Annual Meeting Kafapet-Unsoed.com: Rencanakan Training Jurnalistik dan Terbitkan Buku

Jakarta, Kafapet-Unsoed.com. Untuk pertama kalinya, Tim pengelola web Kafapet-Unsoed.com mengadakan annual meeting yang dilakukan secara online. Acara ini diikuti oleh 8 orang pengelola yaitu Roni Fadilah, Bambang Suharno, Sutriyono Robert, Zanuar, Yudhi Achmadi, Fajar Dwi Pamuji, Fajar Hidayat, Sri Maulidini.

Acara dibuka oleh Bambang Suharno selaku pimpinan tim Kafapet-Unsoed.com, dilanjutkan dengan sambutan Roni Fadilah selaku Ketua Kafapet Jabodetabeksuci, kemudian paparan kilas balik dan perkembangan kafapet-unsoed,com dan diskusi menyusun rencana kegiatan.

Roni Fadilah menyampaikan terima kasih kepada tim redaksi Kafapet-Unsoed.com yang telah berperan banyak menyampaikan informasi ke masyarakat.

"Rencana membuat website sudah cukup lama didiskusikan oleh pengurus, dan baru terealisir tahun 2018 ketika ada pengajian di rumah mantan Ketua Keluarga Alumni Unsoed pak Haiban Hadjid, dimana saat itu ada presentasi tentang website. Hasil diskusi dengan mas Bambang Suharno kemudian ditindaklanjuti dengan membuat website Kafapet-Unsoed.com yang terus konsisten memberitakan kegiatan kafapet hingga sekarang," ujar Roni.

Peran dokumentasi dan  Informasi 

Kilas sejarah kafapet-unsoed.com
Bambang Suharno memaparkan kilas balik perjalanan Kafapet-Unsoed.com yang diinspirasi dari acara kajian Kafapet Unsoed di kediaman Haiban Hadjid 4 Maret 2018, dilanjutkan dengan diskusi antara Bambang Suharno dengan pengurus Kafapet Unsoed Jabodebateksuci khususnya Roni Fadilah dan Yudhi Achmadi yang dilanjutkan dengan Nurtania Sudarmi. Tanggal 9 Maret web Kafapet Unsoed didaftarkan secara resmi oleh Bambang Suharno, sehingga Maret 2019 usia web sudah menginjak 2 tahun.

Prestasi www.kafapet-unsoed.com pada tahun pertamanya dikunjungi 45.336 visitor pada tahun kedua meningkat menjadi 123.673 visitor. Pada tahun pertama website telah berperan mendokumentasikan informasi organisasi Kafapet antara lain data susunan pengurus Kafapet Pusat dan daerah, kegiatan pengurus Kafapet serta menyebarluaskan informasi kegiatan alumni, kegiatan kampus, opini alumni, juga ikut berperan menggalang dana antara lain dana pembangunan masjid kampus dan sebagainya. Selain itu website yang terintegrasi dengan sistem database, sudah berhasil mengumpulkan data alumni .

Tahun Kedua Training dan Penerbitan Buku Profil Alumni

Memasuki tahun kedua, sudah mulai dilakukan kaderisasi dengan melihatkan generasi milenial antara lain Fajar Hidayat, Fajar Dwi Pamuji, Ajeng Wirachmi, Sri Maulidini. Dukungan senior juga semakin banyak antara lain Pemred Inews.id Masirom, Humas KaUnsoed Alief Einstein, Dr Nurul Hidayat, serta Sutriyono Robert (penulis buku biografi Rubiyanto Misman).

Di tahun kedua, web makin berkembang. tercatat data alumni yang masuk di sistem database sudah mencapai 728 alumni, dan kegiatan makin berkembang. Perkembangan terbaru Kafapet sudah memiliki akun Instagram dan Channel Youtube.

Di masa pandemi covid Kafapet-Unsoed.com aktif menyelenggarakan webinar membahas isu peternakan terkini, serta training internet marketing (3 kali pertemuan) yang menghadirkan pakar digital marketing Dr Nurul Hidayat yang juga warga Kafapet Unsoed.

Annual meeting menyepakati kegiatan tahun ini hingga memasuki usia 3 tahun di bulan Maret 2021 antara lain :
  1. Memperkuat kepengurusan dengan pembagian tugas dan target yang lebih jelas, 
  2. Mengadakan training jurnalistik untuk internal pengurus dan untuk alumni,
  3. Merekrut anggota tim baru untuk memperkuat kaderisasi, dan 
  4. Menerbitkan buku Profil Tokoh Alumni. 
Di bagian akhir, Ketua Kafapet Jabodetabeksuci menyampaikan saran agar dijajaki kemungkinan kafapet unsoed.com dan tim wartawannya mendapat legalitas, adapun mengenai tim yang sudah memenuhi syarat mendapat kartu pers akan segera dibuatkan kartunya.

Ia juga menegaskan bahwa semua kegiatan tim adalah murni pengabdian untuk kemajuan Kafapet. "Untuk itu kami sekali lagi mengucapkan terima kasih atas dedikasi teman-teman semua, semoga apa yang dilakukan menjadi amal yang mendapat Ridho dari Allah SWT," ujar Roni. ***

Penulis : Fajar & Bams

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Semoga kafapet-unsoed.com sebagai media pemersatu alumni, dan memberikan kontribusi bagi bangsa Indonesia....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus

Jika kesulitan posting komentar via hp harap menggunakan komputer