Wirausahawan Sukses Berikan Pembekalan Kepada Mahasiswa Baru Fapet Unsoed 2022/2023

Kafapet-unsoed.com. Purwokerto. Guna memicu semangat belajar dan memberikan gambaran terkait dunia peternakan, Fapet Unsoed sukses mengadakan pembekalan kepada mahasiswa baru S1 dan D3 angkatan 2022/2023 pada Minggu (14/8). Sebagai narasumber, diundang wirausahawan sukses yang berkecimpung di dunia ayam petelur yaitu Nurcahyo Megantoro.

Alumni Fapet Unsoed angkatan 88 ini berbagi cerita perjalanan wirausahanya di dunia perunggasan. Nurcahyo  belajar mandiri dan berwirausaha sejak kecil guna melatih mental wirausaha dengan cara berjualan dan menjadi kernet bus. Nurcahyo pun selalu membuat target dalam hidupnya dan bersungguh-sungguh mencapai target tersebut. Terbukti saat kuliah, Nurcahyo berhasil mendapatkan beasiswa dan lulus tercepat kedua di angkatannya.

Kesuksesan Nurcahyo dalam berwirausaha tentu melalui proses panjang dan penuh tantangan. Setelah lulus kuliah, Nurcahyo sempat bekerja di Kalbe Farm AHD. Kemudian perjalanan Nurcahyo mendirikan farm dimulai pada tahun 1994 dengan memelihara layer sebanyak 10 ekor di rumahnya. Pada tahun 1998, Ia merintis usaha ayam broiler dengan cara join bersama beberapa orang teman. Hingga pada tahun 2002, Nurcahyo memberanikan diri menyewa lokasi farm dan memelihara layer sebanyak 10.000 ekor di daerah Pakis Magelang.

Usaha yang terus maju dan berkembang membuat Nurcahyo memperluas peternakannya. Di tahun 2004, Ia membuat kandang di daerah Kaliangkrik Magelang secara bertahap untuk populasi layer 6.000 ekor dan terus bertambah hingga sekarang.

Sebagai seorang alumni, Nurcahyo berbagi informasi terkait peluang kerja lulusan peternakan. Lulusan Fakultas Peternakan dapat bekerja di berbagai bidang mulai dari perusahaan obat, pakan, marketing, QC, nutrisionis, perbankan dan lain-lain. Selain itu, lulusan peternakan pun bisa bekerja di farm seperti breeding, hatchery, farm komersial, tenaga ahli peternakan serta pelaku bisnis seperti jual beli ternak, hasil ternak, poultry shop dan pet shop.

Sebagai bekal untuk mahasiswa baru, Nurcahyo membagikan kiat sukses untuk menjadi pengusaha yang mandiri dan sukses yaitu berilmu, memiliki mimpi dan cita-cita yang kuat. Wirausahawan pun perlu memiliki mental berani, yaitu berani melangkah, memulai usaha dan mengambil risiko. Selain itu tentunya harus bekerja keras, karena segala sesuatu tidak ada instan. Kiat terkahir adalah modal yang mendukung.

Nurcahyo percaya kelak akan terbentuk banyak wirausahawan sukses dari mahasiswa baru Fapet Unsoed angkatan 2022 ini. Sebagai penutup Nurcahyo berpesan "Setiap terjun dalam satu bidang, tunjukkan bahwa kalian MAMPU, TOTALITAS dan SUKSES!"


Penulis : Amanda

Editor : Fajar

Foto : Panitia PKKMB 2022

Posting Komentar

0 Komentar