Bersatu Padu , Bergandeng Tangan, Membangun Persaudaraan Sejati

Menteri Pertanian Lantik Kemal Mahfud Sebagai Kepala BPPP Lembang

Kafapet-Unsoed.com. Senin 4 Februari 2019 lalu Menteri Pertanian Amran Sulaiman merombak 22 jabatan di eselon 1 dan 2 di lingkup Kementerian Pertanian (Kementan). Salah satunya adalah Kemal Mahfud, alumni Fapet Unsoed angkatan 1982.

Menteri Pertanian mengatakan, pembaharuan eselon ini dilakukan untuk mengakselerasi pembangunan pertanian. "Pergeseran ini biasa, ini penyegaran dimanapun berada untuk yang terbaik bagi negara dan bangsa," tutur Menteri saat melantik jajaran eselon 1 dan 2 di Kantor Kementerian Pertanian, 

Kemal Mahfud, semula adalah Kepala BBPP (Balai Besar Penyuluhan Pertanian) Batangkaluku, Sulsel .  Segera setelah pelantikan, acara Lepas sambut dari Plt. Kepala Balai, Heri Suliyanto kepada Kemal Mahfud, dilaksanakan pada Kamis (07/02/2019). Turut hadir Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Momon Rusmono, Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Bustanul Arifin Caya, dan seluruh pegawai BBPP Lembang.


Dalam acara lepas sambut tersebut , Kemal Mahfud mengajak seluruh pejabat struktural, widyaiswara dan seluruh pegawai untuk kerja bersama-sama, “Mari kita bahu-membahu, sinergi yang cantik, agar kinerja kita dapat meningkat. Mari kita layani petani dan penyuluh kita dengan baik karena merekalah stakeholder utama pelatihan”, ujar Kemal sebagaimana dikutip swadaya online.
Momon Rusmono, dalam sambutannya mengantar Kemal Mahfud sebagai Kepala BBPP Lembang memuji keahlian Kemal yang sudah dikenal selama ini. “Pak Kemal ini ahli dalam menjalin hubungan eksternal. Karena itu saya minta seluruh Pejabat Eselon III, IV, Widyaiswara, dan seluruh pegawai untuk kerja lebih keras lagi untuk bersinergi dengan kepala balai yang baru. Kembali saya ingatkan bahwa kita dalam bekerja itu harus kerja cepat, fokus, beri yang terbaik, dan berorientasi hasil,” ujar Momon.

Perjalanan Karir Kemal 

Bagi alumni yang aktif hadir dalam pertemuan Kafapet, nama Kemal Mahfud tentunya tidak asing lagi, karena ia termasuk tokoh alumni yang aktif dalam pertemuan-pertemuan alumni dan banyak berkontribusi dalam melancarkan berbagai kegiatan Kafapet. 
Kemal mulai berkarir di Kementan tahun 1989 sebagai CPNS dengan status sebagai tenaga statistik di PUSDATIK (Pusat Data Statistik) Badan Litbang Pertanian . Selanjutnya diangkat menjadi PNS Tahun.1990 dan berkarya di Pusdatik sebagai tenaga statistik sampai 1992 

Perjalanan karir Kemal berkembang di berbagai bidang, mulai dari Badang Litbang, Sekretariat Jenderal Kementan, Badan Agribisnis, hingga pengembangan SDM.

Tahun 1993-1994 Kemal dimutasi sebagai tenaga komputer di PUSDATIN (Pusat Data dan Informasi) Sekretariat Jenderal Departemen Pertanian (kini Kementerian Pertanian/Kementan). Tahun 1994 mendapat promosi eselon IV  sebagai Kasubid Kemitraan Usaha Peternakan di Badan Agribisnis Deptan hingga .tahun 1998.

Tahun 1999 mutasi masih eselon IV sebagai Kepala Subag TU pada Pusat Standarisasi Badan Agribisnis sampai tahun 2000.

Tahun 2001 mutasi lagi dan menjadi Pimpinan Proyek (Pimpro) Pupuk dan Pestisida pada Direktorat Pupuk Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (Ditjen PSP).

Selanjutnya masih di tahun yang sama sebagai Pimpro  Alat dan Mesin Pertanian di Direktorat Alat dan Mesin Ditjen PSP

Tahun 2002 - 2005 diangkat sebagai Pimpro Pembiayaan pada Direktorat Pembiayaan Ditjen PSP
Tahun 2006 mendapat promosi eselon III sebagai Kepala Bidang Ketenagaan Penyuluhan pada Pusat Penyuluhan Badan Penyuluhan dan SDM.

Tahun 2007 -2010 dimutasi dan rotasi sebagai Kepala Bidang Akademis Kemahasiswaan (BAAK) di  STPP Bogor (sekarang POLBANGTAN).

Tahun 2010 -2013 mendapat promosi jabatan sebagai eselon II dengan jabatan Kepala Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian Ciawi Bogor

Tahun 2014 mendapat kepercayaan untuk menangani SDM di kawasan Indonesia Timur sebagai Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian Batangkulu Sulsel.

Dan yang terbaru, tahun 2019 ini , Kemal dilantik sebagai Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian Lembang.

Kepada Kafapet-Unsoed.com, Kemal menyampaikan terima kasih atas perhatian , ucapan selamat dan doa dari para alumni.

Selamat buat Pak Kemal. Semoga dapat terus berkarya sebaik-baiknya membawa nama Fapet Unsoed.**

Sumber: wawancara dengan Kemal Mahfud dan berbagai informasi pendukung lainnya

Share on Google Plus

About Bambang Suharno

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar