Breaking News

Setahun Website Kafapet Unsoed; Antara Peran Dokumentasi, Informasi dan Interaksi

Kafapet-Unsoed.com. Tanpa terasa website Kafapet Unsoed.com yang tengah Anda baca ini, per Maret 2019 sudah memasuki usia satu tahun. Berdasarkan catatan redaksi, nama domain Kafapet-Unsoed.com dibeli di domosquare.com (penyedia layanan domain dan hosting) pada tanggal 9 Maret 2018. Beberapa hari setelah  pendaftaran, website sudah tayang di dunia maya. Jadi sekitar pertengahan Maret 2018, Kafapet-Unsoed.com sudah resmi dapat diakses di jagat online.

Website ini bisa direalisasikan awalnya  dari obrolan saya dan Ketua Kafapet Unsoed Jabodetabek Roni Fadilah setelah acara kajian bulanan ke 43 di kediaman Ketua KA Unsoed Haiban Hadjid, Jakarta,  Minggu 4 Maret 2018. Di sela-sela acara ramah tamah usai pengajian tersebut, ada presentasi tentang penawaran kerjasama dari sebuah lembaga untuk mengembangkan sistem website dan database alumni Unsoed.

Dari situ tercetus ide bagaimana kalau Kafapet Unsoed saja yang memulainya sendiri dengan sumber daya yang ada. Dari perbincangan ringan tersebut, Roni mengatakan, bahwa pihaknya sudah merencanakan pembuatan website namun belum terealisir. Roni dengan penuh semangat mendukung ide saya dan meminta saya segera berkordinasi dengan pengurus Kafapet Jabodetabeksuci Yudhi Achmadi dan alumni lain yang sekiranya bisa membantu merealisasikan ide website.

Dalam waktu singkat , beberapa hari kemudian,  saya dan Yudhi mengadakan pertemuan membahas langkah realisasi pembuatan website. Saya lanjutkan pertemuan dengan Nurtania Sudarmi yang berprofesi sebagai wartawan untuk membahas isi website dan teknis input data alumni. Disepakati bahwa website ini bukan sekedar media informasi kegiatan alumni namun harus bisa difungsikan untuk menjaring data alumni. Langkah awal yang butuh bantuan Yudhi adalah membuat alamat email yang digunakan untuk keperluan pendaftaran akun website.

Lantas dengan berbekal pengalaman dan pengetahuan seadanya, saya membeli nama website dan membeli sistem outoresponder dan broadcast Mulxim untuk menjaring nama dan alamat alumni.

Saya lalu mencari disain web yang sederhana dan mudah dilihat dari desktop maupun handphone. Alhamdulillah pada pertengahan maret sudah tayang, termasuk sistem mulxim. Saya juga order pembuatan aplikasi android untuk memudahkan akses ke web dan formulir alumni.

Dalam waktu singkat website mendapat akses banyak dari alumni yang tersebar di berbagai daerah , juga dari luar negeri.

Integrasi Web dan Database

Jika Anda masuk ke website kafapet-unsoed.com, Anda akan menemukan sebuah formulir yang perlu diisi dengan iming-iming "Daftar dan Dapatkan ebook Biografi Jenderal Soedirman dan Informasi lainnya". Dengan mengisi form tersebut anda akan mendapatkan balasan otomatis, yaitu:

  1. Perlu klik link konfirmasi bahwa anda alumni yang telah mengisi form (untuk memastikan bahwa yang mengisi bukan sistem robot). 
  2. Menerima link ebook Biografi Jenderal Soedirman.

Dengan mengisi form, maka sistem Mulxim.com langsung menerima data alumni secara otomatis. Sistem ini juga bermanfaat untuk mengirim broadcast email ratusan email dengan sekali klik, dan setiap penerima email disebut namanya masing-masing. Kapasitas saat ini maksimal 1000 alamat email . Nantinya jika data yang terkumpul menyentuh angka 1000, dapat diupgrade untuk kapasitas yang lebih banyak.

Perkembangan Pengunjung

Selama setahun tayang, statistik visitor (pengunjung) menunjukan angka 45.336 (tanggal 14 Maret 2019 pukul 22.00). Jika dihitung setahun 365 hari maka rata-rata pengunjung sebanyak 124 pengunjung per hari dan 3.778 pengunjung per bulan dan 872 pengunjung per minggu. Sebagai website komunitas yang relatif kecil (komunitas alumni Fakultas Peternakan Unsoed), maka rataan 124 pengunjung per hari adalah angka yang bagus. Kabarnya ada website sebuah organisasi tingkat nasional, pengunjung websitenya masih di bawah 100 per hari.

Sementara itu jumlah alumni yang sudah mengisi formulir sebanyak 465 orang. Angka ini masih kecil dibanding jumlah alumni yang sudah ribuan orang.

Artikel  Terpopuler 

Data statistik pengunjung menunjukkan artikel-artikel yang  populer (banyak dibaca) adalah yang menyangkut kesuksesan alumni. Artikel berjudul "Dua  alumni dilantik  sebagai pejabat Kementan" mendapat kunjungan terbanyak (930) . Artikel lain yang laris adalah profil sukses alumni antara lain Prof Mulyoto Pangestu (pakar reproduksi yang mendunia), Hernani Da Silva (Mantan Menteri Luar Negeri Timor Leste). Juga tentang mengenang dosen atau tokoh alumni yang sudah tiada, antara lain Prof Sri Suhermiati, Achmad Gozali dan lain-lain.

Dugaan saya, para pengunjung web yang sebagian besar warga Kafapet menyukai artikel tentang profil tokoh alumni baik yang masih hidup maupun yang sudah tiada .

Jenis artikel lain yang banyak dikunjungi adalah tentang hasil diskusi di group wa Kafapet dengan topik aktual waktu itu yaitu mengenai gejolak bisnis perunggasan. Tampaknya artikel ini cukup viral ke lingkungan perunggasan hingga ke luar alumni Fapet Unsoed.

Adapun mengenai asal pengunjung, dapat dilihat bahwa ternyata pengunjung web bukan hanya asal Indonesia namun juga dari USA, Israel, Tiongkok, India, Perancis, hingga Rusia.

Mungkin saja di negara tersebut ada alumni yang sedang bekerja atau kuliah, mungkin juga memang ada orang negara tersebut yang secara sengaja atau tidak sengaja berkunjung ke web kita.

Peran Informasi, Dokumentasi  dan Interaksi

Website kini diakui sebagai penyimpan data dan informasi yang bagus. Jika Anda sudah membuat informasi di website, sewaktu-waktu  Anda bisa membukanya kembali. Anda tinggal ketik info yang dicari di mesin pencari yang ada di website.

Dengan demikian selain sebagai penyebarluasan informasi, juga untuk mendokumentasi informasi yang pernah ditulis. Inilah bedanya dengan media cetak. Meskipun media cetak berperan sebagai penyimpan informasi, namun dalam proses mengambil informasi yang dibutuhkan , teknis mencarinya cukup merepotkan.

Website kafapet-unsoed.com sangat memudahkan pengurus untuk mencari informasi susunan pengurus Kafapet Pusat dan maupun daerah, acara berita kegiatan kafapet, dan berbagai informasi lainnya. Misalkan Anda mau mencari info kapan dan dimana acara pengajian bulanan ke 50 Kafapet Jabodetabeksuci, buka saja website kafapet-unsoed.com dan ketik  kajian ke 50 di kotak bertuliskan "search". Dalam sekali klik akan Anda temukan berita "Kajian Edisi Emas" yang diselenggarakan di kediaman Shita Anisa Doman dengan tema Silaturahmi. Anda lupa kapan dan dimana acara Temu Alumni Nasional 2018 ? ketik saja temu alumni nasional 2018 di kotak search akan ditemukan berita acara Temu Alumni Nasional Kafapet Unsoed yang penuh gebyar , pada Minggu, 4 November 2018 di MG Setos Semarang. Itulah manfaat website yang sering tidak disadari oleh organisasi.

