UNS Sukses Gelar Munas ISMAPETI Ke-XVIII

 

Kafapet-unsoeod.com. Universitas Sebelas Maret (UNS) sukses menjadi tuan rumah acara Musyawarah Nasional Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI) ke-XVIII yang mengusung tema "Sinergi Peternakan sebagai Langkah Nyata Menciptakan Kedaulatan Pangan di Indonesia" pada tanggal 29 November 2022 - 4 Desember 2022 dengan berbagai rangkaian acara.

Fakultas Peternakan Unsoed turut aktif dalam pergerakan ISMAPETI. Fapet Unsoed mengirimkan delegasi berjumlah 4 orang. Dhafa selaku Presiden BEM Fapet Unsoed akan mengupayakan pengaderan ISMAPETI  sehingga regenerasi bisa berjalan lancar. Fapet Unsoed selalu hadir dalam kegiatan ISMAPETI. Kemudian Ia menyampaikan pentingnya membangun sebuah komuniaksi yang baik dalam kelancaran jalannya organisasi "ujar Dhafa".


Acara dibuka oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah dengan pemukulan gong sebanyak 3 kali sebagai bentuk simbolis pembukaan acara. Adapun seminar nasional yang bertema "Kondisi Penyediaan, Peredaran, dan Pengawasan Ayam Ras di Indonesia" dengan pembicara Achmad Dawami (Ketua Umum GPPU) dan Pardjuni (Ketua Pinsar Broiler Jawa Tengah) juga menjadi rangkaian kedua acara Munas ISMAPETI ke-XVIII.

Seminar nasional ini diperuntukkan kepada mahasiswa umum, peternak rakyat, dan masyarakat umum serta dihadiri oleh Pejabat Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan RI, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah, Dinas Pertanianndan Ketahanan Pangan Surakarta, serta beberapa perwakilan dari Asosiasi Peternakan seperti, Gabungan Perusahaan Pembibitan Unggas (GPPU), Ikatan Perkumpulan Insinyur dan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) serta Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat (Pinsar) Jawa Tengah.


Acara Seminar Nasional berhasil memantik para audience untuk membahas isu perunggasan yang terjadi di Indonesia. Para audience mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia pun banyak yang baru mengetahui mengenai problematika peternakan di sektor perunggasan pada saat mengikuti seminar nasional tersebut, sehingga banyak harapan dan opini yang muncul dari pihak mahasiswa.

Memasuki acara inti, terdapat banyak hal yang dibahas pada musyawarah tertinggi organisasi mahasiswa peternakan tersebut, mulai dari pertanggungjawaban Pengurus Besar dan Majelis Pekerja ISMAPETI periode 2021/2022, pembahasan AD/ART dan GBHK, hingga pembentukan kembali Pengurus Besar dan Majelis Pekerja ISMAPETI periode 2022/2023.

Musyawarah Nasional berjalan dengan cukup serius dan terdapat beberapa bahasan yang cukup krusial, seperti pembahasan keanggotaan, fokus pergerakan tahun selanjutnya, efektifitas ISMAPETI di wilayah-wilayah yang jauh dari pusat pemerintahan Indonesia dan masih banyak lagi. Seluruh pembahasan tersebut dilaksanakan mulai dari tanggal 30 November 2022 hingga 3 Desember 2022 di Gedung UPT Perpustakaan Pusat UNS dan terpilihlah Acep Adinda Nugraha dari Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor untuk kembali menahkodai ISMAPETI selama 1 periode kedepan.

Semangat para mahasiswa peternakan tidak hanya sampai pada acara musyawarah tersebut, pada hari Minggu, 4 Desember 2022 terdapat rangkaian acara terakhir yakni Aksi Gizi yang diselenggarakan pada Car Free Day di Jalan Slamet Riyadi, Surakarta dengan tema "Penuhi Kebutuhan Fizi dengan Konsumsi Telur dan Susu untuk Mencegah Stunting" dengan harapan untuk menggerakkan stigma masyarakat bahwa dengan mengonsumsi produk peternakan dapat memperkecil kemungkinan stunting pada generasi selanjutnya. Cladenta Rindu Exvanza selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Peternakan UNS mengatakan bahwa Kota Solo merupakan daerah dengan angka stunting kedua tertinggi di Jawa Tengah, maka harapannya dengan aksi gizi ini masyarakat dapat sadar akan pentingnya pencegahan stunting.

Rangkaian terakhir kegiatan Munas ISMAPETI ke-XVIII dilaksanakan setelah Aksi Gizi berupa filedtrip, yang bertujuan untuk mengenalkan wisata dan budaya di sekitar Kota Solo. Acara berhasil terlaksana dengan lancar dan sesuai dengan jadwal. Fieldtrip dilaksanakan dengan mengunjungi destinasi wisata Umbul Nilo dan pusat oleh-oleh Javenir sehingga para peserta Munas dapat membawa oleh-oleh ke kampung halaman masing-masing.



Penulis     : Dhafa

Editor       : Fajar

Foto          : Dhafa

Posting Komentar

0 Komentar