Siwa SD Belajar di Experimental Farm Fakuktas Peternakan Unsoed


Kafapet-unsoed.com, Fakultas Peternakan (Fapet) Unsoed menerima kunjungan rombongan siswa kelas 3 SD Putra Harapan, Purwokerto pada hari Kamis 22092022. Kunjungan ini diikuti 77 siswa dan 6 guru pendamping, diterima di halaman depan  Experimental Farm (ExpFarm) Fapet Unsoed. Rombongan siswa SD diterima oleh Ka.ExpFarm Fapet Unsoed Ir.Nur Hidayat,MSi.,IPM. didampingi dosen Fapet Unsoed Annistia Rahmadian Ulfah,SSi.,MSi., dan 3 mahasiswa Fapet Unsoed Amirudin, Umarudin, dan Masdir, demikian pemaparan Humas Dies Natalis ke-56 Fakultas Peternakan Unsoed Ir.Alief Einstein,M.Hum.

Ir.Nur Hidayat,MSi.,IPM. dalam sambutannya mengapresiasi kehadiran anak-anak SD. Sehingga kunjungan edukasi siswa-siswi SD untuk belajar dan bisa mengetahui serta melihat secara langsung proses pemeliharaan ternak, proses pemberian pakan, sanitasi, kesehatan ternak, dan lain-lain.


Setelah siswa SD tersebut mendapat pengarahan yang sangat jelas dan dapat mereka pahami dari Ka.Expfarm, siswa diajak langsung meninjau ke unit-unit kandang, yakni kandang sapi perah, kandang sapi potong, kandang kambing, kandang domba, kandang ayam petelur, dan kandang ayam pedaging. Anak-anak sangat antusias dan banyak mengajukan pertanyaan  tentang apa saja yang mereka lihat kepada mahasiswa dan dosen pendamping. Riuh riang anak usia SD membahana di ExpFarm. "Wow, sapinya pipis," spontan respon anak ketika melihat seekor sapi buang air kecil dihadapan mereka.


Selanjutnya Einstein menambahkan bahwa untuk mengantisipasi perkembangan zaman, anak-anak perlu melihat secara langsung prosesnya di lapangan agar lebih mudah dipahami. Sehingga pembelajaran perlu diberikan kepada siswa tentang pengalaman belajar yang nyata di alam terbuka. Sebab, pengalaman tersebut selain akan bermanfaat untuk memecahkan masalah keseharian siswa dikemudian hari, juga anak-anak dapat mengenal lingkungannya dengan mudah.



Penulis    : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto          : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar