Keharmonisan Kampus Fapet Unsoed dengan Alumni Bersinergi Dalam Kegiatan Berbagi Telur dan Kajian


Kafapet-unsoed.com - Keluarga Alumni Fapet Unsoed  Daerah Istimewa Jabodetabeksuci (Kafapet Unsoed D.I.J) saling bergandeng tangan dengan kampus Fapet Unsoed dalam melakukan kegiatan "Gerakan Berbagi Telur" dalam rangka Hari Ayam dan Telur Nasional dengan Tema Tingkatkan Imunitas dan Kesehatan. Kegiatan Gerakan berbagi telur dan Karkas ayam broiler telah dilaksanakan mulai tanggal 9 Oktober 2021 dengan ditandai kegiatan sunatan masal untuk anak anak pemulung bertempat di Sekolah Alam Yayasan Tunas Mulia TPA Bantargebang Bekasi yang dibatasi 50 anak, plus diikuti dengan pembagian telur dan karkas ayam broiler. Gerakan Berbagi Telur disebarkan ke tujuh wilayah yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang. Bekasi, Sukabumi, Cianjur dan sekitarnya (Jabodetabeksuci) dengan sasaran murid PAUD, TK dan siswa SD serta beberapa yayasan yatim piatu dan panti jompo.

Gerakan berbagi telur dan karkas ayam dapat apresiasi dan dukungan dari Kampus Fapet Unsoed untuk mengikuti aksi Gerakan Berbagi Telur untuk para santri tingkat PAUD, TK dan SD di pesantren Sekolah Alam Yayasan Tunas Mulia TPA Bantargebang Bekasi yang dipimpin oleh Nadam Dwi Subekti  Alumni Fapet Unsoed angkatan 88.

Kegiatan di Pesantren Yayasan Mulia ini dibarengi dengan Kajian Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci yang perdana setelah Pandemi Covid 19, kajian Kafapet ke 60 dimulai lagi setelah status level turun dan diperbolehkan untuk melakukan kegiatan tatap muka dengan tetao menjalankan Prokes covid 19. Triana sebagai Dekan Fapet Unsoed secara khusus memberikan apresiasi dan ucapan selamat, "Kami sebagai Dekan Fapet Unsoed memberikan apresiasi sebesar besarnya kepada Alumni atas kegiatan yang mulia ini. Semoga kedepannya kami dikampus semakin dekat lagi dengan alumni".

Gerakan Pembagian Telur dan Kajian yg dilaksanakan Minggu, 17 Oktober 2021 di Musholla Annurlin Yayasan Tunas Mulia Bantar Gebang Bekasi. Acara Pembagian Telur dan Kajian rutin Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci  dihadiri 40 alumni Fapet Unsoed serta Dosen Fakultas Peternakan Unsoed yaitu Nunung Noor Hidayat, Agus Susanto, Imbang Haryoko dan Abdhuha Nurus Syamsi, Ketua Kafapet DIJ Yudhi Akhmadi dan pengurus, Dewan Penasehat Organisasi yang diwakili Aries Teguh Wibowo, dan beberapa perwakilan Alumni Fapet Lintas Angkatan, yaitu Dendri Prabandari Fapet 81 sampai Alumni Milenial yg baru lulus kuliah angkatan 2017.  Hadir pula Alumni Fakultas Biologi Unsoed Mulyanto Diharjo dan Purwanta Sumardi. Dusela sela kajian, dilakukan acara  serah terima Donasi dari Dekan Fakultas Peternakan Unsoed dan Takmir Masjid Al An'am Fapet Unsoed kepada Yayasan Tunas Mulia, acara serah terima ini diberikan oleh Nunung Dosen Fapet Unsoed ke Pimpinan Sekolah Alam  Yayasan Tunas Mulia Nadam Dwi Subekti.

