Obrolan Ringan Bersama Dr.Rahman, "Just Info Pak...."

Selasa pagi, sekitar jam 8.00 wib tidak dengan sengaja Team Redaksi Kafapet-Unsoed.com berkomunikasi dengan Bapak Ir. Rahman, S.Pt, MT, IPM., salah satu Dosen Fakultas Peternakan Univetsitas Halu Oleo (UHO), Kendari. Obrolan ringan ini menjadi menarik karena mendiskusikan efek positif dari hasil "Training Jurnalistik" yang telah diselenggarakan oleh Keluarga Alumni Fapet (Kafapet) Unsoed berkerjasama dengan Kafapet-Unsoed.com, BEM Fapet Unsoed dan majalah mahasiswa Peternakan Unsoed (Husbandry) pada penghujung bulan Agustus 20, tepatnya hari Sabtu, 29 Agustus 2020 mulai jam 9.00 wib pagi sampai siang hari.

Ir. Roni Fadilah , SE, Team Redaksi kafapet-unsoed.com


Obrolan di awali saling sapa kabar, terus berlanjut efek positif dari Training Jurnalistik.

"Just info Pak Roni...

Di Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo (UHO) saya mencoba membuat grup WA Mahasiswa Alumni Training Jurnalistik  kemarin dan memberi tugas penulisan 2 jenis artikel  ..", kabar yang disampaikan oleh pak Rahman.

"Luar biasa", kata saya yang langsung diucapkan dalam bentuk tulisan. langkah awal yang baik dalam jurnalistik di lingkungan Fakultas Peternakan UHO, dan "langkah ini lah yang akan mendoromg lahirnya jurnalis yang handal", 

Lebih lanjut pak Rahman menginfokan rencana ke depan yang lebih menarik lagi,

"Karena banyak manfaatnya kita ikut training jurnalistik kemarin.

 Sebagai tugas pertama coba mahasiswa membuat artikel berita dengan Judulnya yang mungkin bisa mereka pilih, seperti 

MAHASISWA FAKULTAS PETERNAKAN UHO DAPAT KUCURAN  DANA KEWIRAUSAHAAN

Lebih lanjut pak Rahman berkata, "Saya rasa contoh judul artikel tersebut cukup menarik untuk dibaca  dan dapat menambah  memotivasi  terutama mahasiswa baru atau calon mahasiswa baru kuliah di Fakultas Peternakan UHO"

Saya sendiri langsung mengapresiasi dan mendorong terus Pak Rahman dan UHO untuk berperan aktif mrngembangkan Jurnalistik di UHO. "Bila perlu segera bikin Media On Line, dan dampaknya luar biasa pak Rahman", timpal saya.

"Betul skali Pak Roni... ini  ide yg menginspirasi kita disini Pak... terima kasih atas sarannya", timpal pak Rahman. Lebih lanjut pak rahman menceritakan rencana pembuatan Media On Line dan Upaya untuk mahasiswa supaya gemar menulis. "Saya akan buat Program pembentukan media on line di Fakultas Peternakan di UHO, kalau masalah biaya kita coba untuk dianggarkan dari kampus"

"Dalam hal tulis menulis, satu lagi saya sarankan ke mahasiswa untuk menulis artikel  Profil Tokoh...

Seperti contoh : Kebetulan dekan Fakultas Peternakan UHO  Dr. Ali Bain MSi terpilih  sebagai Dosen Berprestasi 1 di UHO.. saya rasa  cukup  menarik untuk ditulis artikelnya"

Pembicaraan berlanjut, sampai membicarakan teknis pembuatan media. Dan kami pun dari team Kafapet-Unsoed.com siap untuk mensupervisi pembuatan media di UHO.

Lebih rinci Dr. Rahman memberikan sedikit pemikirannya tentang  kampus, Jurnalistik dan kaum melenial, 

Di era milenial saat ini banyak sekali informasi yang berkembang  dari berbagai bidang yang dimuat  di berbagai media sosial terutama media online.  Dalam menyikapi fenomena ini,  kampus  tidak boleh  tenggelam dalam arus informasi yang serba cepat ini.  Setiap detik ada saja informasi yang  ditulis dan dipublish pada berbagai media sosial baik cetak maupun elektronik.    

Kampus sebagai institusi ilmiah yang menjalankan tridharma (Pendidikan dan Pengajaran. Penelitian dan Pengembangan. Pengabdian Kepada Masyarakat) diharapkan  ikut mewarnai pemberitaan online arus informasi  dengan berbagai  berita dan  artikel yang memuat isu-isu kegiatan  tridharma tsb.  

Untuk mewujudkan hal ini  maka kampus  harus mampu berperan  tidak hanya  sebagai  good reader tetapi juga yang utama sebagai    good writer dalam  arus informasi tsb.  Oleh karena itu,  kampus tidak cukup dengan mengandalkan  guratan pena wartawan lokal  atau melalui  laporan hasil kegiatan atau melalui website universitas atau fakultas tetapi diperlukan sebuah media kampus yang diisi dan digerakkan oleh mahasiswa utamanya mahasiswa  alumni training jurnalistik kemarin di bawah bimbingan dosen.   

Nah...dengan adanya media online kampus  tsb dapat dijadikan sebagai sarana   kegiatan diseminasi hasil hasil  riset dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi atau informasi tentang introduksi IPTEKS bagi  peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan  pengabdian kepada masyarakat.  Dengan demikian media online kampus  dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat luas.

Karena aktifitas sehari hari yang menunggu, kami pun berdua saling pamit. Selamat pak Rahman, Selamat buat Mahasiswa Fakultas Peternakan UHO, Selamat buat Universitas Halu Oleo. Sukses selalu.


Penulis   : Roni

Foto      : Roni

Posting Komentar

0 Komentar