Bang Jay dan Bismart Menjadi Narasumber Pembekalan Mahasiswa Baru 2021

        Purwokerto – Fakultas Peternakan Unsoed berhasil menyelenggarakan program Pembekalan Mahasiswa Baru 2021 dengan Tema “From Zero to Hero” melalui daring, Sabtu (4/12/2021). Program tersebut digagas bidang kemahasiswaan Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman sebagai upaya perluasan informasi dan pembukaan wawasan bagi para mahasiswa baru Fakultas Peternakan Unsoed.


        “Program yang melibatkan peran serta alumni dan mahasiswa ini merupakan program wajib bagi angkatan 2021 yang diharapkan dengan mengikuti program ini, mahasiswa baru dapat menumbuhkan karakter, mengembangkan mutu, serta menciptakan lulusan yang professional,” ujar Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Fakultas Peternakan Unsoed, Dr. Ir. Agustinah Setyaningrum MP.

Agustinah melanjutkan, tujuan fakultas saat ini sudah berorientasi ke arah yang lebih lanjut dari sebelumnya. Menurutnya, jika sebelumnya fakultas harus mencetak fresh graduate, maka sekarang kita fokus kepada mencetak professional graduate, tentunya dengan segala upaya yang dilakukan termasuk pendekatan dengan alumni yang sukses.

Pelaksanaan program pembekalan ini diisi oleh dua pembicara yang merupakan Alumnus Fakultas Peternakan yaitu Ir. Zainal Abidin, MM yang pernah meraih penghargaan mahasiswa teladan tingkat nasional mewakili Fakultas Peternakan Unsoed, serta pembicara kedua adalah Arief Bismart Riandi, S.Pt yang lebih dikenal dengan sapaan Bismart ini merupakan alumnus Fakultas Peternakan angkatan 2012 dan saat ini sudah menjadi owner Saudagar Farm, sebuah peternakan ruminansia potong yang digagasnya semenjak lulus dari Fakultas Peternakan Unsoed.

Pembicara Pertama : Ir. Zainal Abidin, MM

Adapun muatan pembekalan yang diangkat adalah terfokus pada pembenahan kepercayaan diri mahasiswa Fakultas Peternakan Unsoed yang kini dinilai perlu untuk peningkatan ke arah yang lebih signifikan. Ir Zainal Abidin atau yang akrab disapa Bang Jay ini membawakan materi mengenai “Mental Block Breaker.”

Berdasarkan tema yang disampaikan, mahasiswa nampak sangat tertarik dan antusias dalam mengikuti segenap rangkaian materi yang disajikan oleh Bang Jay tersebut. Mayoritas mahasiswa dinilai lebih tertarik menanyakan perihal pembentukan kepercayaan diri di tengah krisis komunikasi akibat dari pembelajaran daring (dalam jaringan).

Hal tersebut seperti diungkapkan Syahrul, mahasiswa kelas B 2021. Syahrul menanyakan tentang cara mengatasi agar mahasiswa tetap percaya diri dan terbentuk mental yang kuat terutama dalam menjalani kehidupan mahasiswa yang juga memiliki usaha kecil-kecilan.

Pembicara Kedua : Arief Bismart Riandi, S.Pt

              Sementara itu menurut pembicara kedua, Arief Bismart Riandi, S.Pt yang menyampaikan tema dengan judul “Dunia Wirausaha Peternakan Menjadi Peluang Bisnis yang Menjanjikan” bercerita bahwas dahulu ia adalah sosok pencari kerja dan pernah mengalami masa-masa sulit mencari kerja pasca lulus. Namun karena sudah merasa tidak nyaman dengan pencarian yang tidak kunjung menghasilkan, Bismart mencoba memulai membangun relasi bisnis dengan kawan sejawatnya dari IPB dan memulai bisnis di bidang ruminansia dengan mendirikan Saudagar Farm.

“Menjalani aktivitas bisnis bukan lah hal yang mudah dan sangat memerlukan ketekukan yang tinggi. Saya awal-awal dulu pernah mengalami kerugian yang begitu hebat, bahkan kalau dibilang di titik nol, kayanya itu lebih, di titik minus sepertinya,” kenang peternak milenial ini. Namun Bismart menyatakan bahwa hal tersebut adalah bagian dari dinamika bisnis yang dijalankan, dan tidak ada pilihan lain selain bangkit dan bangkit lagi.

Prosesi pembekalan yang diikuti oleh lebih dari 200 mahasiswa angkatan 2021 ini berlangsung kurang lebih selama tiga jam, sehingga ada banyak sekali bahasan di dalamnya. Berdasarkan hasil diskusi, moderator pada acara tersebut, Usup Supriatna yang juga merupakan Presiden BEM Fapet Unsoed 2021 menyimpulkan bahwa mahasiswa harus memiliki daya saing dan daya juang guna bisa melakukan mental block breaker sehingga tingkat kepercayaan diri dan pembentukan karakter dapat dengan kuat terbangun.

“Harapannya, fakultas dapat menghasilkan lulusan yang professional dapat dengan mudah tercapai. Hal tersebut memerlukan sinergitas dari seluruh civitas akademika Fakultas Peternakan Unsoed termasuk juga dari peran alumni,” tutup Usup.

 

Penulis : Usup Supriatna

Foto    : Agustinah Setyaningrum

Editor  : Farid Dimyati

Posting Komentar

0 Komentar