Beberapa Alasan Kenapa Kamu Harus Memilih Fakultas Peternakan Sebagai Pilihan Masa Depan mu


Masuk bulan Desember, berarti sebentar lagi riuh anak milenial dari kalangan SMA- sederajat akan disodorkan dengan pilihan-pilihan untuk masa depannya. Apalagi kalau bukan menduduki bangku perguruan tinggi.  Baik negeri maupun swasta, ada beberapa istilah yang mungkin udah tidak asing lagi untuk kita. Ya, seperti SNMPTN, SBMPTN, SPMB dan beberapa istilah seleksi lainnya yang mungkin diadakan di tiap kampus.



Banyak diantara pelajar SMA/SMK atau yang sederajat dengan itu, kebingungan memilih jurusan atau fakultas apa yang akan dipilih. Buat kamu yang masih bingung, kamu bisa konsultasi dengan orang-orang terdekat, misal ayah, ibu, kakak, abang, pacar atau pun tetangga hehe. Karena sebagian besar, jurusan atau fakultas yang kamu pilih sedikit berpengaruh terhadap masa depan mu ke depan. Masih ingat rumus P = G + L atau P = G + E, dimana G adalah genetik, L (lingkungan)/ E (Environment). Nah, dari rumus itu, memiliki proporsi yang berbeda antara lingkungan dan genetik. Beberapa pendapat menyatakan bahwa proporsi lingkungan jauh lebih besar, dibandingkan genetik, yang artinya lingkungan/jurusan atau pun fakultas yang kamu pilih berpengaruh terhadap masa depan mu. Right!!
Hal yang paling penting dalam menentukan jurusan atau fakultas yang akan kamu pilih, adalah kesesuaian akan kebutuhan kamu dan pastinya sesuai dengan hati kamu. Setiap universitas memiliki kualitas yang baik dan berakreditasi setiap jurusannya, jadi makin bingung deh ya.. hehehe
Baiklah, biar kamu gak makin bingung, saya akan bagikan informasi seputar Fakultas Peternakan. “Kenapa sih kamu harus memilih fakultas peternakan sebagai pilihan masa depan mu?”, semoga beberapa alasan ini menguatkan keinginan mu ya.
  1. Indonesia darurat pangan hewani, Bantulah!! - Tidak bisa dipungkiri, harga selalu naik untuk pangan hewani. Apalagi menjelang Hari Raya. Hal ini dipicu oleh panjang rantai tataniaga peternakan di Indonesia dan sedikitnya stok ternak, terutama sapi. Sehingga harga kian melambung jauh dan menyulitkan masyarakat untuk mengonsumsi protein hewani yang kita tahu memiliki sumbangsih untuk mencerdaskan hehidupan rakyat. Memilih fakultas peternakan, itu artinya kamu akan dicetak menjadi pengusaha di bidang peternakan atau pemangku kebijakan di bidang peternakan untuk mensejahterakan rakyat.
  2. Fakultas Peternakan mempelajari segala ilmu - Memilih fakultas peternakan menjadi pilihan masa depan mu, tentu tidak akan sia-sia. Selama belajar di Fakultas Peternakan, kamu mempelajari dari segala ilmu, seperti Ilmu ekonomi, kesehatan hewan, bahasa inggris, manajemen, obat-obatan, tumbuhan atau pertanian, hukum atau berkaitan dengan UU/regulasi, pengolahan makanan, bahkan mengenai pembangunan pedesaan dan banyak lagi yang membuat kamu menjadi orang yang serba bisa dan serba tahu.
  3. Kamu menjadi pribadi yang lebih mandiri - Banyaknya ilmu yang kamu dapatkan selama berkuliah di fakultas peternakan, kamu bisa menjadi pribadi yang mandiri. Kenapa tidak? Ilmu pengolahan pangan hewani bisa kamu manfaatkan untuk menambah tabungan mu loh. Contoh, kamu bisa mengolah susu menjadi yoghurt atau kefir. Masih banyak yang bisa kamu manfaatkan dari ilmu yang kamu dapatkan dari sana. Selain itu juga, efek dari rutinitas yang padat lainnya, seperti piket kandang yang mengharuskan kamu bangun pagi-pagi, itu akan menjadikan kamu pribadi yang mandiri, sehat jasmani dan rohani (sholat subuh tepat waktu). hehehe ðŸ™‚
  4. Kamu tidak harus menjadi “Pegawai” alias kamu akan menjadi “Pengusaha” - Akibat dari darurat pangan hewani, kamu akan berfikir bagaimana menjadi produsen ternak, sehingga muncullah istilah baru yang akan kamu sandang sebagai lulusan fakultas peternakan yaitu “Pengusaha”. Tidak ada salahnya kamu memilih profesi apa yang akan kamu jalani pasca kampus, bisa menjadi Pengusaha, Pegawai, Dosen dan lainnya. Tentu saja di Fakultas peternakan, kamu bisa mendapatkan itu semua bahkan sekaligus dalam waktu bersamaan. Wow
  5. Cinta Hewan, Cinta Lingkungan, Cinta Makhluk Hidup - Apa hubungannya??. Di Fakultas Peternakan kamu diwajibkan mencintai seluruh hewan ternak, memahami psikisnya dan kamu harus tau mau nya apa. Meskipun kamu tidak diberikan mukjizat layaknya Nabi Sulaiman AS yang diberikan kelebihan untuk berbicara pada hewan, namun setidaknya dari perlakuan kamu terhadap hewan ternak, kamu bisa merasakan apa yang diinginkannya. Alhasil ini akan berdampak pada lingkungan sekitar. Oiya, dekat dengan hewan ternak memiliki perasaan yang berbeda loh. Mood kamu akan baik dan bahagia apabila di dekat hewan ternak.
Beberapa alasan ini semoga menjadi referensi kamu agar kamu lebih yakin dan mantap menjalani hari-hari mu di Fakultas Peternakan ya. Jangan lupa bagikan informasi ini agar orang-orang sekitar tidak memandang sebelah mata mengenai Fakultas Peternakan.
Salam Cinta dari Ujung Kandang
Sri Maulidini

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Fakultas Peternakan khususnya Fapet Unsoed melalui kegiatan praktikum, kerja praktek dan berbagai tugas kelompok secara alamiah mengajarksn disiplin, tangguh, kompak dan mampu bekerjasama dalam teamwork.
    Nilai2 spirit Jenderal Soedirman menjadikan alumninya siap berkarya dimanapun

    BalasHapus

Jika kesulitan posting komentar via hp harap menggunakan komputer