Unsoed Raih Dua Prestasi Bergengsi

Penyerahan Medali Emas dan Special Award of Entrepreneurship (18 Maret 2023) di Kuala Lumpur, Malaysia.

Purwokerto, Kafapet-unsoed.com. Prestasi tingkat internasional kembali diraih oleh Tim Unsoed dengan 2 (dua) perolehan prestasi sekaligus yakni pertama "Gold Medal: The Category of Protection of Environment, Energy, Water and Sanitation" dan kedua "Special Award of Promising Young Entrepreneur by National STEM Association" pada kompetisi bergengsi Malaysia Technology Expo 2023, bertempat di Putra World Trade Center (WTC) Kuala Lumpur, Malaysia. Kompetisi tahunan tersebut diselenggarakan pada 16-18 Maret 2023. Acara ini menjadi pergelaran yang ke-22 kalinya, ujar Ketua Tim Unsoed Egi Bachtiar kepada Ir.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com

Egi (sapaan akrab Egi Bachtiar) yang pernah meraih Silver Medal of KIDE Taiwan (Kaohsiung Invention and Innovation Design Expo) tahun 2022 menjelaskan bahwa di bawah bimbingan Dosen Unsoed Dr.Ir.Hj.Rahayu Widiyanti,M.P., Tim Unsoed mengangkat inovasi berjudul "HEBE Soap: Organic & Antioxidant Body Soap Made from Soybean Dregs to Utilize Tofu Waste in Kalisari Village, Banyumas, Indonesia". Diketuai oleh Egi Bachtiar (Fakultas Ekonomi dan Bisnis/FEB), tim ini beranggotakan 6 orang yakni: Maulana Hasbi Asshidiq (Fakultas Peternakan/Fapet), Muhammad Farhan Daud (Fapet), Heni Fatmayanti (FEB), Rachel Sekar Vini Utami (FISIP), Ria Rohayati (Fakultas Pertanian), dan Annisa Tiara Qurrota A'yun (FEB).

Produk Sabun Organik Berbahan Dasar Ampas Tahu.

Ketua ASPIKMAS (Asosiasi Pengusaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kabupaten Banyumas) Academy (2022 - 2023) Egi mengatakan bahwa setelah melalui berbagai tahapan dan seleksi penilaian selama lima (5) bulan, mulai dari pembentukan tim, proses produksi, hingga perancangan proses pemasaran dan komersialisasi, Tim Unsoed berhasil bersaing dengan 149 tim lain yang datang dari berbagai negara di Asia maupun Eropa seperti: Singapura, Prancis, Saudi Arabia, China, Hong Kong, Inggris, Iran, dan Swedia.

Gold Medal dan The Special Award of Promising Young Entrepreneur (18 Maret 2023) di Kuala Lumpur, Malaysia.

Prestasi ini menurut Egi yang juga Kepala Bidang (Ministry) Klub Debat pada UKM English Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed (2021-2022) merupakan sebuah kebanggaan bagi Unsoed, karena tim memperoleh kesempatan untuk memperkenalkan potensi ampas tahu di Desa Kalisari, Banyumas, hingga memperoleh apresiasi yang tinggi di kancah internasional. "Untuk kendala dalam perlombaan ini, mungkin perlu adanya keberanian tinggi untuk mengikuti lomba di tingkat internasional," ungkap Egi, selaku ketua tim ketika ditanya mengenai kesulitan selama mengikuti ajang bergengsi ini.

Selanjutnya Egi menambahkan, "Karena butuh persiapan yang cukup panjang supaya bisa lolos di setiap tahapan kompetisi, sebenarnya cukup melelahkan, tetapi kita tetap berusaha sampai akhir untuk hasil yang maksimal." Perjuangan tidak mengkhianati hasil, setelah berbulan-bulan mempersiapkan perlombaan ini, tim Unsoed kembali dengan mengantongi dua prestasi bergengsi sekaligus.



Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum.

Foto          : Ir. Alief Einstein, M.Hum.

Posting Komentar

0 Komentar