Kafapet Unsoed Angkatan 87 Rencanakan Reuni Akbar


Kafapet-Unsoed. com.  Purwokerto. Reuni, mungkin banyak yang belum tahu, adalah gabungan dua kata: re dan uni.  Artinya, kembali ngumpul.  

Jadi critane, kami pernah kuliah bareng di Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, tahun 1987.  Waktu itu, jumlah kami se-angkatan kurang-lebih 120 orang.  Kelas dibagi dua, ganjil dan genap.  Ada kuliah, ada praktikum.  Semuanya beneran butuh kebersamaan.  Maklum aja, ada praktikum yang dilaksanakan jam 3 dini hari.  Angkot susah, jadi saling pinjam sepeda motor atau saling antar-jemput jadi tradisi.   

Begitu deh.  Karena kuliahnya sistem SKS, masuk bareng nggak menjamin lulus bareng.  Ada yang disayang dosen, sampai 3 kali kuliah dapet E.  Ada yang spesialis dapet A.  Tak sedikit yang sudah cukup puas jika Kartu Hasil Studinya berisi rantai Carbon.  

The show must go on.  Satu per satu kami meninggalkan Purwokerto.  Sampai tahun 2022 ini, berarti sudah melintasi tiga dasawarsa.  Yang dulu masih muda dan single, sekarang sudah kelihatan aslinya.  Yang nggak berubah hanya satu: kebersamaan.  


Kalau kemudian kami ngumpul lagi, seperti di Jumat malam, 7 Oktober 2022, di Rumah Joglo di kawasan Pasir Wetan, Purwokerto, ya kami hanya ingin mengingat-ingat paruh perjalanan hidup kami di kaki gunung Slamet.  Saling ‘menghina’ saat gagal responsi dan harus inhaal.  Tak lupa juga menyebut nama asisten killer yang senang kalau praktikan nggak lulus.  Atau kewajiban membopong genjik (anak babi) waktu praktikum di kandang atau RPH (Rumah Potong Hewan).

Acara malam itu dibuka oleh Prof. DR. Ir. Akhmad Sodiq, M. Sc. Agr, sahibul bait, juga sahabat yang sekarang jadi Rektor di almamater kami.  Juga ada doa buat kawan-kawan kami yang sedang sakit atau sudah mendahului.  Setelah itu, kami berbaur bersama.  Bernostalgia.  Suka-duka bercampur, ditingkahi dengan gelak-tawa.  Mendoan, sate kambing, dage, pisang goreng dan es teler menemani, tapi tak mampu dihabiskan.  

Sejatinya, malam itu bukan reuni.  Itu baru pendahuluan.  Kami baru merencanakan untuk mengadakan reuni.  Jadi yang hadir hanya belasan saja.  Tapi ramenya sudah minta ampun.  Sampai domba-domba yang ada di kandang joglo seperti terusik.  

Menurut sesepuh Fapet ‘87, Tepur H Purnama, reuni sesungguhnya bakal digelar tahun depan.  Tempatnya, pasti lah di Purwokerto.  

Dan ketika malam semakin melarut, kami pun satu per satu pamit ke tuan rumah.  Sampai jumpa di Reuni Akbar Fapet ‘87 Unsoed, 2023 mendatang.


Penulis  : Zainal Abidin

Foto.      : Zainal Abidin

Posting Komentar

0 Komentar