Penjajagan Kerjasama Pengembangan Motor Listrik "Bralink" Dinperindag Kab. Purbalingga dengan Fakultas Teknik UNSOED


Purbalingga, Kafapet-unsoed.com.Selasa, 10 Januari 2023, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purbalingga melakukan kunjungan kerja ke Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman, di Kampus Blater, Purbalingga, dalam rangka memenuhi undangan terkait penjajagan kerjasama pengembangan motor listrik. Pada kegiatan ini, Prof. Dr.Eng. Agus Maryoto, selaku Dekan Fak. Teknik, menyambut baik kegiatan penjajagan kerjasama ini, beliau berharap semoga kegiatan ini dapat menjadi sinergi antara Fakultas Teknik dengan Pemerintah Kabupaten Purbalingga dalam memajukan industri kecil menengah (IKM) yang ada di wilayah Purbalingga.

 Selanjutnya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kab. Purbalingga, Johan Arifin, S.Sos, M.Si., yang didampingi oleh beberapa tim dari Dinperindag, menyampaikan beberapa hal terkait rencana pengembangan industri motor listrik yang sedang dijajagi oleh Dinperindag Kab. Purbalingga bersama IKM binaan yang ada di wilayah Purbalingga, antara lain ketersediaan sumber daya dimiliki oleh Kab. Purbalingga, beberapa aturan terkait peningkatan penggunaan kendaraan tenaga listrik di area pemerintah, dan kebutuhan hak cipta maupun merek. "Setidaknya ada tiga arah pengembangan yang diharapkan dapat dilakukan oleh dinperindag : 1. menjadikan purbalingga pusat bengkel konversi motor listrik yang memiliki lisensi, 2. terjalin link and macth antara IKM dengan Industri menengah besar, 3. terjalin hubungan kerjasama yang lebih lanjut dengan UNSOED, khususnya Fakultas Teknik yang berlokasi di wilayah Kab. Purbalingga.

 Pada kegiatan ini dilakukan FGD (Focus Grup Discussion) terkait rencana kerjasama yang akan dilakukan oleh Dinperindag dan Fak. Teknik, yang dipandu oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, Dr. Nurul Hidayat, M.Kom.


Pada kesempatan pertama, Yusran Sabilla, staff Dinperindag yang menjadi ketua tim kerja motor listrik ini, menyampaikan merek yang akan digunakan adalah Bramo, dengan jenis bernama Bralink. Pada kesempatan ini, beliau juga memaparkan spesifikasi motor listrik buatan purbalingga tersebut, dan harapan untuk keterlibatan Fakultas Teknik untuk pengembangan motor listrik ini.

Selanjutnya dilakukan diskusi terkait dengan model kerjasama yang dilakukan, serta hak merek, hak cipta, dan hak terkait motor listrik tersebut, yang disampaikan oleh Prof. Dr.Eng. Retno Supriyanti, selaku Ketua Tim Kerjasama Fak. Teknik yang juga Ketua Puskor HKI LPPM Unsoed.

Pada kegiatan ini disimpulkan bahwa Fakultas Teknik Unsoed siap mendukung dan bekerjasama dengan Kabupaten Purbalingga, khususnya Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dalam mengembangkan motor listrik buatan Purbalingga, Bramo - Bralink. "Fakultas Teknik Unsoed siap untuk menjalin kerjasama lebih lanjut dengan pemerintah Kabupaten Purbalingga untuk meningkatkan pemanfaatan potensi sumber daya yang ada di wilayah Kab. Purbalingga. Hal ini selaras dengan visi Fakultas Teknik yaitu Menjadi fakultas yang unggul di tingkat internasional dalam pengembangan keteknikan dan teknologi berbasis sumber daya dan kearifan lokal", demikian disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Kepegawaian Fak. Teknik, Teguh Cahyono, M.Kom., sekaligus menutup kegiatan ini.

 

Maju Terus Pantang Menyerah.




Penulis     : Nurul Hidayat

Foto        : Nurul Hidayat

Posting Komentar

0 Komentar