Tim redaksi sebenarnya sudah berupaya mengumpulkan susunan pengurus Kafapet di berbagai daerah berukit foto-fotonya, sayangnya hanya beberapa daerah yang mengirimkan susunan pengurus. Ada juga ketua Kafapet Daerah yang lupa pengurusnya siapa saja. Harap maklum memang seperti itulah sebuah organisasi sosial. Meskipun demikian, dibanding keluarga alumni fakultas lain, pastinya Kafapet paling produktif dalam berkarya dan bersilaturahmi.

Dengan adanya sistem data alumni, juga akan memudahkan penyebaran informasi melalui email. Hingga saat ini data alumni yang masuk baru 465 orang dari semua angkatan. Ini artinya masih ada ribuan alumni yang belum secara aktif mengisi formulir di web ini. PR untuk tim redaksi dan pengurus untuk kembali mengingatkan para alumni yang belum mengisi formulir agar segera mengisi.

Dekan Fapet Prof Ismoyowati kepada redaksi Kafapet-Unsoed.com belum lama ini  menyatakan, akan menghimbau setiap alumni yang baru diwisuda untuk mengisi formulir melalui web. Hal ini mudah-mudahan akan membuat langkah pengumpulan data lebih efektif.

Website juga berperan sebagai wadah interaksi antar alumni. Di era medsos sekarang ini interaksi antar alumni yang terbanyak melalui whatasapp, Facebook, telegram serta Kopi darat (Kopdar), website dan email berperan untuk menambah kualitas interaksi karena adanya pemberitaan kegiatan, foto-foto kegiatan yang terdokumentasi serta tentunya menjadikan kebanggaan karena kegiatan dapat diakses publik baik di dalam maupun luar negeri.

Keberadaan website mestinya juga meningkatkan citra kampus yang menghasilkan alumni yang selalu kompak, saling mendukung, rukun dan terus berkontribusi memajukan kampus serta memajukan dunia peternakan, langsung maupun tidak langsung.

Langkah Apalagi Ke Depan 

Memasuki usia dua tahun, apalagi langkah yang perlu dilakukan? Pastinya  peran website sebagai media untuk mendokumentasi kegiatan, mengumpulkan data alumni, menyebarluaskan informasi, serta wadah interaksi dapat terus ditingkatkan. Peran lainnya dapat dibicarakan lebih lanjut.

Untuk itu saya mengundang semakin banyak alumni yang dapat berkontribusi di website ini melalui penulisan artikel dan informasi kegiatan untuk dimuat di website . Sebagai penghargaan kepada yang telah berkontribusi, atas kesepakatan dengan Ketua Kafapet Jabodetabeksuci Roni Fadilah, Kafapet-Unsoed.com akan menerbitkan Kartu Pers Kafapet-Unsoed.com versi E-money yang dapat berfungsi ganda, sebagai ID Card sekaligus sebagai e money untuk pembayaran tol, parkir, naik kereta jabodetabek, belanja dan sebagainya.

Kafapet-Unsoed.com mengucapkan selamat dan terima kasih kepada nama berikut ini yang akan mendapatkan kartu pers :
  1. Roni Fadilah
  2. Bambang Suharno
  3. Alief Einstein
  4. Nurtania Sudarmi
  5. Sutriyono Robert
  6. Farid Dimyati
Bagi alumni yang belum mendapat kesempatan mendapatkan Kartu Pers dan berminat untuk mendapatkannya, silakan menulis liputan atau bahan liputan secara konsisten untuk dimuat di website.

Akhir kata , saya mengucapkan terima kasih kepada beberapa pihak yang mendukung kelancaran aktivitas website  antara lain :
  • Dekan Fapet Unsoed berserta jajarannya
  • Pengurus Kafapet Pusat dan Kafapet Jabodetabeksuci 
  • Pengurus Keluarga Alumni Unsoed Pusat
  • Para kontributor, antara lain : Nurtania Sudarmi, Farid Dimyati, Sutriyono Robert, Pak Alief Einstein  
  • Para alumni yang banyak memberikan informasi bahan penulisan.

Jakarta, 15 Maret 2019
Redaksi Kafapet-Unsoed.com



Bambang Suharno











Tidak ada komentar

Jika kesulitan posting komentar via hp harap menggunakan komputer