Diskusi Ultah ke-3 Kafapet-Unsoed.com ; Tunjukkan Peran Publikasi dan Media Diskusi

                                 

       Purwokerto (www.Kafapet-Unsoed.com) Berperan sebagai penyambung lidah dan penyedia informasi bagi alumni Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman atau Fapet Unsoed, website www.Kafapet-Unsoed.com kian menunjukkan eksistensinya. Website besutan alumni Fapet Unsoed, yakni Ir. Bambang Suharno dan Ir. Roni Fadillah, SE ini mulai digagas dan dirancang saat acara kajian bulanan Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci di Jakarta tanggal 4 Maret 2018. Melalui persiapan bersama Yudhi Achmadi, Spt, website Kafapet-Unsoed.com mulai terbit pada 9 Maret 2018. Tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari ulang tahun Kafapet-Unsoed.com  

        Merayakan momen ulang tahun ketiga www.Kafapet-Unsoed.com, pengurus website menggelar sebuah seminar virtual yang bertema ‘Sinergi Kampus dan Peran Media di Era 4.0’ pada Sabtu, 27 Maret melalui aplikasi Zoom dan livestreaming Youtube. Acara diawali dengan dengan sambutan ketua panitia Fajar Hidayat,Spt,  sambutan pimpinan redaksi Kafapet-Unsoed.com Ir. Bambang Suharno dan sambutan Dekan Fapet Unsoed Prof Ismoyowati.

        Dalam kesempatan tersebut, tentunya harapan pun banyak diucap oleh para civitas akademika Fapet Unsoed dan para alumni. “Terlebih, saat ini kami sudah mengantongi SK (Surat Keputusan) dari Dekan Fapet, Prof. Dr. Ismoyowati, S.Pt, MP. Hal tersebut tentunya membuat kami lebih bersemangat lagi dalam berkarya,” imbuh Bambang yang juga merupakan Pemimpin Redaksi www.Kafapet-Unsoed.com.

           Saat ini, www.Kafapet-Unsoed.com mampu menarik hingga 1.000 orang per hari. Bahkan saat menayangkan hasil liputan khusus HUT Fapet Unsoed ke 55 Februari 2021 www.Kafapet-Unsoed.com, mendapatkan 1.500 orang pengunjung. Melihat angka pengunjung tersebut, Bambang tak mampu menyembunyikan kegembiraan dan rasa bangganya. “Sebagai sebuah website internal, ini merupakan suatu hal yang baik,” terang dia.

                            

         Sementara itu, Dekan Fapet Unsoed, Ismoyowati juga menyampaikan rasa terimakasihnya atas dibuatnya website ini. Dirinya berharap, agar www.Kafapet-Unsoed.com dapat semakin berkembang, memberikan informasi terkini dan dapat menjadi fasilitator bagi alumni dan keluarga besar Fapet Unsoed dalam mengembangkan lini peternakan. “Dengan adanya www.Kafapet-Unsoed.com, semoga mampu mempromosikan dan memperkenalkan Fapet Unsoed dan Kafapet (Keluarga Alumni Fapet) Unsoed secara lebih luas,” kata Ismoyowati.

 Alumni Fapet Unsoed Unggul

       Ketua Kafapet Unsoed Pusat, Ir. Bambang Rijanto Japutra, MS tak ketinggalan melayangkan rasa syukurnya. Bambang yang juga hadir selama seminar menuturkan bahwa kehadirkan website ini menjadi media agar Kafapet Unsoed tetap eksis dan senantiasa memberikan hal positif bagi seluruh pihak. Tak hanya alumni Fapet Unsoed, tapi juga alumni Unsoed secara keseluruhan.

        Apabila diperhatikan lebih jauh, sebetulnya para alumni Fapet Unsoed memiliki keunggulan tersendiri dalam dunia kerja. Roni Fadillah menambahkan, alumni Fapet Unsoed pada awalnya tidak berorientasi pada pendapatan. Namun, lebih fokus dalam menggapai pelajaran di lapangan dan menunjukkan eksistensi ke dunia luar.

         “Saya sangat merasakan itu, terutama di angkatan saya,” ujar Roni. Kini, Roni menjadi dosen tamu dalam kuliah daring yang digelar oleh Fapet Unsoed setiap Sabtu. Bahkan, ia juga diminta menjadi dosen tamu oleh Universitas Lampung. Tawaran ini ia jadikan panggung untuk berbagi ilmu dan membuktikan bahwa alumni Fapet Unsoed unggul di bidangnya.

           Satu lagi pembicara yang ikut bergabung dalam acara ini adalah Dr.sc.agr. Ir. H. Yusuf Subagyo, MP. Wakil Dekan Bidang Mahasiswa, Alumni dan Kerjasama ini melihat bahwa alumni Fapet Unsoed banyak mendapat tempat di perusahaan peternakan terkemuka tanah air. “Sekarang, kalau saya tanya mahasiswa mau apa setelah lulus, sebagian besar mereka jawab ingin menjadi pengusaha. Tentunya, saya sangat bangga dan saya dukung mereka dengan memberikan tempaan softskill,” kata Yusuf sembari melempar tawa.

        Seminar dan diskusi yang berjalan selama kurang lebih 2 jam ini sarat akan suasana kekeluargaan. Tak jarang antara moderator dan pembicara saling melempar tawa dan canda. Hal ini menandakan bahwa ikatan kekeluargaan yang terjadi sangatlah erat. Turut memberi masukan dalam diskusi antara lain Prof Elly Tugiyanti (Dosen Ilmu Unggas), Achmad Pramono (Dosen UNS), Zakky (pengurus Keluarga Alumni Fak Hukum Unsoed), Dr Rosidi, Farid Dimyati (Pemred Majalah Poultry Indonesia yang juga pengurus Website Kafapet-Unsoed.com), Yudhi Achmadi  dan lain-lain.

Beralih ke Digital


Rekaman webinar silakan lihat di channel Youtube ini

         Perkembangan media di Indonesia memang sangat cepat. Kini, masyarakat tidak lagi membaca berita melalui koran atau majalah. Melainkan, secara daring melalui website. “Selain dampak dari disrupsi teknologi, berita dalam bentuk cetak memang banyak sekali kendalanya. Contohnya adalah berita kurang cepat dan biaya cetak yang cukup besar,” beber Pemimpin Redaksi iNews.id, Masirom, S.Pt, MM yang juga mahasiswa Fapet Unsoed angkatan 1994 itu.

          Maka dari itu, ia dan pihaknya menuntut para jurnalis untuk bisa bekerja lintas platform. Jadi, tak hanya menulis berita online, jurnalis juga harus mengabadikan segala momen dalam bentuk video. Nantinya, materi video tersebut dapat ditampilkan di website. Bahkan, jika kualitas video tetrlihat mumpuni, dapat ditampilkan di layar televisi.

           Kira-kira, langkah tersebut yang memang harus dilakukan di era digitalisasi 4.0 ini. “Jurnalis kami juga didominasi oleh anak muda atau milenial. Kerja cepat, tepat dan multitasking sangat dituntut,” tambah dia. Masirom mengatakan bahwa pihaknya sangat menerima baik informasi positif yang disampaikan oleh pihak kampus. Ia berharap bahwa ke depan, Fapet Unsoed dapat meningkatkan kegiatan publikasi .***



Penulis: Ajeng Wirachmi



Posting Komentar

0 Komentar