tersebut, selain dihadiri sejumlah alumni dari 21 Organisasi Alumni anggota HIMPUNI dengan keseluruhan yang hadir tercatat 687 alumni PTN, juga hadir tokoh-tokoh HIMPUNI , di antaranya : Ali Masykur Musa, Akhmad Muqowam, Chandra Motik, Marzuki Alie, Haiban Hadjid, Sirra Prayuna, Rektor Universitas Balikpapan yaitu Dr.Ir.M.Isradi Zainal,ST.,MM.,MH., CAAE.,IPU.,A.Eng, Presidium HIMPUNI yakni Sutopo Kristanto (Ketua Umum IKA ITS) Koordinator, Irawati Hermawan (Ketua Umum IKA UNPAD), Sekjen, Walneg S. Jas (Ketua Umum HA IPB), Isran Noor (Gubernur Kalimantan Timur tahun 2018-2023 dan Ketua Umum IKA UNMUL), kemudian hadir Badan Eksekutif HIMPUNI, Ketua Umum Organisasi Alumni PTN, Sekjen Organisasi Alumni PTN, Ketua Umum Alumni PTN periode sebelumnya, dan undangan lainnya.



Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto          : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar