Breaking News

Berbisnis dengan Allah Ta'ala melalui Ukhuwah Islamiyah

"Kita manusia harus selalu bersyukur setiap saat karena selalu nendapatkan nikmat dari Allah Ta'ala, terutama nikmat yang tidak diminta", Ustad Hariri dari Cibubur,  mengawali pembukaan Kajian Rutin Kafapet Unsoed di tempatnya Uda Rusydi Muaz angkatan 86. Tepatnya di komplek TNI AU Kebantenan Indah Jl.  Al Batros Blok C3 No. 6 Jati Asih, Bekasi.

Ustad Hariri, lebih lanjut bertanya kepada Jama'ah,  "Nikmat mana yang lebih besar, nikmat yang diminta atau nikmat yang tidak di minta?".  Lebih rinci ustad Hariri menjelaskan ternyata nikmat yang tidak diminta lebih besar dibanding yang diminta. Allah Ta'ala dengan Maha Kasih dan Maha Penyayang-Nya telah memberikan nikmat kepada manusia Seperti nikmat diberi mata,  nikmat mata bisa melihat,  tetapi manusia jarang mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah Ta'ala tersebut. 

Jama'ah Kajian Kafapet Unsoed yang dihadiri sekitar 35 orang, dan  kajian kali ini dihadiri juga oleh Humas KA Unsoed yaitu saudara Lutfie Royan, Semua antusias mendengarkan ceramah dari Ustad Hariri. 

Ustad Hariri lebih lanjut memaparkan tentang Keuntungan berbisnis dengan Allah Ta'ala salah satunya dengan cara meningkatkan Ukhuwah Islamiyah. Silaturahim itu untuk hubungan antara manusia yang mempunyai pertalian darah.  Sedangkan. konsep persaudaraan dalam Islam adalah “ukhuwah”, kata ukhuwah yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai “persaudaraan” terambil dari akar kata yang memiliki makna “memperhatikan atau peduli”. Makna dari akar kata ukhuwah ini memberikan pemahaman bahwa persaudaraan mengaharuskan adanya sikap perhatian atau kepedulian di antara mereka yang bersaudara.

"Setiap manusia pasti pingin hidup Untung, bukan?", kembali ustad Hariri bertanya. 
Allah Ta'ala berfirman dalam surat As-Shofa ayat 10-12

Allah SWT berfirman:

يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا هَلْ اَدُلُّكُمْ عَلٰى تِجَا رَةٍ تُنْجِيْكُمْ مِّنْ عَذَا بٍ اَلِيْمٍ

"Wahai orang-orang yang beriman! Maukah kamu Aku tunjukkan suatu perdagangan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih?"

تُؤْمِنُوْنَ بِا للّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَتُجَاهِدُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ بِاَ مْوَا لِكُمْ وَاَ نْفُسِكُمْ ۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّـكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ ۙ 

"(Yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui,"

يَغْفِرْ لَـكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَيُدْخِلْكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَ نْهٰرُ وَمَسٰكِنَ طَيِّبَةً فِيْ جَنّٰتِ عَدْنٍ ۗ ذٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُ ۙ 

"niscaya Allah mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan ke tempat-tempat tinggal yang baik di dalam Surga 'Adn. Itulah kemenangan yang agung,"
(QS. As-Saff 61: Ayat 10,11 dan 12)

Dari Firman Allah Ta'ala di atas,  jika ingin bertransaksi bisnis dengan Allah Ta'ala harus memenuhi beberapa syarat yaitu Syarat yang utama dan pertama,  manusia harus terlebih dahulu beriman kepada Allah Ta'ala  dan Rosul-Nya.  

Orang yang beriman akan selalu menjaga lisannya,  tdk mungkin saling mencela, bermusuhan, dan saling menjatuhkan sesama muslim. "Seorang muslim itu tdk menyakiti muslim lainnya dgn lisan maupun perbuatannya" ujar Ustad Hariri. 

Lisan sering kali menjadi sumber perpecahan sesama umat manusia maupun sesama muslim.  Oleh karena itu,  Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam bersabda :
"Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah dia berkata yang baik atau diam.” [HR Bukhari]

Syarat berikutnya berbisnis dengan Allah Ta'ala itu harus mencintai Rasulullah Shollallahu Alaihi Wasallam sebagaimana firman-Nya dalam Al Qur'an 
Allah ta’ala berfirman:

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ

“Katakanlah (wahai Muhammad kepada umatmu): Jika kalian benar-benar mencintai Allah, maka ikutilah aku (Muhammad), niscaya Allah akan mencintai kalian dan mengampuni dosa kalian“. (QS. Alu Imron: 31).

Lebih lanjut ustad Hariri, menjelaskan Orang yang beriman kepada Allah Ta'ala akan selalu menginfakan Hartanya

Di sela sela kajian,  ustad Hariri juga menyinggung tentang 3 (tiga) Dosa besar, yaitu :
1. Orang yg meninggalkan Sholat
2. Orang yg terlambat Sholatnya
Terdapat dalam Firman Allah Ta'ala dalam Surat Al Ma'un.
3. Orang orang yg sholat tetapi tidak memperhatikan sholatnya (tidak tumaninah) 

Ukhuwah sesama muslim (Ukhuwah Islamiyah) banyak keuntungannya diantaranya adalah : 
1. Di lapangkan rezekinya
2. Dipanjangkan umurnya

Di akhir ceramahnya,  Ustad Hariri menutup kajian dengan kesimpulan Berbisnis dengan Allah Ta'ala keuntungan yang paling besar yaitu Jannah (Surga)  di hari akhir nanti. 

Selepas Shalat Dzuhur bersama,  dilanjutkan makan bersama dengan jamuan yang luar biasa lengkap,  ada sop daging ala garang asam,  ayam, ikan dan lainnya,  sebelumnya Alumni yang datang disugihi sarapan kupat sayur padang yang luar biasa nikmatnya,  plus aneka kueh pisah goreng kipas dan ketan,  dan lainnya, dengan minum kopi Gayo fermentasi Racikan Kang Minto Besar Raharjo.

Selepas Kajian,  seperti biasa diadakan Diskusi atau masukan dari Alumni Fapet Unsoed. Acara ini dipandu oleh Nadam, yang biasanya dipandu oleh Puji Hartono. Beberapa  pendapar dr Alumni yaitu :

Wildan angkatan 2010

"Salut dan merasa kagum kok Kafapet Unsoed 
bisa menjalin silaturahmi sesama Alumni secara istiqomah,  bagaimana caranya supaa tetap Istiqomah?".  
Kemudian ditanggapi oleh Roni Fadilah sebagai Ketua Kafapet Unsoed wilayah Jabodebeksuci, Intinya semua Alumni harus punya itikad baik dan mau untuk selalu menjaaga tali persaudaraannya sesama Alumni Fapet Unsoed.

Suko angkatan 83

"Acara kajian Kafapet Unsoed ini sangat bagus,  bisa ketemu Alumni dari beberapa lintas angkatan, diharapkan dalam kajian ini diperoleh manfaat lain seperti bisa berbagi info tentang Lowongan kerja bagi Alumni yang baru lulus".

Akbar Kresnamargi angkatan 2009

"Pertama kali ikut Kajian pas ikut Temu Tahunan Alumni Fapet Unsoed di kementan.  Sering mengajak kaum Melenial tetapi selalu  banyak alasan untuk tidak hadir.  Seya sendiri suka bisa ketemu dengan para senior dan Alumni Fapet Unsoed"

Ida Sabardina angkatan 83

"Beberapa kali ikut ketemuan membawa energi positif spt dapat teman yg baik dan meningkatkan Ukhuwah.  Terimakasih banyak untuk Kafapet Unsoed. Pengajian kedepan bisa tepat waktu,  biar bisa ada waktu utk tanya jawab, dan saya sendiri Insya Allah kalau ada waktu ingin selalu ikut Kajian Kafapet Unsoed"

Alfie Fatmayani angkatan 83

"Terimakasih banyak utk Uda Rusdy dan Uni Ida sebagai tuan rumah atas jamuan dan tepatnya. Jamuanyang sangat luar biasa mewah.  Pengajian waktu selalu on Time biar ada waktu tanya jawab,  karena isi dari kajian selalu menarik dan bagus, banyak ilmu yang saya sendiri masih merasa kurang, seperti bagaimana caranya sholat bisa khusu"

Rusydi Muaz angkatan 86

"Terimakasih atas kedatangannya, sedikit menjawab pertanyaan Mbak Alfie tentang Sholat Khusu',  secara umum manusia tidak bisa sholat secara khusu sepenuhnya,  sekaliber sahabat Rosul pun seperti Ali radiallahu anhu blm bisa sholat secara khusu, Intinya kita tetap harus berusaha sholat secara khusu"

Minto Besar Raharjo angkatan 86

"Saya sedikit mengomentari masalah On Time. Sebenarnya Pengurus selalu datang tepat waktu,  cuma para alumni yg datang sering terlambat karena berasal dari berbagai tempat.  Khusus nasehat ke Kafapet Unsoed Melenial contoh  Yudhie Akhmadi yg sering aktif jalin silaturahim dengan para senior,  bisa dilihat Melenial yg aktif akan terlihat dari jenjang kariernya. Saya pun belajar dari teman saya yang sukses,  Ternyata  kunci Orang yg sukses itu, pertama,  Tawadu kepada gurunya dan kedua,  . Pandai menghormati orang lain. 

Bambang Suharno angkatan 85

"Beberapa bulan lalu kafapet-unsoed.com membentuk Team dan salah satunya tim untuk memviralkan berita yang dimuat di Kafapet-unsoed.com dan Alhamdulilah hasilnya positif, total pengunjungnya meningkat. Dan berita tentang meninggal pak Winarto Hadi pengunjung dalam satu hari lebih 1.200 pengunjung.  Dan ini merupakan rekor tersendiri dan jarang dicapai sama yang lainnya.  Dan Web  Kafapet-unsoed.com sudah membuka diri kalau ada yang buka iklan".***

Penulis : Roni Fadilah
Foto : Roni Fadilah

Tidak ada komentar

Jika kesulitan posting komentar via hp harap menggunakan komputer