3 Anggota Kafapet Unsoed Raih Sertifikasi Insinyur Profesional Tingkat ASEAN


Kafapet-unsoed.com - Alumnus Keluarga Alumni Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Kafapet  Unsoed) Pertama yang meraih Sertifikasi Insinyur profesional tingkat ASEAN adalah Prof.  Marsetyo, Ph. D,  IPU. ASEAN Eng.
Prof.  Marsetyo, Ph. D,  IPU. ASEAN Eng

Bulan November mendatang bertempat di Kamboja, dua anggota Kafapet Unsoed akan mendapatkan Sertifikasi Insinyur profesional tingkat Asean dan telah Teregritasi dari Organisasi Insinyur dari sepuluh negara ASEAN yang tergabung dalam ASEAN Federation of Engineering Organisations (AFEO), yaitu :

1. Prof.Dr.Ir. Mas Yedi Sumaryadi, M.S., IPU,  ASEAN Eng 

2. Ir.  Roni Fadilah, SE, IPU,  ASEAN Eng

Dalam ketentuan umum Undang-Undang Nomor 11 tahun 2014 tentang Keinsinyuran disebutkan bahwa Keinsinyuran adalah kegiatan teknik dengan menggunakan kepakaran dan keahlian berdasarkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan nilai tambah dan daya guna secara berkelanjutan dengan memperhatikan keselamatan, kesehatan, kemaslahatan, serta kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan. Praktik Keinsinyuran adalah penyelenggaraan kegiatan Keinsinyuran. 

Prof.Dr.Ir. Mas Yedi Sumaryadi, M.S., IPU,  ASEAN Eng 

Insinyur adalah seseorang yang mempunyai gelar profesi di bidang Keinsinyuran. Unsur penting dalam Praktik Keinsinyuran adalah sikap, penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan teknik yang dimiliki, yang diperoleh melalui pendidikan dan pelatihan.

Profesi keinsinyuran dapat diperoleh dengan dua cara, yaitu dengan cara perkuliahan program profesi insinyur dan melalui diklat yang diusulkan oleh asosiasi teknik. Perkuliahan program profesi insinyur dapat dilakukan bagi mahasiswa yang baru saja lulus (undergraduate) dan belum bekerja yang dilanjutkan mengikuti kuliah profesi di Perguruan Tinggi penyelenggara Program Studi Program Profesi Insinyur (PS-PII).

Ir.  Roni Fadilah, SE, IPU,  ASEAN Eng

Oleh Persatuan Insinyur Indonesia (PII) telah mengklasifikasikan kualifikasi keinsinyuran berdasarkan skor yang diperolehnya saat pengajuan sertifikasi insinyur. Kualifikasi keinsinyuran tersebut adalah:

1. Insinyur Profesional Pratama (IPP) dengan skor 600
2. Insinyur Profesional Madya (IPM) dengan skor 3000
3. Insinyur Profesional Utama (IPU) dengan skor 6000

Gelar ASEAN Engineer (ASEAN Eng)  diberikan oleh ASEAN Federation of Engineering Organization (AFEO) kepada para Insinyur yang telah menyelesaikan pendidikan dan pelatihan (diklat) serta pengisian Porto Folio keinsinyuran.

Pengakuan dari AFEO kepada Insinyur profesional,  memberikan keleluasaan dan mobilitas yang tinggi untuk Insinyur bekerja di Negara-negara ASEAN atau negara lainnya yang bekerjasama dengan ASEAN.

Selamat kepada Roni Fadilah  Pimpinan Redaksi Kafapet-Unsoed.com yang telah mendapatkan ASEAN Eng, dan merupakan alumni Fapet Unsoed Pertama yang mendapatkan gelar tersebut dari pihak Swasta.



Penulis : Fajar
Editor   : Fajar
Foto      : Roni 

Posting Komentar

0 Komentar