Gempa Bumi Guncang Bogor dan Sekitarnya

Yogi Adi Prasetya,S.T, M.Sc. (Dosen Teknik Geologi Fakultas Teknik Unsoed dan Alumni S2 dari Kyushu University, Fukuoka, Jepang).

Purwokerto, Kafapet-unsoed.com. Gempa berkekuatan magnitudo 4,2 mengguncang Bogor, Jawa Barat pada Kamis, 14 Desember 2023 sekitar pukul 06.36 WIB., ungkap Dosen Teknik Geologi Fakultas Teknik Unsoed, Yogi Adi Prasetya,ST.,MSc. dalam pemaparannya yang didampingi Ir.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com

Menurut Yogi (sapaan akrab Yogi Adi Prasetya,S.T, M.Sc.) bahwa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi sekitar pukul 06.35 WIB. Pusat gempa berada 24 km barat laut Sukabumi dengan kedalaman 10 km. Gempa susulan terjadi sebanyak 2 kali yaitu magnitudo 2.2, pada pukul 09:10:05 WIB, lokasi 24 km Barat Laut Kab.Sukabumi Jabar dengan kedalaman 15 Km, berikutnya gempa susulan dengan magnitudo 2.4 dan 2.2 terjadi pada pukul 09:54:04 WIB dan 11:16:11 WIB di lokasi yang sama.

Selanjutnya Yogi (alumni Program S2 Kyushu University, Fukuoka, Jepang) mengatakan bahwa berdasarkan informasi yang disampaikan BMKG, maka dapat diperkirakan gempa tersebut termasuk gempa dangkal karena hanya memiliki kedalaman 10 km. Dengan kedalaman tersebut dipastikan bahwa sumber gempa bumi bukan karena aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia.


Dengan kedalaman gempa 10 km dan berada di Sukabumi dapat diinterpretasikan bahwa gempa tersebut adalah jenis gempa akibat sesar mendatar, ujar Yogi yang juga anggota Ikatan Ahli Geologi Indonesia.

Untuk memastikan sumber gempa, Yogi berharap kepada warga menunggu informasi lebih lanjut dari instansi terkait seperti BMKG, BPBD, dan Pemerintah Daerah. Diharapkan juga warga dan masyarakat selalu waspada terhadap gempa susulan yang kemungkinan datang, dan segera pergi ke tempat terbuka jika terjadi gempa yang lebih besar.



Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto          : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar