EDISI KHUSUS ULTAH FAPET KE -55: SAMBUTAN DEKAN , INOVASI UNTUK NEGERI

 


Assalamualaikum Wr Wb

YSH.  Bapak ibu, kakak adik semua keluarga besar alumni Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman.

Puji syukur marilah senantiasa kita haturkan kepada Allah SWT Tuhan YME, karena hanya atas ijinNya Fakultas Peternakan pada hari Rabu tanggal 10 Pebruari 2021 merayakan Dies natalis yang ke 55 atau LUSTRUM XI.

Lustrum kali ini mengambil tema “55th Fakultas Peternakan, Inovasi untuk Negeri” untuk memberikan semangat dan motivasi kepada kita semua bahwa kita harus selalu mampu untuk berkarya dan berkontribusi untuk negeri.  Sudah hampir satu tahun kita dihadapkan pada situasi yang sulit, situasi dimana dunia bersama-sama memerangi pandemi covid 19 yang belum kunjung usai.  Kita dituntut untuk lebih adaptif menghadapi dinamika situasi yang berkembang sedemikian pesat.  Setahun yang lalu kita tidak membayangkan untuk menyelenggarakan perkuliahan, pembimbingan, pendadaran dan berbagai kegiatan akademik lainnya dengan menggunakan platform daring, demikian juga dengan berbagai kegiatan kemhasiswa non akademik.  Saya berbangga sekaligus hormat kepada banyak dosen senior yang dengan gigih berusaha menguasai Google Classroom, mendalami eldiru, mempelajari Syncronous learning menggunakan Zoom, Goggle Meet, Big Blue Button demi memberikan pelayanan dan menegakan idealisme pembelajaran.  Utuh mengimplementasikan konsep Ki Hajar Dewantoro..”ing ngarso sung tulodho, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani…” 

Sebuah tuntutan bahwa kita harus selalu adaptif, sekaligus sebuah bukti bahwa kita mampu menjawab tuntutan perubahan.

Meskipun di tengah pandemi, Fapet Unsoed tetap berkontribusi untuk negeri dengan meluluskan tenaga ahli dan ilmuwan peternakan.  Sepanjang 2020 kita berhasil meluluskan 102 Ahli Madya Peternakan, 123 Sarjana Peternakan, 11 Magister Peternakan, dan pada tahun ini syukur alhamdulillah Program Doktor Fakultas Peternakan Unsoed meluluskan 2 orang Doktor Peternakan.

Mudah-mudahan, dengan sudah meluluskan Doktor, Program Doktor di Fakultas Peternakan yang saat ini masih terakreditasi B akan dapat segera menyusul Program D3, S1 dan S2 yang sudah terakreditasi A.  Akreditasi merupakan bentuk pengakuan terhadap kualitas manajemen dan pembelajaran dalam sebuah program studi.  Tantangan bagi kita semua untuk tidak berpuas dengan A karena dengan sistem akreditasi yang baru kita harus tetap bekerja keras untuk dapat terkareditasi UNGGUL dan harus sudah mulai menginisiasi untuk mengarah kepada akreditasi internasional.  Kualitas SDM mahasiswa yang diterima di Fak Peternakan semakin meningkat sebanding dengan tingkat keketatan pada proses Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru.  Pada 2020, untuk program Diploma, dengan daya tampung 150 mahasiswa, peminatnya sebanyak 3.254 orang, sedangkan untuk program sarjana, dengan daya tampung 220 mahasiwa, peminatnya sebanyak 2.225 orang.  Artinya tidak lebih dari 6,75% pendaftar yang diterima sebagai mahasiswa baru di Fapet Unsoed.

Dari sisi SDM Fakultas Peternakan merupakan salah satu fakultas senior di Unsoed.  Saat ini kita memiliki 8 Guru Besar dan 53 persen dosen di Fapet Unsoed berkualifikasi pendidikan S3.  Namun pada saat bersamaan kita harus secara cermat dan arif menyikapi bahwa sebagai fakultas senior, dosen nya pun banyak yang senior. 

Pada 2020 permendikbud mengeluarkan permen no 3 yang di dalamnya memuat konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang disusul dengan dikeluarkanya konsep penilaian kinerja berdasar Indikator Kinerja Utama (IKU) yang memuat 8 indikator.  Untuk pelaksanaan MBKM, Prodi peternakan berhasil memperoleh hibah implementasi MBKM.

Saat ini, aturan akademik implementasi MBKM di Fakultas Peternakan sudah diatur dalam pedoman akademik MBKM.  Fapet memfasilitasi 3 (tiga) bentuk kegiatan pembelajaran MBKM yakni Pertukaran Mahasiswa lintas prodi dalam lingkup Unsoed, Pertukaran Mahasiswa Prodi Peternakan lintas Universitas, dan Program Magang MBKM.  Untuk program diploma, akan segera dilakukan revisi kurikulum agar tahun ketiga mahasiswa full melaksanakan MBKM yakni PKL, Magang dan Budidaya Mandiri. Program MBKM dapat berjlan dengan lancar dengan keberadaan mitra, yaitu berbagai industri bidang peternakan yang senantiasa memberikan fasilitas dan pendampingan kepada mahasisw dalam pelaksaan praktik kerja maupun magang, serta memberikan saran dalam revisi dan pengembangan kurikulum pada program studi peternakan Fakultas peternakan Unsoed.  Beberapa industri yang bermitra dengan fapet Unsoed diantaranya adalah: PT Charoen Pokphand Indonesia, PT Japfa Comfeed, PT Medion, PT New Hope dll. Selain itu fakultas peternakan juga menjalin kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah terkait.

Saya sangat beruntung karena kebersamaan yang ada di Fapet ini sangat hangat dan sangat baik.  Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.  Bukan hanya di dalam kampus, namun juga segenap keluarga besar alumni.  Kami berterimakasih, begitu pandemi mulai melanda, alumni bergerak sangat cepat menunjukan solidaritas membantu adik adik mahasiswa tertahan di purwokerto.  Alumni dan BEM berkoordinasi dengan sangat baik dengan fakultas untuk menjamin tidak ada mahasiwa fapet yang kesulitan. Sebuah modal sosial yang sangat berharga bagi kita. Semoga kebersamaan ini dapat terus kita jaga disini. Fakultas Kita – Rumah Kita.

Hari Rabu, 10 Pebruari 2021, fakultas kita tepat berusia 55 tahun.  Saat yang tepat untuk menengok ke belakang sejenak untuk mantap menatap masa depan yang semakin menantang.  Kita panjatkan doa terhadap pada pendahulu fapet yang sudah mendarmabaktikan hidupnya demi kemajuan fakultas ini. Mudah mudahan amal kebaikannya diterima Allah SWT Tuhan YME dan semangatnya selalu tertanam kepada kita semua.  

Saya mengucapkan terimakasih, atas segala dukungan dan support dari alumni Fapet Unsoed. Maju terus pantang menyerah. Jayalah Fakultas Peternakan.

Salam cinta dari ujung kandang,

Salam sayang dari Fakultas Peternakan,

 

Wassalamualaikum Wr Wb

Ismoyowati

Posting Komentar

0 Komentar