 Foto 2. Nunung Noor Hidayat


Dalam kesempatan ini Nunung menyampaikan salam dan permohonan ma'af Dekan Fapet Unsoed tidak bisa hadir, dan memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Kafapet Unsoed D.I. Jabodetabek, "Kampus Fapet Unsoed memberikan apresiasi sebesar besarnya kepada Kafapet D.I. Jabodetabeksuci atas kekompakan dan aktifitasnya, Kampus Fapet Unsoed senatiasa akan support setiap kegiatan positif yg dilakukan Alumni', ujar Nunung. 

Setelah Acara kegiatan Pembagian Telur dan Kajian, acara dilanjutkan ramah tamah diawali oleh sohibul bait Nadam dan kemudian ramah tamah dipimpin oleh Aris Teguh (perwakilan DPO Kafapet D.I.J), kemudian dari Fakultas Peternakan diawali oleh dosen Nunung Noor Hidayat. Dalam acara ramah tamah ini Nunung menyampaikan beberapa informasi, diantaranya : 

  1. Pergantian pucuk pimpinan Fapet dari Prof. Ismoyowati ke Dr. Triana Setyawardani. 
  2. Sekilas info kondisi Fapet, saat ini mendapatkan Hibah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (NBKM) dari Kemendikbudristek, merupakan prestasi tersendiri karena Fakultas Peternakan menjadi 1 diantara 3 Prodi lainnya yang mendapatkan hibah dua diantaranya  adalah Prodi Biologi dan Prodi Komunikasi FISIP, di Unsoed sendiri terdapat sekitar 60 Prodi.
  3. Hibah MBKM bertujuan untuk meningkatkan IKU (Indikator Kinerja Umum), Kemendikbudristek menargetkan ada 9 IKU yang harus dicapai oleh fakultas, salah satu IKU tersebut ada yang berkaitan adalah Alumni, diperlukan data-data tentang kondisi alumni terkini sehingga perlu dilakukan tracer alumni.  Mungkin bisa saja quisioner tersebut (dalam bentuk google form) dikirim ke alumni kemudian dimintakan untuk diisi, namun untuk menjalin silaturami dan kerjasama yang lebih erat  dilakukan juga kunjungan ke kantong-kantong alumni. 
  4. Untuk mahasiswa sendiri kegiatan MBKM diantaranya adalah Magang di DUDI lama pelaksanaannya 4 bulan yang disetarakan dengan 20 SKS.

Foto 3. Agus Susanto Menjelaskan Program


Dosen lainnya dari Fapet Unsoed yaitu Agus Susanto  menjelaskan Program MBKM yang mempunyai tujuan, diantaranya : 1. Meningkatkan kompetensi lulusan, 2. Meningkatkan kompetensi dosen, 3. Perbaikan kurikulum. 

Pada kesempatan ini Agus Susanto menekankan kegiatan yang berkaitan dengan alumni diantaranya tracer studi, diharapkan dengan data-data yang diisi oleh alumi termasuk berbagai masukannya akan dijadikan sebagai bahan evaluasi kurikulum dan juga untuk meningkatkan Indikator Kinerja Umum (IKU) Universitas . "Diharapkan para alumni Fapet Unsoed berperan aktif untuk mengisi daftar pertanyaan yang sudah di share di group group WA", ujar Agus. Gayung bersambut, Dosen muda dari Fapet Unsoed, Afduha NS memandu pada alumni untuk mengisi kuisioner dalam bentuk Google form, "Jika ada yang kurang dimengerti bisa langsung ditanyakan, dan kami akan membimbing secara langsung cara pengisiannya", Afduha menjelaskan kepada para alumni. Oleh karena itu, kami mohon bantuan bagi saudara/i alumni sekalian utamanya yg lulus pada 5 tahun terakhir untuk mengisi form tracer study di bawah ini


http://bit.ly/tracerUnsoed



Foto 4 dan 5. Diskusi ddan foto bersama Kafapet 


Ramah tamah acara ditutup dengan sesi foto bersama.


Penulis    : Roni dan Yudhi
Editor      : Roni

Foto         : Yudhi & Zanuar

Posting Komentar

1 Komentar

Jika kesulitan posting komentar via hp harap menggunakan komputer